Ingin Memiliki Anak Kembar? Coba Tips ini!

Ingin Memiliki Anak Kembar? Coba Tips ini!

Salam para pembaca rackticle!

Membahas tentang kehamilan nih guys, soal kembar itu sudah sejak dulu begitu memikat dan sebagai sesuatu yang luar biasa. Bahkan hadir juga berbagai mitos dan agama di seluruh dunia. Kembar identik dalam sains, terutama karena menjawab pertanyaan-pertanyaan para ilmuwan tentang alam dan pasuhan.

Menurut sumber referensi How To Conceive Twins, jumlah kelahiran kembar dalam 30 tahun terakhir telah  melonjak  lebih dari 75 persen. Jadi apabila pembaca ingin memiliki bayi kembar itu bisa kemungkinan mendapatkan. Berikut ini adalah peluang pembaca bisa hamil kembar, lakukan dengan cara ini untuk dapat meningkatkan peluang hamil kembar sebagai berikut:

Apa yang bisa memungkinkan memiliki anak kembar?

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak kelahiran telah menjadi berlipat ganda dengan cepat. Studi terbaru melaporkan bahwa jumlah kelahiran kembar telah meningkat hampir 75% dalam 30 tahun terakhir. Di amerika serikat saja pada tahun 1980, hanya 18 kembar lahir per 1.000 kelahiran. Pada tahun 2014, tercatat 33,9 kembar lahir per 1.000 kelahiran, menurut laporan data kelahiran.

Ketika memiliki anak kembar, tidak semua daerah sama. Afrika Tengah adalah memegang posisi teratas untuk tingkat kelahiran kembar tertinggi, sementara Asia dan Amerika Latin memiliki tingkat kelahiran kembar yang jauh lebih rendah. 

Para ilmuwan telah membuat basis data kelahiran kembar di 76 negara berkembang. Mereka memasukkan data sekitar 2,5 juta kelahiran oleh hampir 1,4 juta perempuan. Angka-angka ini menunjukkan bahwa rata-rata  13,6  kembar per 1.000 kelahiran di lahirkan. Ini sebanding dengan angka antara yang terlihat di negara Australia, Amerika Serikat, dan banyak negara di Eropa dengan angka 9 hingga 16 kembar per 1.000 kelahiran antara tahun 1986 dan 2010. 

Bagaimana pembuahan hamil kembar terjadi?

Jika anda ingin meningkatkan peluang anda untuk hamil dengan kembar, penting untuk dapat memahami.

 Ada dua jenis faktor yang berbeda yaitu;

1. Identik 

Terbentuk saat satu telur dibuahi oleh satu sperma. Telur kemudian membagi menjadi dua embrio terpisah. Kembar identik mungkin berbagi plasentadan kantung amniotik atau si kembar mungkin berbagi plasenta dan masing-masing memiliki Saks Seknaponis yang terpisah. Secara genetis, kedua bayi itu identik.

2. Tidak Identik

Terbentuk dari dua sel telur yang terpisah, dibuahi oleh dua sel sperma yang terpisah. Kembar yang tidak identik memiliki plasenta sendiri dan komposisi genetik mereka sendiri yang unik.

Faktor- faktor yang mempengaruhi peluang anda untuk bisa hamil kembar

Berikut adalah beberapa faktor yang mendukung kelahiran kembar:

1. Sejarah keluarga

Jika anak kembar ada di bagian keluarga anda, maka anda memiliki peluang lebih besar untuk mengandung anak kembar. Keturunan adalah faktor tinggi peluang anda jika anda memiliki keluarga kembar di bagian pihak ibu. Pasangan anda mungkin dari keturunan kebanyakan kembar tetapi ini tidak akan meningkatkan peluang anda.

2. Etnisitas

Etnisitas merupakan faktor lain yang dapat meningkatkan peluang anda untuk memiliki kehamilan yang kembar. Wanita berkulit hitam lebih mungkin melahirkan wanita daripada bayi laki-laki. Wanita Asia dan Hispanik memiliki peluang lebih sedikit kembar laki-laki untuk hamil dengan dua anak atau lebih pada satu waktu.

Tingkat tertinggi kelahiran kembar terlihat di Afrika Barat, terutama di kelompok etnis Yoruba, dengan lebih dari 18 kembar per 1.000 kelahiran. Tingkat kembaran di Asia dan amerika Latin kurang dari delapan per 1.000 kelahiran.

3. Jenis kehamilan

Peluang anda untuk memiliki anak kembar meningkat setiap kehamilan. Dan jika anda pernah melahirkan anak kembar sebelumnya,  kemungkinan besar anda akan mengandung kembar lagi. 

4. Usia

Wanita denga usia yang lebih tua bisa membantu. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang berusia lebih dari 35 tahun memiliki peluang lebih tinggi untuk hamil dengan kembar identik. Ini kemungkinan karena indung telur wanita mulai dapat mengeluarkan lebih dari satu sel telur setiap bulan.

Penyebab lain adalah bahwa wanita yang berusia lebih tua memiliki kadar hormon yang disebut FSH ( Follicle-Stimulating Hormone) yang lebih tinggi.

 5. Berat badan

Beberapa peneliti mengklaim bahwa wanita dengan indeks massa tubuh lebih tinggi (BMI) memiliki peluang lebih tinggi untuk mengandung anak kembar. BMI dengan nilai 25 atau lebih tinggi disebut kelebihan berat badan (gemuk), sementara 30 ke atas dianggap obesitas. Wanita dengan berat badan berlebih atau yang mengalami obesitas sebelum kehamilan, secara signifikan lebih memungkinkan untuk melahirkan anak kembar tetapi tidak identik. Namun, dokter juga tidak menyarankan wanita yang menginginkan anak kembar lalu berupaya untuk menambah berat badan.

Cara meningkatkan peluang untuk memiliki anak kembar

Jika anda ingin meningkatkan peluang hamil anak kembar, cobalah tips ini;

1. Diet 

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kebiasaan makan yang tidak sehat dapat merusak kesuburan. Terlebih lagi, mereka menyarankan bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan peluang anda untuk mengandung anak kembar.

Para ahli mengatakan bahwa wanita yang melakukan diet rendah lemak, termasuk diet vegetarian dan vegan, cenderung memiliki anak kembar. Di sisi lain, wanita yang makan makanan yang kaya akan protein dan susu lebih cenderung memiliki anak kembar. Ini mungkin karena perubahan hormon halus pada wanita dengan diet yang berbeda, atau karena indeks massa tubuh yang lebih tinggi.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa wanita yang makan banyak produk susu memiliki peluang lebih tinggi untuk hamil kembar. Ini mungkin karena hormon pertumbuhan yang di berikan kepada sapi yang mungkin mempengaruhi kadar hormon pada manusia.

2. Obat-obatan

Obat kesuburan adalah salah satu sebagai cara yang paling populer untuk dapat peluang hamil kembar, dengan meningkatkan kesuburan dengan merangsang produksi sperma atau telur. Jika lebih banyak telur  yang diproduksi, kemungkinan lebih dari satu telur akan dilepaskan dan dibuahi. Clomiphene dan Gonadotropin adalah obat kesuburan yang paling umum.

3.  Jarak antara kehamilan

Cara lain untuk hamil kembar adalah memiliki jarak yang cukup di antara kehamilan anda. Jika anda hamil sangat cepat setelah kelahiran sebelumnya, hal itu mengurangi peluang untuk memiliki anak kembar.

4. IVF

Di antara cara terbaik untuk hamil kembar adalah melalui perawatan kesuburan, seperti IVF.

Selama proses IVF, dokter mengekstrasi telur, mengambil sampel sperma, dan kemudian secara manual menggabungkan telur dan sperma dalam piring laboratorium. Embrio kemudian dipindahkan ke rahim.

Apakah mungkin untuk meningkatkan peluang mendapatkan anak kembar?

Ada banyak mitos seputar konsep kehamilan dengan anak kembar. Misalnya anggapan apabila mengandung anak kembar melompati satu generasi, itu adalah kesalahan. Ada juga banyak diskusi tentang bagaimana terapi alternatif dapat meningkatkan kemungkinan itu terjadi, tetapi tidak ada cukup bukti untuk mendukung hal tersebut. 

Wanita yang menggunakan obat kesuburan dan IVF lebih cenderung mengalami kegemukan. Meskipun seorang wanita memiliki peluang lebih tinggi untuk hamil dengan kembar jika dia menggunakan teknik reproduksi berbantu, ada juga banyak wanita yang hamil dengan kembar secara alami. Ada banyak faktor yang berperan, termasuk usia wanita, genetika, berat badan, dan riwayat dengan anak kembar.

Memiliki anak kembar mungkin terdengar menarik bagi banyak pasangan menikah, terutama karena dengan anak kembar, kegembiraan di setiap tahap pengasuhan menjadi dua kali lipat. Namun, pilihan terbaik adalah memdidik bayi yang sehat. Selalu konsultasikan dengan dokter anda dan ikuti saran dan tip mereka untuk kehamilan yang sehat, dengan satu atau beberapa bayi.

Jika pembaca menyukai artikel ini, jangan lupa share yah! Agar makin tahu dan makin banyak ilmu.

Sumber:

- Buku & referensi (How To Conceive Twins)

- hallomoms

- medialokal

 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Anak seorang petani karet di daerah sumatera Selatan, yang berzodiak Aquarius. Selain suka menulis juga suka traveling dan memasak.

Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz