Hoaks atau Fakta: Bintang Harry Potter (Daniel Radcliffe) Positif Virus Corona

Hoaks atau Fakta: Bintang Harry Potter (Daniel Radcliffe) Positif Virus Corona

Hai, hai, hai semua. Bagaimana hari ini? Sudah mendapatkan asupan informasi terkini, terupdate dan teraktual kah?. Ya ya ya bicara seputar informasi atau berita memang rawan banget dengan adanya hoaks.

Teman-teman disini ada yang suka nonton film Harry Potter? Masih ingat dengan pemeran utama dari film Harry Potter?. Aktor ini bernama asli yaitu Daniel Radcliffe. Buat kalian yang fans berat sudah pasti terkejut jika mendengar berita yang beredar bahwa aktor ini telah positif virus corona.

Seperti biasa, saya langsung mencari informasi mengenai kabar tersebut. Apakah hoaks atau benar adanya jika sang aktor telah positif virus corona.

Dari berita yang beredar, isu tentang Daniel Radcliffe yang telah positif virus corona ini bermula dari tweet @BBCNewsTonight, guys. Saya langsung penasaran dong, dan akhirnya saya cari akun @BBCNewsTonight di twitter. Pengen lihat sendiri gimana akun itu nge-tweet kalau Daniel Radcliffe telah positif virus corona. Dan ketika ketemu hasilnya, akun twitter telah ditangguhkan. Jadi, saya gak bisa baca tweet tentang kabar tersebut. Begitu juga masih penasaran, apakah hoaks atau gak.

Langkah selanjutnya, saya melakukan pencarian di kolom search dengan mengetikkan Daniel Radcliffe. Syukurlah, telah mendapatkan pencerahan. Dan ternyata kabar tentang Daniel Radcliffe sebagai bintang Harry Potter adalah hoaks atau tidak benar.

Salah satu akun twitter, membagikan link laman BuzzFeed News. Di lansir dari laman BuzzFeed News tersebut tertulis headline bahwa “No, Daniel Radcliffe Doesn’t Have Coronavirus”. Sekaligus mengunggah screenshot tweet dari akun @BBCNewsTonight dan menulis kata “Fake” pada screenshot akun tersebut. Mungkin sebelum akun @BBCNewsTonight ditangguhkan ya guys. Karena seperti saya bilang tadi, bahwa saya cek sendiri di twitter akunnya sudah ditangguhkan. Ini mungkin disebabkan karena menyalahi aturan dan pedoman penggunaan twitter. Ya jelas lah ya, akun ini kan sudah nyebarin hoaks.

Jadi gini, di akun @BBCNewsTonight menulis “BREAKING : Daniel Radcliffe tests positive for coronavirus. The actor is said to be the first famous person to be publicly confirmed”. Dan satu kali lagi saya katakan kalau ini hoaks atau tidak benar ya guys. Jangan dipercaya.

Di laman BuzzFeed News juga menjelaskan bahwa juru bicara aktor tersebut menanggapi pemberitaan tentang Daniel Radcliffe yang diisukan positif virus corona dan berkata “Tidak benar”. Dan ternyata, akun twitter @BBCNewsTonight merupakan akun BBC palsu. Dan akun palsu ini juga menggunakan logo penyiar Inggris.

Dilansir dari laman IDN Times, hoaks tentang Daniel Radcliffe, sang pemeran Harry Potter menderita virus corona telah berhembus sejak hari Selasa, tanggal 10 Maret 2020 waktu Amerika Serikat.

Agar tampak meyakinkan, tweet tersebut juga dilengkapi link BBC News Alerts yang saat ditelusuri, ternyata tidak berhubungan dengan berita tersebut dan sudah tidak aktif sejak 2017, guys. Banyak juga netizen yang berusaha membuktikan kalau berita ini hoax, tapi balasan netizen ini disembunyikan dengan fitur hide reply sama akun palsu itu.

Tambah lagi, dilansir dari laman Kompas ternyata tweet hoaks yang dibuat sama akun @BBCNewsTonight sempat bertahan selama tujuh jam dan dibagikan setidaknya 762 kali serta mendapat ribuan tanda like. Padahal hoaks ya guys. Oh iya, jumlah followers dari akun palsu ini hanya 125 pengikut guys. Logikanya gak mungkin lah ya kalau ini akun asli, dan cuma punya follower segitu apalagi tidak ada centang birunya itu si akun @BBCNewsTonight. Jumlah followernya saja sedikit. Malahan lebih banyak jumlah followerku hehehe. Ini akun memang kurang meyakinkan.

