6 Indikator untuk Menciptakan Nilai Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

6 Indikator untuk Menciptakan Nilai Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Sudahkah Anda Meningkatkan Kepuasan Pelanggan ?

Bagi para Pengusaha memberikan kepuasan pada pelanggan adalah salah satu hal yang sangat penting, dan justru hal itulah pilar utama bagi setiap pemilik usaha.

Pelanggan memang ibaratnya seorang raja yang harus di berikan pelayanan dengan baik, kita sebagai seller posisinya harus siap menerima berbagai macam kemungkinan dari sang buyer, misalnya keluhan dan saran pelanggan.

Pemilik usaha saat ini banyak yang meletakkan kotak saran di tempat ia berjualan hal ini tentu saja sangat berguna untuk meningkatkan pelayanan kedepannya. Pelayanan yang baik seperti ini juga akan memberikan kesan positif bagi setiap pelanggan yang datang ketempat anda.

Nah, mau tahu apa saja hal penting yang harus anda lakukan ketika ingin meningkatkan kepuasan pelanggan anda? Berikut ini poin-poinnya:

1. Terima Setiap Keluhan Pelanggan.

Menjual produk atau jasa pasti tetap memiliki sisi kekurangan, bukan hanya brand kecil yang mungkin sedang anda jalankan, melainkan brand besar seperti telkomsel, Danone, dan berbagai perusahaan besar lain pun sering sekali menerima komplain, ini menandakan bisnis anda berjalan dengan banyaknya pelanggan yang complain, rasio perbandingan mungkin hanya 90:10 jadi sedikit sekali yang complain dan masih banyak yang puas.

Tapi, kendati yang komplain sedikit justru itu yang harus di perhatikan karena apabila testimoni si pengomplain bisa di baca atau di ketahui oleh pelanggan puas juga bisa mempengaruhi 90% tadi.

Jadi, sudahkan anda menyiapkan bahan untuk memberikan penjelasan complain pada pelanggan anda?

2. Berikan “Add Value” untuk Costumer.

Add Value atau nilai tambah pada produk dan jasa anda tentu mampu memberikan kesan yang sangat mendalam, customer akan merasa di perhatikan oleh anda pemilik usaha.

Memang perhatian semacam ini menjadi sangat penting ketika anda berencana untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada usaha yang sedang dijalankan. Pemilik usaha harus kreatif, mampu memberikan solusi dan bahkan saran untuk pelanggannya.

Nilai tambah yang dimaksud dalam bisnis yang sedang kita jalankan adalah intinya membuat si pelanggan bahagia dengan hasil kerja / kreasi produk yang akan diberikan. Misalnya, brand besar seperti KFC, pada saat orang membeli makanan di atas 100 ribu rupiah mereka akan memberikan sovenir, seperti tempat minum, mainan anak (buat mereka yang membawa anak) dan masih banyak lainnya hadiah-hadiah yang jika sebenarnya apabila dihitung nilai ekonominya tidak seberapa, namun efek pada kepuasan pelanggan cukup luar biasa.

Apabila anda bergerak pada bidang jasa, mungkin bisa memberikannya ekstra service dengan cost yang sama pada saat anda memberikannya service standar saat mereka menggunakan jasa anda kesekian kalinya atau saat pertama kali akan menggunakan jasa anda.

3. Jalin Kedekatan Emosional dengan Pelanggan. 

Bisnis bukan hanya sekedar kamu jualan dia membeli, tapi lebih dari sekedar itu. Jalinlah kedekatan emosional pada pelanggan, karena dengan demikian mereka akan merasakan tingkatan yang sama, yakni sebagai mitra, bukankah bisnis lebih cepat bergerak dengan sistem kemitraan.

Anggaplah pelanggan anda adalah mitra bisnis anda yang akan selalu bisa memberikan kontribusi baik itu berupa kesamaan visi, kesamaan minat yang berarti mampu memberikan kepercayaan jangka panjang. Keprcayaan berarti loyalitas pelanggan, dan loyalitas serta kepercayaan pelanggan adalah sumber incom pasti yang bisa kita rawat untuk waktu yang lama.

4. Bukalah Kantor Cabang. 

Bisnis konvensional sperti resto, atau travel service merupakan bisnis yang cukup banyak diminati masyarakat. Kemungkinan besar banyak orang yang sudah mencoba produk dan jasa anda tersebut sehingga informasinya sampai kemana mana.

Dengan membuka cabang pastinya itu akan memberikan kemudahan bagi mereka yang tadinya hanya mendengar saja mengenai produk dan jasa anda. Mereka pelanggan yang penasaran pasti saat menyoba di kota lain, atau bahkan di negara lain tentu akan sangat senang, ini artinya anda cukup mengerti akan kebutuhan semua pelanggan.

Biasanya juga banyak mereka yang berada di daerah lain sangat rindu dengan produk, atau jasa yang anda buka karena sebelumnya penah mencoba nah saat itu juga mereka menginginkan mencobanya di kota mereka saat itu juga anda bisa mencoba melakukan survey dan membuka cabang.

5. Jadilah Pemilik Usaha yang Mudah Dihubungi.

Bagi anda pemilik usaha terutama di bidang layanan jasa tentu sering sekali dihubungi oleh pelanggan, maka dari itu janganlah membuat mereka susah saat akan menghubungi anda.

Berikan beberapa kontak alternatif misalnya lebih dari 1 nomer telepon, ada email, fax dan lain sebagainya yang mungkin bisa dengan segera anda respon.

Kemudahan semcam ini pastinya sangat diinginkan oleh semua customer karena mereka akan lebih mudah saat sedang mengalami kebingungan atau hanya sekedar mencari informasi.

6. Sediakan CSR Untuk Usaha yang Anda Buat. 

CSR inilah yang bergerak memberikan sosialisasi kepada orang umum, shingga pelanggan anda akan sangat simpatik melihat apa yang anda lakukan pada masyarkaat dan ini juga merupakan cara tepat memberikan kepuasan bagi pelanggan, seolah-olah saat mereka menggunakan produk dan jasa anda mereka juga ikut berkontribusi kepada masyarakat luas tentu saja ini akan memberikan keuntungan brand image positif pada usaha yang sedang anda jalankan.

Masih banyak lainnya agar anda bisa memberikan kepuasan pada pelanggan anda. Memang pelanggan yang sudah puas dengan layanan serta produk yang kita tawarkan bisa menjadi asset dalam jangka panjang.

Hal itu berarti pelanggan anda memiliki nilai yang cukup tinggi shingga sudah sewajarnya jika mereka mendapatkan sesuatu yang memuaskan dari anda. Bisnis akan tumbuh menjadi besar saat anda mampu membuat pelanggan anda membicarakan brand, produk dan jasa anda. Jangan pernah khawatir dengan keluhan-keluhan yang mungkin muncul dari setiap pelanggan, tetap ladeni dengan sabar dan santai agar mereka bisa mendapatkan apa yang mereka harapkan.

Pelanggan yang mendapatkan pelayanan dengan baik mereka akan terus datang kepada anda, dan itulah yang memang diharapkan oleh setiap pemilik usaha, dengan demikian pula anda bisa segera mencapai target-target yang diharapkan.

Semakin berkembangnya ekonomi terutama di negara kita indonesia kini, persaingan semakin ketat, oleh sebab itu permainan pasar harus mampu kita kuasai dengan baik, karena apabila kita tidak mampu menguasai pasar (customer) sudah pasti bakal ketinggalan jauh.

Terlebih lagi dalam menghadapi MEA (Masyarkat Ekonomi Asean) dimana orang-orang asing juga akan banyak berdatangan ke Indonesia, mereka kebanyakan bekerja, tapi tidak menutup kemungkinan mereka juga bakal membuka usaha.

