Kamu Wajib Tahu, 5 Cara Sederhana untuk Mencegah Diabetes

Kamu Wajib Tahu, 5 Cara Sederhana untuk Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Seperti dilansir dari jurnal who.int, per 2016 lalu saja sudah sekitar 1,6 juta orang yang meninggal akibat diabetes militus. Itulah sebabnya mencegah diabetes militus, terutama tipe 2, merupakan salah satu tindakan yang dapat membuat hidupmu lebih baik di masa yang akan datang.

Inilah lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah diabetes tipe 2. Apa saja, ya?

1. Sarapan di pagi hari

Sarapan di pagi hari merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah diabetes tipe 2. Sarapan yang rutin akan membuat tubuhmu dapat beraktivitas dengan baik dalam pekerjaan dan kegiatan apapun.

Jika kamu sarapan rutin setiap pagi, itu akan membuat tubuhmu tidak terlalu lapar pada saat makan siang. Sehingga kamu bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhmu.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur juga akan membuat tubuhmu lebih sehat. Glukosa berlebihan dalam darah akan diolah menjadi energi dan itu berarti bagus buat diet tubuhmu. 

Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti senam, renang, jalan santai, ataupun olehraga permainan seperti sepakbola dan lain sebagainya. Biasanya faktor yang meningkatkan risiko terhadap diabetes adalah malas bergerak, alias terlalu pasif.

3. Kurangi konsumsi gula tebu

Gula tebu merupakan salah satu makanan yang memiliki indeks glikemik sangat tinggi. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula tebu, maka kadar gula dalam darahmu akan meningkat, dan tentu akan meningkatkan risiko diabetes militus tipe 2.

Kamu bisa mengurangi konsumsi gula putih, dan menggantinya dengan bahan-bahan yang lebih menyehatkan seperti gula jagung, gula kelapa, sirup maple, dan lain sebagainya.

4. Hindari stres berlebihan

Hal ini memang tidak mudah dilakukan. Stres merupakan bagian dari hidup kita, dan faktanya lebih banyak orang yang hidup dalam tekanan stres dibandingkan dengan yang tidak memiliki stres. Namun tahukah kamu, jika stres berlebih akan meningkatkan gula darah? Ya, stres dalam takaran berlebihan akan membuat gula dalam darahmu melonjak drastis.

Kelola stresmu dengan bijak. Tidak masalah jika memang stres, namun jangan sampai itu mengganggu kesehatanmu. Ingatlah bahwa kesehatan itu sangat mahal.

5. Tidak makan karbohidrat di malam hari

Bagaimana caranya agar tidak lapar di malam hari? Itu bermula dari kebiasaan, dan jika kamu terbiasa untuk begadang, maka sebaiknya kamu ubah kebiasaan kamu tersebut. Begadang sangat tidak baik bagi kesehatanmu, tentu juga tidak baik dengan kadar gula dalam darahmu.

Makan karbohidrat di malam hari hanya akan membuat gula dalam darah menumpuk dan tidak tersalurkan menjadi energi. Jadi, sebaiknya ubahlah kebiasaan kamu yang cenderung merusak kesehatan, termasuk begadang.

Itulah lima cara sederhana untuk mencegah diabetes militus, terutama diabetes tipe 2. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Dec 13, 2019, 1:41 AM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma