Hoax, Kabar Tsunami Di KKU

Hoax, Kabar Tsunami Di KKU

Sukadana- Kabar tentang akan adanya tsunami  di Kayong Utara yang beredar luas melalui jejaring sosial whatsapp  adalah berita bohong atau hoax.

Hal itu ditanggapi langsung oleh Kepala Stasiun  Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG)  Rahadi Oesman Ketapang.

Menurutnya,  kabar akan adanya tsunami di Kayong Utara dipastikan tidak bisa dipertanggung jawabkan dan ia berharap agar stakeholder di Kayong Utara dapat menginformasikan kepada masyarakat di Kayong Utara agar tidak menimbulkan keresahan dan kepanikan terhadap warga sekitar.

"Mohon izin menyampaikan BC terkait isu tsunami 4 meter di kayong Utara dipastikan adalah berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan / Hoax mohon untuk dapat menginfromasikan ke stakeholder masyarakat terkait agar tetap tenang," Kata Aqil Ihsan Kepala Stasiun Meteorologi Rahadi Oesman Ketapang (BMKG) melalui pesan singkatny disalah satu grup whatsapp.

Menurutnya, berdasarkan historis dan data yang mereka punya  potensi tsunami dan kegempaan di bumi borneo sangat kecil dan hampir nyaris tidak akan terjadi. 

"Untuk Potensi tsunami di wilayah Kalimantan Barat adalah sangat kecil. Potensi gempa bumi pun kecil dan skala untuk kegempaannya kecil," kata dia.

Sebelumnya, warganet di Kayong Utara dihebohkan dengan berita yang disebarkan melalui media sosial whatsapp bahwa akan ada tsunami dengan ketinggian  4 meter di Kayong Utara, berita tersebut pun sempat membuat resah warganet  dan disebarkan ke grup media sosial yang ada.

Namun demikian, bupati Kayong Utara Citra Duani telah melakukan rapat  terbatas dengan OPD dan Forkominda Kayong Utara untuk melakukan langkah antisipatif terkait penanganan ancaman bencana alam yang ada di Kayong Utara yang informasi tersebut ia dapat dari bapak Oesman Sapta Odang (OSO). 

Meskipun baru sekedar isu, Bupati Kayong Utara, Citra Duani meminta masyarakat untuk waspada. "Kita akan melakukan langkah cepat, dengan melakukan rapat dengan stake holder terkait dan menyiapkan posko," tutur Bupati ketika memimpin rapat di Kantor Bupati Kayong Utara, Selasa (7/1). 

Usai melaksanakan Rapat Bupati bupati bersama Tim yang terdiri dari Sekda, Polres, BPBD, Pol PP, Mangga Agni, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan meninjau lokasi Rumah milik tokoh masyarakat Kayong Utara, Oesman Sapta dan Hotel Mahkota Kayong Utara.

Dua bangunan ini persis berada di pinggir pantai teluk Sukadana. "Kita berharap, ini tidak terjadi. Tapi alangkah lebih baik kita waspada. Seperti pepatah bilang, sedia payung sebelum hujan," jelas Bupati lagi.

Himbauan untuk waspada ini juga disampaikan Kabag Ops Polres Kayong Utara, Komisaris Polisi, Hendra Yuti ketika mendampingi bupati. "Tidak ada salahnya kita mewaspadai sejak dini," tuturnya.

Hartono, Manager Hotel Mahkota Kayong mengaku mendapat telepon lansung dari OSO untuk dimintai mengamankan barang barang hotel dan rumah pribadi OSO. "Minggu malam beliau Telepon, untuk waspada dan mengamankan barang-barang," jelasnya ketika diwawancarai wartawan.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma