Integritas Didalam Merawat Demokrasi

Integritas Didalam Merawat Demokrasi

Integritas untuk merawat demokrasi adalah tugas kita bersama. Bukan hanya dari lembaga pemilihan umum, namun sebagai bangsa berdaulat adalah hal yang sudah sepatutnya kita miliki rasa peduli untuk menjaga nilai demokrasi kita kearah yang lebih berkualitas.

Tidak ada yang tidak mungkin jikalau kita semua bisa bersinergi untuk membangun bangsa dan negara dari akar rumput. Hal itu penting sekali, sebagai suatu konsep yang mendasari itu semua adalah idealisme. Ideologi negara yang sudah kuat diterapkan dengan sebagaimana mestinya.

Kita sudah menjadi bangsa yang merdeka dengan rentang waktu yang sudah cukup dewasa. Pola pikir kita bukan lagi hal yang bisa diremehkan oleh ideologi sesat. Yang mana dengan pengaruh kesesatan itu akan menghancurkan persatuan umat. 

Sebagai konsep yang menjadi suatu kesatuan yang utuh, hal ini adalah sebagai kekuatan bagi kita untuk beranjak pada pemikiran yang maju. "katakan tidak untuk pengaruh sosialisasi politik uang", sebagai kekuatan kita untuk memberantas kesesatan di dalam berdemokrasi adalah mendidik masyarakat secara masif.

Kita berbicara apa adanya, berbicara sesuai dengan apa yang harus dilakukan. Dan kita tidak muluk-muluk untuk pencapaian keberhasilan sebagai masyarakat yang cerdas. 

Banyak hal yang akan kita dapatkan ketika kita berhasil mengaplikasikan nilai-nilai demokrasi dengan utuh. Salah satunya adalah kita akan mendapatkan pemimpin yang berkualitas yang menjunjung tinggi nilai moralitas dan akuntabilitas. 

Maka dari itu kita harus merawat demokrasi supaya kualitas demokrasi akan bermuara pada arah yang baik. Sebagai masyarakat, banyak peran yang dapat kita lakukan. Mengawal demokrasi, mencegah money politik, serta mengawal kontestasi dengan menanamkan kiat memilih cerdas kepada masyarakat. 

Kita harus mencegah perilaku buruk seperti "money politi dan mengangkat isu sara". Perilaku yang dapat merugikan semua pihak. Jika tidak kita yang menjaga negara ini, lantas siapa yang akan mau berbuat. Ketika kita semua berhasil mengawal demokrasi dengan baik. Kita akan memperoleh kecerdasan merata. Semua lampisan masyarakat akan memiliki pengetahuan bagaimana semestinya demokrasi itu dijalani. 

Sebagai kompleksitas Bangsa berdaulat. Inilah tugas kita semua, suatu tugas besar demi terwujudnya demokrasi sebagai sistem pemilihan umum Yang berintegritas, jujur, adil, transparan. Harapan kita adalah dapat mewujudkan masyarakat yang berpartisipasi dengan ikhlas. Kita harus tahu bahwa hal itu seterusnya dirasakan oleh generasi selanjutnya. Ketika tua dan generasi sekarang sudah habis, kita akan mewasiatkan ke pada generasi baru sebuah sistem demokrasi yang baik, jujur, adil serta memiliki integritas tersebut.

Pada kesempatan 2020 ini adalah dimana tahun demokrasi bagi daerah-daerah yang menyelenggarakan pilkada. Masa transisi estafet kepemimpinan yang menyelenggarakan pilkada tersebut. Nah, sebagai wujud dari peran mileneal, Kita generasi muda harus memiliki peran untuk ikut menyukseskan pesta demokrasi ini. Menjadi penyelenggara adhoc, lembaga independen, lembaga pengawal demokrasi, perawat demokrasi. Bisa saja salah satu dari lembaga tersebut. Mari kita  perankan diri kita untuk mengawal proses demokrasi supaya berjalan dengan baik. 

Hal itu bertujuan untuk kita semua, generasi mileneal memiliki perkembangan zaman yang sangat cepat. Dari mulai teknologi sampai pada pola pikir yang tidak bisa dibayangkan. Ketika kita berperan, haruslah kita juga memperkenalkan kepada masyarakat luas bagaimana demokrasi seharunya terjadi. Sebagai agen stabilitas, peran itu harus kita tampakkan bahwa penyelenggaraan pilkada pada tahun ini akan berdampak kecerdasan secara masif pada masyarakat. 

Kita tidak akan bisa dibodoh-bodohi lagi dengan sistematika politik uang yang selalu digadang-gadangkan oleh aktor politisi. Namun bagaimana untuk mencapai semua itu, maka dari itu kita membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak untuk merawat demokrasi ini supaya penuh dengan integritas dan berkualitas. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Wiraswasta

Popular This Week
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Feb 17, 2020, 9:08 PM - Bram Asta
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Feb 17, 2020, 12:19 AM - Nabila Afira quraina