Bisa bayangkan penjual pecel lele ternyata orang korea, orang jepang, orang thailand dan lain-lain. Masuk pasar bebas kita tidak boleh kalah dalam hal inovasi dan standar layanan, tentu saja hal ini sangat penting sekali. Bercerita mengenai kepuasan pelanggan memang akan menjadi perbincangan yang sangat panjang, karena dalam hal ini kita sedang merebut hati konsumen, oleh karena itu untuk mendapatkan mereka secara utuh harus dengan full heart, artinya tidak bisa sembarangan begitu saja asal pelanggan puasa dan sebagainya. Dan satu lagi, kebanyakan pebisnis baru di Indonesia yang ingin memulai karirnya mereka langsung melakukan perekrutan karyawan, padahal budget yang dimilikinya masih sangat terbatas, justru hal ini bisa membuat anggaran anda menjadi habis bahkan dipastikan bisnis yang anda mulai bakal terancam gagal.

Nah, karena ini kaitannya erat dengan pelanggan maka anda harus melakukan teknik marketing secara langsung, artinya anda yang turun langsung kepada mereka para pelanggan sehingga kepuasan, atau kekurangan di awal usaha yanga nda buat akan ketahuan.

Memang untuk mengetahui seberapa kapasitas usaha anda di awal awal harus turun langsung “mencicipi” seperti apa rasanya berjuang, hal ini sangat berguna karena mungkin saja orang yang anda minta menjadi karyawan hatinya tidak pas kepada calon pelanggan anda.

Beda dengan kondisi dimana ketika anda memiliki modal yang besar, hal tersebut bisa dihindari karena anda bisa memilih marketer yang handal dan bisa menggaet konsumen, dalam hal mengatasi psikologi pembeli sudah sangat paham.

Tidak ada yang mudah dalam menjalankan bisnis, yang anda butuhkan sudah jelas adalah modal dan keberanian. Keberanian bisa kita terjemahkan sebagai ilmu, artinya apabila anda berdagang dengan tanpa menggunakan ilmu bisnis anda bak melakukan perjudian yang kegegalannya sudah bisa diprediksi dengan mudah.

Ilmu yang paling penting dalam bisnis adalah bagaimana anda melakukan pelanggan, dengan memberikan perlakuan baik kepada pelanggan sudah pasti hal tersebut bisa menjadi asset yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

Asset yang dirawat sudah pasti bisa menjadikan sumber incom tak terhingga, bayangkan saja apabila jumlah pelanggan yang anda rawat dengan baik jumlahnya terus bertambah ini pasti akan membuat bisnis anda lebih cepat berkembang dengan pesat.

Pertumbuhan bisnis dipangaruhi besar oleh pilar utamanya berupa customer, oleh sebab itu perlakuan anda saat ini kepada customer anda adalah menggambarkan seperti apa bisnis anda kedepan. Memang bisnis akan terus bisa berjalan, namun untuk berkembang pesat tentu sangat sulit apabila hanya mengandalkan pelanggan-pelanggan baru.

Padahal, pelanggan-pelanggan lama/ tetap memiliki perputaran belanja yang lebih stabil. Coba anda saksikan betapa banyak perusahaan multi nasional, internasional, sistem menggaet customernya pasti sudah menggunakan sistem langganan. Pemberian maintence setiap waktu sudah pasti bisa memberikan keuntungan yang terus bejalan dalam jangka panjang.

Topik mengenai bagaimana memberikan kepuasan kepada pelanggan ini pasti masih belum lengkap, namun anda bisa juga menambahkan referensi dari sumber-sumber besar lain yang pastinya credible sehingga bagi anda yang sedang mengalami kebingungan dalam mengatasi pelanggan, terutama karena ingin memberikannya kepuasan, kemudian dengan harapan bisa terus menjadi pelangan tentu sangat penting. Sudah saatnya anda menghentikan keegoisan anda dalam menjalankan bisnis, cobalah “sentuh” hati customer anda, agar ia mau menjadi pelanggan anda dalam jangka panjang.

Apalah artinya pelanggan baru yang berdatangan tetapi sifatnya hanya sementara, untuk anda pemain bisnis konvensional, sebaiknya rawat pelanggan terdekat di sekitar tempat anda membuka usaha, agar informasi baik mengenai usaha yang anda jalankan bisa sampai ke telinga yang lainnya.

Keuntungan dari apa yang anda lakukan hari ini akan anda tuai saat bisnis anda sudah berjalan seiringnya waktu.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

The Administrator!

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 24, 2020, 3:20 PM - Akhmad Fauzi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma