Jangan Sekali-kali Meninggalkan Amalan dari Allah SWT

Jangan Sekali-kali Meninggalkan Amalan dari Allah SWT

Janganlah sekali kali kita menghina seseorang yang terjatuh dalam maksiat. Bisa jadi ia di malam hari menangis dan bertaubat kepada Allah yang maha pengampun.sedangkan kita berada dalam ujub akan amalan kebaikan. ingatlah Allah menerima taubat seorang hamba dan amalnya yang ikhlas walaupun sedikit. Tetapi Allah murka kepada seseorang yang ujub dan tertipu dengan amalnya. Oleh karena itu harus ada tuntunan prioritasnya.Tuntunan prioritas dalam hal amal. Memprioritaskan amal yang continue diatas amal yang terputus putus. Amalan yang dicintai Allah adalah amalan sebagai berikut:

1. Memprioritaskan amal yang lebih banyak dan lebih lama manfaatnya diatas amal yang sedikit dan sebentar manfaatnya

2. Memprioritaskan beramal pada zaman fitnah. Zaman fitnah yang dimaksud adalah masa ketika terjadi fitnah,ujian,cobaan sehingga kondisi dan situasi saat itu menjadi begitu berat dan menyulitkan. Keteguhan,kesabaran,dan kekuatan untuk terus beramal sholeh dalam situasi ini lebih prioritas daripada di masa mudah.

3. Memprioritaskan amalan hati diatas amalan badan. Amalan badan yang dilakukan tidak akan berguna tanpa disertai amalan hati. Karena syarat diterimanya sebuah amalan adalah dari niat dan hati kita. Ketakwaan ada di dalam hati,keimanan ada di dalam hati, keikhlasan,kejujuran,cinta, inilah yang akan melahirkan amalan badan yang diterima oleh allah swt.

4. Para ulama yang mengkaji hadist hadist terkait berpendapat, bila masanya negara tersebut kekurangan bahan pangan sehingga harus mengimpor dari negara lain, maka pertanian menjadi prioritas. Tentu saja disesuaikan juga dengan ketersediaan lahan,kesuburan tanah dan kondisi terkait hal lain

5. Prioritaskan memperbaiki diri sebelum memperbaiki sistem. Sistem yang baik di buat dan dijalankan oleh individu yang baik. Karena itulah pembinaan diri diprioritaskan sebelum pembinaan masyarakat dan pembangunan sistem.

Semuanya berawal dari pembinaan diri. Perbaikan diri. Ini pula alasan mengapa pembinaan diri lebih diprioritaskan daripada berjihad. Membina diri dengan mempelajari isi Alquran, menjalankan ibadah wajib dan sunah, mengamalkan ilmu yang didapat, berakhlak dan berpikiran sesuai Al-Qur'an. Akan menjadi modal utama lahirnya orang orang yang dapat membawa dunia kearah kebaikan.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 12:28 AM - Adre Zaif Rachman