Dilansir dari laman liputan 6, tweet dari akun palsu ini di retweet oleh jurnalis The New York Times, Maggie Haberman, dan Politico, Blake Hounshell. Setelah menyadari kesalahannya, kedua jurnalis ini akhirnya meminta maaf. Mungkin terlalu fokus pada logo yang dipakai sama akun palsu ini ya guys, jadi dikiranya akun asli.

Lanjut lagi, trus bagaimana tanggapan Daniel Radcliffe sendiri, terkait pemberitaan atas dirinya itu?. Setelah saya cek di Instagram dengan akun daniel9340, tertulis di insta storynya “Don’t believe Twitter, Daniel is doing fine”. Sekalian ini tadi saya screenshotkan buat teman-teman semuanya :

Oh iya, ada yang hampir lupa. Ini tadi saya belum nulis apa sih alasannya si akun palsu itu nyebarin hoaks? Jadi gini, di lansir dari laman BuzzFeed News, ketika mereka ditanya alasan nyebarin hoaks itu katanya karena itu lucu bahwa mereka memanipulasi pikiran orang, dan bahwa internet menurunkan IQ orang. Gitu guys. Alasannya agak gimana gitu ya.

Trus lagi nih, salah satu nya bilang gini “Menipu kepolosan manusia lain dengan angka di tweet. Saya bisa menulis tweet sekarang, tetapi tidak ada yang akan percaya kecuali ada jumlah yang tepat”. Ya memang sih, kalau jumlah keterlibatan dengan 311.000 tayangan dan 26.666 klik profil itu terkesan kayak asli. Tapi bagaimanapun juga tetep ketahuan lah ya. Nah jumlah followernya aja tadi sudah saya bahas ya diatas. Dikit banget guys.

Dan ada juga yang bilang gini, “kami melatih masyarakat untuk menjadi lebih mengerti teknologi”. Maksudnya mungkin gini, dengan teknologi yang berkembang pesat kira-kira ini masyarakat bisa gak membedakan mana hoaks mana berita asli. Mungkin gitu kali ya. Atau gimana sih. Ini niatnya saja kan sudah merugikan orang lain. Atau ini hanya alasannya saja ya?.

Tapi kalau dipikir-pikir, ini mungkin membawa keuntungan bagi para penipu-penipu itu, guys. Kalau mereka gak mendapatkan keuntungan buat apa mereka melakukan. Dan benar saja ternyata. Di laman Buzzfeed News, menulis bahwa salah satu peserta kelompok juga mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan keuntungan secara finansial dari tipuan yang mereka buat selama bertahun-tahun.

Dan kamu tahu, guys. Mereka ternyata juga daftarin selebriti lain lho, yang bisa mereka targetkan. Ada beberapa nama selebriti yang mereka targetkan itu diantaranya adalah David Hasselhoff, Pamela Anderson atau Megan Fox.

Wah ngeri ya guys. Kalau gini sama halnya mereka seakan-akan sudah punya banyak rencana yang mereka siapkan.

Tapi, kelompok itu tidak mengungkapkan semua kebohongan lainnya yang sudah pernah mereka lakukan, guys. Jadi mereka hanya mengaku kalau mereka ini telah membodohi orang lain sebelumnya. Teman-teman, ini berarti bukan untuk yang pertama kalinya mereka melakukan aksinya dong ya.

Jadi gitu teman-teman, alasan mereka melakukan penyebaran hoaks kepada pemeran Harry Potter yang diisukan positif virus corona.

Intinya, kita semua akhirnya sudah yakin kan teman-teman, bahwa pemberitaan yang beredar tentang pemeran Harry Potter yang telah positif virus corona adalah hoaks alias tidak benar. Gimana para fans-fansnya Daniel Radcliffe, udah lega kan sekarang setelah tahu kalau Daniel Radcliffe sehat-sehat saja.

Semoga kita lebih bijak dalam menggunakan sosial media dan juga dalam menanggapi pemberitaan yang ada. Karena kalau kita tidak hati-hati ya bisa jadi kita percaya dengan berita yang belum pasti kebenarannya.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin