Inilah 5 Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar. Dijamin Bikin Makmur!

Inilah 5 Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar. Dijamin Bikin Makmur!

Saat ini kita berada pada era Industry 4.0 yang semuanya berbasis jaringan internet. Melakukan aktifitas kini tak lagi lama dan membosankan. Membaca, mencari berita, belajar bahkan berbelanja pun bisa Anda lakukan tanpa harus meninggalkan rumah. Bukan hanya itu saja, kini Anda bisa bekerja dan menghasilkan uang cukup dengan duduk manis di rumah.

Bisnis dan pekerjaan freelance dari rumah cukup banyak diminati. Terutama bagi mereka yang meletakkan kebersamaan dengan keluarga menjadi prioritas nomor satu. Ibu rumah tangga tidak lagi hanya berfungsi sebagai tukang masak, mengurus anak atau membersihkan rumah saja. Hanya dari rumah para wanita luar biasa ini juga dapat menambah pemasukan bulanan bagi keluarga. Ya, semua itu sangat mungkin pada era seperti saat ini. Mulai dari berjualan online, keahlian seperti desain grafis, iklan hingga menulis konten kreatif.

Nah, di antara banyak pilihan di atas, menulis adalah hal yang paling mudah namun sulit dalam waktu yang bersamaan. Mengapa? Karena dalam menulis Anda hanya butuh waktu untuk merangkai kata dan selesai, tetapi di sisi lain Anda juga harus dapat membuat tulisan yang menarik minat seseorang agar mereka mau merelakan waktunya demi membaca hasil karya Anda. Tulisan fiksi atau nonfiksi semua butuh perencanaan yang matang. Apalagi tujuannya untuk memakmurkan keuangan keluarga, hehe ... :D

Saat ini banyak sekali berbagai website dan portal berita yang membutuhkan tenaga penulis freelance untuk mendongkrak popularitas mereka. Untuk menjuarai halaman pertama dan teratas pencarian google, paling tidak dibutuhkan lebih dari ratusan artikel yang harus di-upload. Semakin banyak aktifitas sebuah website atau platform, maka algoritma akan menaikkan rating website tersebut. Bukan hanya website atau portal berita saja, situs-situs belanja online pun butuh tenaga penulis artikel untuk mengulas produk dan keunggulan platform yang mereka miliki.

Tentunya tidak semua tulisan dan penulis bisa serta merta bekerja sama dengan begitu mudah. Ada jenis dan gaya tulisan tertentu yang memang dibutuhkan dan pantas untuk dibayar. Apakah artikel berita, opini, ulasan produk, copywriting, dan jenis-jenis tulisan lain yang bisa Anda tawarkan. Salah satu syarat mutlaknya adalah tulisan itu sangat menarik untuk dibaca.

Sebelum menentukan tulisan apa yang akan Anda tawarkan atau merupakan keahlian bidang Anda, ada baiknya menentukan tempat yang Anda tuju. Percuma dong, sudah bagus-bagus menyusun sebuah artikel, tetapi Anda tidak tahu harus dikirim ke mana.

Di antara portal dan website yang banyak membutuhkan penulis, Rackticle adalah situs yang menurut saya cukup menghargai penulisnya. Jika di portal lain hanya menawarkan harga 2-4 rupiah per view, Rackticle memberi harga 0,001 USD atau setara dengan 14-15 rupiah per view (tergantung nilai rupiah saat itu). Ya, dalam hitungan dolar.

Bukan hanya penghasilan per view saja, loh! Jika Anda mampu menulis hingga 1000 atau 2000 kata, akan ada bonus 0,5-0,75 USD dan langsung masuk dalam akun setelah artikel tersebut publish. Menarik bukan?

Selain itu, jenis tulisan yang bisa masuk dan terbit di Rackticle sangat beragam, mulai dari jenis tulisan fiksi maupun non fiksi. Jika Anda menguasai jenis tulisan fiksi, maka Anda bisa mengajukan cerita pendek atau puisi yang menarik. Anda juga bisa menulis artikel berita, opini, info bisnis, internet marketing, teknologi, dan masih banyak lagi. Wow, keren banget!

Nah, untuk menghasilkan tulisan menarik dan dibayar, tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus Anda lakukan. Apalagi, ada tim kurator dan editor yang nantinya akan menilai tulisan Anda pantas untuk terbit atau tidak?

Apa sajakah tips itu? Berikut 5 tips agar kamu dapat menghasilkan tulisan artikel menarik dan dibayar.

1. Kenali dan Kuasai Jenis Tulisannya

Ya, ini adalah tips paling pertama dan utama. Kenapa? Karena tanpa penguasaan terhadap jenis tulisan tersebut, hasilnya juga tidak akan maksimal. Contohnya saat akan menulis review sebuah produk, kita harus paham apa saja unsur yang ada dalam tulisan jenis ini, selain itu kita juga harus tahu dan paham tentang produk yang akan direview.

Contoh lain adalah ketika akan menulis sebuah artikel pemasaran, setidaknya kita paham hal tersebut minimal melakukan survey dan membaca referensi terkait tema itu. Begitu pula saat akan menulis sebuah artikel berita, maka harus benar-benar menulis sesuai data dan informasi valid, agar tulisan kita menjadi lebih hidup dan menarik untuk dibaca. Jangan sampai isi tulisan kita menjadi nonsense hanya karena kita tidak menguasai jenis tulisan tersebut. So, perbanyaklah membaca. :D

 

2. Tentukan Tujuan Akhir

Ya, sebuah tulisan harus punya tujuan. Bagaikan lebah yang diciptakan untuk menghasilkan madu dan membantu proses penyerbukan bunga menjadi buah. Ibarat air diciptakan untuk menghilangkan dahaga dan memberi kesejukan di saat panas membakar, eeaa.. :D

Resep masakan untuk memberi tahu cara dan bahan sebuah makanan. Artikel iklan untuk menarik konsumen, artikel berita untuk menyampaikan informasi pada pembaca, opini untuk membuka pikiran orang lain lewat pemikiran brilian kita, dan masih banyak lagi. Akan sangat mengesalkan bukan, saat kita harus membaca tulisan yang menggantung tanpa sebuah kesimpulan yang jelas?

 

3. Tema dan Topik yang Trending

Baiklah, ini adalah langkah yang cukup menegangkan. Anda harus sering-sering mengamati apa yang sedang terjadi saat ini. Tidak perlu keluar jauh-jauh, Apalagi sampai mendatangi dukun dan kawan-kawan jinnya. Tidak perlu! Sebab dari gawai atau PC di rumah, kita bisa melihat apa saja yang menjadi trending topik di dunia maya.

Eits, di Rackticle juga menyediakan kolom spesial yang bisa kita klik untuk melihat trending topic di Indonesia atau pun di seluruh dunia. Setelah menentukan tema dan mengacu pada trending topic yang ingin ditulis, segeralah menyelesaikan tulisan itu. Jangan tunda lagi, karena ide itu bagaikan nyamuk. Lambat sedikit dilibas sama cicak! :D

 

4. Judul yang “Out of The Box”

Meski sering kita dengan kata-kata “Don’t judge the book by it cover”, tetapi pada kenyataannya seringkali penampilan luar menjadi sebuah daya tarik buku atau bahkan orang. Begitu pula dengan sebuah tulisan, tidak sedikit orang yang tertarik hanya karena membaca judulnya saja.

Membuat judul yang “Out of The Box” juga tidak mudah. Mari kita liat judul headline pada porta berita, media surat kabar, majalah, dan judul-judul novel best seller. Mereka memiliki modal judul yang menarik pembaca untuk memutuskan duduk menyantap isi tulisan atau buku tersebut. Ditambah dengan alur cerita dan tulisan yang mantap, maka sempurnalah tulisan itu menghipnotis pembacanya hingga berbulan bagai bertahun-tahun lamanya. Ini tidak lebay, karena cerita Harry Potter milik JK. Rowling terus terbayang sejak saya masih SMP (sekitar 12 tahun yang lalu) hingga sekarang!

So, buatlah judul yang menarik dan bikin orang penasaran akan tulisanmu, siap?

 

5. Tetap Ikuti Aturan yang Berlaku

Yups, the last but not least, ini adalah tips terakhir dan juga penting. Jika ingin tulisan Anda menarik dan layak untuk dibayar, Anda harus mengikut syarat dan aturan dari portal atau media yang akan Anda tuju. Mulai dari jenis huruf, jumlah kata, konten, gambar, gaya bahasa hingga jenis tulisan.

Jika karya yang Anda ajukan sudah sesuai aturan, menarik dan layak terbit. Maka tulisan tersebut akan mudah lolos dari penilaian tim kurator atau editor. Bahkan, tidak menutup kemungkinan tulisan tersebut akan menjadi viral di media. Terkenal? Tentu saja bisa! Seberapa greget dan menggemparkan tulisan itu, tergantung bagaimana penulisnya berkreasi.

 

Nah, itulah tadi 5 tips menulis artikel menarik dan dibayar pada berbagai media yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat buat semua pembaca dan penulis. Ingin mencoba menjadi penulis bayaran? Yuk, menulis di RackTicle!

Salam. :D



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Generasi millenial yang suka gaya dan hal-hal klasik. Selera humornya receh dan selalu canggung di setiap keadaan. Dua hal yang membuat ia bahagia menatap kehidupan adalah menggeluti pekerjaannya sebagai pengajar dan penulis.

Popular This Week
Feb 26, 2020, 9:13 PM - Maman suherman
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Dec 3, 2019, 4:24 PM - Agus Kurniawan
Recent Articles