Ikan Apa yang Bisa Hidup Tanpa "Oksigen" di Aquarium?

Ikan Apa yang Bisa Hidup Tanpa "Oksigen" di Aquarium?

Dari judulnya memang kesannya menjadi salah. Secara bagaimanapun, ikan tetap makhluk hidup yang butuh oksigen untuk bernafas.

Namun kenyataannya memang demikian yang sering ditanyakan penghobi ikan hias, khususnya bagi pemula. Mereka yang hendak memelihara ikan hias di aquarium untuk pertama kali, biasanya suka yang simpel saja. Beli aquarium atau fish bowl dan ikannya saja. Tanpa memikirkan perlengkapan pendukung minimal seperti aerator atau mesin gelembung.

Salah kaprahnya, aerator sering dipersepsikan sebagai mesin penghasil oksigen. Dan dengan berbagai alasan, mulai alasan ekonomi, kepraktisan dan pengaruh tayangan di tv atau film. Orang-orang mengira ikan bisa hidup di aquarium atau fish bowl tanpa bantuan aerator. Benarkah demikian?

Memang iya, di tv atau film sering menampilkan ikan didalam wadah kaca tanpa bantuan alat apapun. Terlihat memang sangat menarik. Tapi itu didepan layarnya begitu. Tanpa menampilkan keadaan sesungguhnya dibalik layar. Sehingga penonton sering mengira ikan hias bisa hidup di aquarium atau fish bowl tanpa bantuan aerator.

Ikan hidup di air, yang pada dasarnya air juga terdiri dari unsur oksigen (HO2). Aerator berfungsi menyalurkan udara ke air yang memang bukan 100% oksigen. Namun secara tidak langsung mampu mensirkurlasi udara di air pada aquarium.

Dalam kondisi normal, ikan sulit hidup ditempat sempit dan tertutup seperti aquarium tanpa bantuan aerator atau alat bantu nafas. Bisa dibuktikan sendiri. Tidak sampai sehari, kemungkinan besar ikan akan lemas bila dibiarkan di aquarium tanpa alat bantu pernafasan apapun. Airnya jadi keruh dan berlendir, dan sedihnya Ikan bisa mati bila kondisi demikian diteruskan gitu aja.

Bolak-balik ganti air

 Aquarium

Ada solusi sebenarnya ikan tetap bisa hidup di aquarium tanpa alat bantu pernafasan apapun. Yaitu sesering mungkin mengganti air. Agar airnya senantiasa segar.

Tapi cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan. Karena ditakutkan, ikannya jadi stres. Gimana gak stres coba? Bolak-balik ganti air uda kayak diobok-obok.

Ditelakkan ditempat terbuka

 Ikan Koi

Ikan memang bagus berada ditempat terbuka. Bila perlu alam terbuka, minimal menyerupai. Seperti dikolam yang terbuka, sebenarnya uda paling bagus untuk pelihara ikan. Gak perlu pakai mesin aerator, filter dan sebagainya. Asal rajin jaga kebersihan kolam saja.

Tapi bagaimana kalau di aquarium? Sebenarnya nyaris tidak ada solusi untuk memelihara ikan hias di aquarium tanpa alat bantuan pernafasan seperti aerator. 

 mesin filter

Mesin aerator maupun mesin filter memang bukan penghasil oksigen. Namun fungsinya sebagai alat yang membantu sirkulasi udara pada air di aquarium. Bagusnya lagi mesin filter yang mampu menyaring kotoran. Jadi amoniak di aquarium tidak bertumpuk dan menjadi racun untuk ikan.

Pada dasarnya memelihara ikan di aquarium butuh usaha dan perhatian lebih. Gak bisa asal-asalan. Meletakkan ikan ke dalam wadah seperti aquarium atau fish bowl saja sebenarnya sudah "menyiksa". Masa kita nambahin penderitaan ikan hias di aquarium, dengan tidak melengkapinya dengan aerator.

Lantas ikan apa yang bisa hidup di aquarium atau fish bowl tanpa "oksigen" ?

Tapi buat mereka yang masih kukuh ingin memelihara ikan di aquarium atau fish bowl tanpa "oksigen" atau airator. Ada jenis  ikan yang mampu hidup di botol tanpa bantuan alat nafas.

Ikan laga bunga

Ikan laga atau cupang. Cara simpel, praktis dan ekonomis buat kamu yang mau pelihara ikan tanpa repot-repot pasang alat bantu pernafasan. Ikan laga memang terkenal jenis ikan yang tahan banting. Tapi tetap perlu diperhatikan kebersihan tempat tinggalnya.

Jadi perlu diluruskan persepsi yang salah selama ini tentang ikan hias, aquarium ataupun fish bowl. Pertama, aerator itu bukan penghasil oksigen. Hanya sebagai suplai udara ke air pada aquarium. Dan semua ikan tetap butuh oksigen. Secara ikan hidupnya di air yang terdiri dari unsur oksigen. Jadi jangan mengira ikan akan tetap hidup di dalam wadah seperti aquarium atau fish bowl tanpa airator maupun mesin filter. Sementara bila aquarium yang dilengkapi mesin filter saja perlu diganti airnya secara berkala. Apalagi bila tidak alat-alat bantu pernafasan.

Feuture image: Isyana Sarasvati/ film Milly & Mamet



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

LUV LUV LUV

Popular This Week
Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz