Inkonsisten Manchester City Berlanjut, Selamat Tinggal Gelar Juara, Pep?

Inkonsisten Manchester City Berlanjut, Selamat Tinggal Gelar Juara, Pep?

Manchester City sepertinya harus merelakan gelar liga Inggris musim ini untuk Liverpool. Pasalnya, saat ini mereka tertinggal cukup jauh dengan sang pemuncak klasemen tersebut sebanyak 14 poin, dan berada di posisi 3 klasemen sementara.

Dalam sejarah liga Inggris sendiri pun, tidak ada tim yang tertinggal sebanyak 14 poin atau lebih, berhasil menjuarai gelar juara liga. Kenyataan ini dipertegas oleh pelatih asal Catalunya tersebut.

Dia menyatakan bahwa masih banyak gelar penting yang bisa dimenangkan ketimbang liga Inggris, termasuk Liga Champions. Dia menyadari banyaknya badai cedera yang menerpa skuatnya, merupakan salah satu faktor utama tidak konsistennya penampilan timnya musim ini jika dibandingkan dengan dua musim sebelumnya.

Badai cedera Manchester City diawali dengan ditarik keluarnya Leroy Sane saat pertandingan Community Shield melawan Liverpool di Wembley Stadium, London, pada Agustus 2019 lalu.

Sane ditarik dimenit 13 setelah mengerang kesakitan sambil memegangi lututnya, setelah sebelumnya dia berbenturan dengan Trent Alexander-Arnold. Setelah pertandingan, manajemen Manchester City mengumumkan melalui situs resminya, bahwa cedera yang dialami Sane cukup parah, dan dia harus menepi selama waktu yang belum bisa ditentukan.

Dari keterangan tersebut, Sane diduga mengalami cedera parah pada ligamen lutut kanannya, dan harus menjalani operasi untuk memperbaiki cederanya tersebut. Pelatih utama skuat The Citizens tersebut mengiyakan pernyataan manajemen klub perihal cedera yang menimpa salah satu anak asuhnya tersebut.

Cedera yang menimpa Sane ternyata awal dari malapetaka bagi Manchester City. Karena hanya selang 1 bulan setelahnya, giliran Aymeric Laporte yang harus ditandu keluar lapangan saat pertandingan melawan Brighton & Holve Albion setelah mengalami cedera yang kurang lebih sama dengan Leroy Sane dan harus menyusul rekan setimnya tersebut ke meja operasi.

Cedera kedua pemain tersebut tentu saja merupakan pukulan yang cukup telak untuk Pep Guardiola. Pasalnya, kedua pemain tersebut merupakan pemain penting dari skuad The Sky Blues yang berhasil membantu mereka memenangkan 2 gelar liga Inggris 2 musim berturut-turut.

Pep Guardiola dituntut untuk meracik skuat yang dapat menutupi kehilangan kedua pemain tersebut, sehingga dapat memenangi gelar liga Inggris kembali. Langkah pertama yang diambil oleh Pep yaitu menambal lini pertahanan.

Lini pertahanan Manchester City terbilang cukup rapuh. Pasalnya, City hanya memiliki 3 Centre-back murni saat ini, paska perginya sang kapten, Vincent Kompany ke klub asalnya R.S.C Anderlecht. 3 Centre-back tersebut yaitu Aymeric Laporte, John Stones, dan Nicolas Otamendi.

Kekurangan pemain belakang membuat Pep mengambil langkah yang cukup berani yaitu menempatkan Fernandinho yang berposisi murni sebagai Defensive Midfielder menjadi Centre-back dibeberapa pertandingan Manchester City.

Apalagi pada laga-laga awal liga Inggris John Stones mengalami absen karena mengalami cedera, sehingga hanya tersisa Otamendi sebagai bek tengah yang bisa tampil. Penampilan Fernandinho sebagai Centre-Back dan duetnya dengan Otamendi mengawal lini pertahanan The Citizens cukup meyakinkan dibeberapa pertandingan awal yang dijalaninya. Namun, belakangan penampilan keduanya cukup disoroti.

Wajar saja, karena usia keduanya yang tidak lagi muda. Sedangkan Pep membutuhkan Centre-Back yang mempunyai kecepatan untuk skema permainannya yang saat ini dimiliki oleh John Stones dan Aymeric Laporte.

Otamendi juga termasuk pemain belakang yang tidak terlalu memiliki kecepatan yang mumpuni. Kritik terhadap keduanya mencapai klimaks pada saat City kalah 0-2 di kandang saat menjamu Wolves.

Kedua gol dari tim tamu tersebut berasal dari 1 pemain, yaitu Traore, yang dikenal memiliki kecepatan lari yang luar biasa, sehingga duet Fernandinho dan Otamendi kewalahan mengawalnya saat Traore melakukan serangan ke jantung pertahanan Manchester City. Kehilangan dua pemain penting membuat Pep Guardiola benar-benar memutar otak agar bisa mengembalikan skema permainan yang diinginkannya agar bisa menyusul Liverpool. Namun sampai pekan ke 16 liga Inggris, Manchester City masih terjebak di posisi ke 3 terpaut 6 poin dengan Leicester City yang masih kokoh di posisi ke 2.

Terakhir City takluk oleh rival sekota Manchester United di kandang sendiri dengan skor 1-2. Sebuah kekalahan yang cukup fatal karena Manchester City membutuhkan kemenangan di pertandingan itu untuk menjaga asa juara liga Inggris.

Manchester City sebenarnya masih memiliki beberapa kompetisi yang bisa dimenangkan. Seperti Liga Champions, FA Cup, dan Piala Liga Inggris. Namun begitu, sepertinya para fans dari Manchester City, tidak akan begitu saja rela melepaskan trofi liga Inggris kepada Liverpool.

Para fans menuntut manajemen klub untuk melakukan perombakan skuat pada bursa transfer musim dingin dengan membeli beberapa pemain khususnya pemain belakang untuk menambal lubang yang ditinggalkan Laporte.

Penampilan John Stones juga belum maksimal sejak pulihnya dari cedera. Terbaru, Manchester City baru saja memenangkan pertandingan piala liga Inggris melawan Oxford United dengan skor 1-3. Pertandingan yang diselenggarakan di stadion kebanggan klub Oxford tersebut merupakan perempat final piala liga Inggris 2019-2020. Kemenangan ini begitu penting bagi skuat Pep Guardiola.

Karena dengan kemenangan ini mereka melaju ke semifinal piala Liga Inggris dan mempunyai harapan tinggi untuk mengakhiri musim ini dengan paling tidak satu tropi.

Selan itu, mereka masih mungkin memenangkan satu lagi piala domestik di negara Ratu Elizabeth tersebut, yaitu Piala FA.

Kita tunggu saja strategi jitu yang akan dikeluarkan oleh Pep Guardiola untuk dapat mengembalikan performa anak asuhnya menjelang berakhirnya musim 2019-2020.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Beginner Writer, just share my thoughts

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma