Hargailah Diri Sendiri: Sadari Kekuatan yang Tersembunyi!

Hargailah Diri Sendiri: Sadari Kekuatan yang Tersembunyi!

Salam para pembaca rackticle!

Mari kita sadari apa tersembunyi dalam diri kita yang tidak disadari, dengan menghargai diri sendiri itu lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Harga diri adalah kekuatan pendorong dari rasa kepercayaan diri kita, bagaimana kita melihat dan juga merasakan tentang diri kita sendiri, serta mencakup nilai rasa, signifikasi, dan harga diri kita.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lebih dari 80 persen orang berjuang dengan berbagai tingkat kepercayaan diri yang rendah. Namun, memiliki peluang untuk berdampak positif dan dapat mengubah setiap bidang kehidupan anda dengan lebih kuat - dari hubungan anda hingga karier, dari kesehatan dan kesejahteraan anda hingga tingkat kesuksesan anda.

Menghargai diri yang adalah sesuatu yang perlu tumbuh dan dipelihara dari waktu ke waktu. Dalam artikel ini akan menunjukkan kepada anda hal-hal yang dapat anda lakukan sekarang untuk meningkatkan kepercayaan diri anda. Kemudian, anda akan menyadari potensi tersembunyi anda dan harga diri anda.

Apa itu harga diri

Didefinisikan sebagai kepercayaan pada nilai atau kemampuan seseorang itu sendiri yaitu harga diri. Lebih sederhananya, harga diri adalah perasaan atau keseluruhan yang anda miliki tentang harga diri atau menghargai diri anda sendiri.

Sebaliknya, kepercayaan diri lebih mengacu pada perasaan anda sendiri tentang kemampuan anda akan berbeda dari situasi ke situasi lainnya (mampu beradaptasi). Anda dapat menghargai diri yang besar (merasa senang tentang diri anda secara keseluruhan) tetapi kepercayaan diri yang rendah tentang situasi atau peristiwa tertentu (berbicara di depan umum). Bahkan mungkin anda memiliki kepercayaan diri yang besar di suatu situasi tetapi secara keseluruhan menghargai diri sendiri rendah.

Rasa menghargai diri yang kuat dan solid datangnya dari dalam lubuk hati. Dari kepercayaan pada pentingnya diri anda, nilai diri, dan kelayakan diri anda.

Awal mulai rendahnya menghargai diri sendiri

Rendahnya menghargai diri sendiri yang (menimbulkan pesimis) bisa berasal dari banyak hal. Sebagian besar dipengaruhi oleh bagaimana orang lain melihat dan memperlakukan diri kita, itulah sebabnya pengaruh orang tua kita memiliki dampak yang paling signifikan terhadap diri kita.

- Masa kecil yang kurang bahagia atau bahkan tidak menyenangkan

mereka yang tumbuh dengan orang tua yang kritis, kasar, atau lalai lebih memungkinkan menghadapi tantangan dengan harga diri mereka sendiri. Sementara mereka yang mengalami penerimaan, persetujuan, dan kasih sayang lebih cenderung luas akan memiliki rasa menghargai diri sendiri yang lebih tinggi.

- pengalaman traumatis

Tingkat harga diri yang lebih rendah juga dapat berasal dari pengalaman buruk atau peristiwa yang membuat trauma, seperti sesuatu yang dikatakan seseorang kepada anda atau sesuatu yang dilakukan seseorang. Pada dasarnya, itu berasal dari apa pun yang memunculkan rasa malu, bersalah, atau kurang berharga. 

- Pengalaman kegagalan

Bagi sebagian orang, rendahnya menghargai diri terkait dengan keberhasilan dan pencapaian mereka atau kekurangannya. Termasuk pengalaman kegagalan tidak tercapaianya tujuan dan juga harapan yang membuat harga diri menurun.

- Berbicara keburukannya

Banyak "kasus" tidak menghargai diri sendiri yang telah diabadikan dengan berbicara tentang keburukan diri. Ini bisa saja berupa kisah yang telah anda ciptakan sendiri atau yang di buat orang lain untuk anda sebelumnya yang terus anda percayai hingga sekarang. 

Mungkin saja bagi anda, seperti kebanyakan orang lain, rendah menghargai diri berawal dari pada perasaan anda.  Misalnya, tentang penampilan atau citra tubuh anda. Hal ini bukan hanya tentang penampilan anda, tetapi juga bagaimana perasaan anda tentang penampilan anda sendiri. 

Apa yang terjadi jika kurang percaya diri

Merasa rendah dapat menyebabkan  masalah kesehatan fisik dan mental yang signifikan termasuk kecemasan, depresi, dan tidak nafsu makan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa remaja yang mengalami kurang percaya diri tumbuh dengan memiliki banyak masalah fisik dan mental.

Di sisi lain, rasa percaya diri yang kuat akan membantu anda memiliki kesehatan dan juga kesejahteraan yang lebih baik, hubungan yang lebih baik serta tingkat kebahagiaan  dan kesuksesan yang lebih tinggi. Penelitian bahkan menghubungkan tingkat harga diri yang lebih tinggi dengan potensi penghasilan yang lebih tinggi pula.

Berikan nilai tehadap diri anda 

Individu dengan rendahnya rasa kurang percaya diri, atau melihat diri sendiri tidak sebanding dengan orang lain, tidak berkompeten, bahkan tidak pantas untuk dicintai. Itulah yang membuat tantangan dengan harga diri yang begitu rumit. Seringkali bukan tentang realitas apa yang ada, tetapi persepsi tentang apa yang dirasakan seseorang.

Mereka yang memiliki kepercayaan diri yang rendah mungkin terlihat menarik secara sosial atau pendiam, ragu-ragu, tidak merasa aman, tidak bahagia dan bahkan mungkin saja marah. Mereka lebih cenderung menemukan diri mereka dalam hubungan yang tidak sehat, memiliki rasa takut akan kegagalan dan khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain. 

Disisi lain juga mereka yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, merasakan harga diri yang meningkat dengan nilai yang kuat. Mereka cenderung menemukan diri mereka dalam hubungan yang sehat ( dan menyingkirkan yang buruk), bisa menjaga diri mereka sendiri, dan lebih tangguh ketika menghadapi kegagalan, hambatan, dan kemunduran. Secara umum, mereka lebih cenderung membela apa-apa yang mereka yakini dan tidak merasa takut untuk berbicara. Namun tingkat kepercayaan yang terlalu tinggi, mereka  mungkin terlihat "sombong" dan terkesan mementingkan diri sendiri.

Cara membangun kepercayaan diri

Masalah menghargai diri pada dasarnya ditemukan di antara siapa anda saat ini dan siapa anda pikir apa yang harus. Sebagian besar penyebab kurangnya percaya diri berasala dari cara orang lain melihat atau memperlakukam anda, namun solusi untuk meningkatkan percaya diri anda adalah sesuatu yang perlu datang dari dalam ke luar, bukan dari luar ke dalam.

Membangun harga diri bukanlah tugas yang mudah. Tapi dengan menghargai diri sendiri adalah timbulnya rasa percaya diri sebagai investasi yang berharga, karena anda akan menuai banyak penghargaan dan manfaat untuk diri anda sendiri. 

Berikut adalah beberapa cara untuk membangun rasa percaya diri;

1. Mencari tahu apa yang menjadi penyebab

Mengidentifikasi penyebab utama dari rendahnya rasa percaya diri anda, merupakan salah satu hal yang paling penting yang dapat anda lakukan untuk membangunnya kembali. Apapun pengalaman yang mungkin anda miliki, dan apa pun besarnya masalah tersebut, sangat disarankan unthk meminta dukungan seseorang untuk melalui proses masalah tersebut. Pilihlah seorang terapis, konselor, pelatih, atau seseorang yang telah berpengalaman dalam mengatasi trauma dari pengalaman masa lalu, dan masalah-masalah yang mendasar. 

2. Lihatlah dirimu sendiri bagaimana orang lain melihatmu

Lihatlah diri anda sendiri bagaimana orang lain apabila melihatmu, dan bicaralah pada diri anda sendiri seperti orang lain berbicara kepada anda. Pikirkan tentang orang yang paling nencintai anda di dunia tanpa syarat.

Luangkan waktu sejenak, dan bayangkan anda berdiri diatas sepatu mereka dan memperhatikan mata mereka. Lihatlah dari sudut pandang mereka dan lihatlah diri anda sebagaimana mereka melihat anda. Apa yang anda perhatikan tentang anda? Apa yang akan mereka katakan padamu? Apa yang mereka sukai dari anda? Apa yang mereka lihat dalam dirimu?

3. Lakukan yang terbaik

Nasihat sederhana seringkali merupakan saran terbaik. Ketika anda melakukan yang terbaik dan berusaha penuh dalam setiap hari, anda mulai merasa lebih baik tentang diri anda.

Sekarang, yang terbaik mungkin berubah dari hari ke hari dan beberapa hari, yang terbaik tidak akan sebaik hari sebelumnya. Tidak apa-apa dan penting untuk mengingatkan diri sendiri bahwa anda melakukan yang terbaik dengan apa yanga anda miliki, saat ini, pada saat itu, hari itu, dalam situasi itu, dan dalam kerangka waktu itu, atau pengetahuan anda.

Ketika anda tahu anda telah melakukan yang terbaik, anda tidak memiliki rasa penyesalan dan tidak ada hal yang membuat anda merasa buruj atau bersalah. Jika anda melakukan yang terbaik dan kemudian seseorang mengkritik anda, lebih mudah untuk menepis ketika anda tahu anda melakukan yang terbaij yang bisa anda lakukan.

4. Terlibat dalam kegiatan yang memuaskan anda

Temukan hal-hal yang memberi anda rasa kepuasan yang mendalam, perasaan dan tujuan. 

Terlalu sering kita terlibat dalam kegiatan atau hubungan yang membuat kita merasa sadar diri, kekosongam atau merasa tidak pantas tentang diri kita sendiri. Sudah waktunya untuk dapat lebih fokus, waktuvdan upaya untuk melakukan hal-hal yang terasa baik untuk tubuh, pikiran dan jiwa anda. 

Identifikasi hal apa yang dapat memberikan anda rasa memuaskan secara mental, misalnya menyelesaikan masalah besar atau telah menciptakan sesuatu yang baru. Secara emosional misalnya, bergaul dengan teman atau menjadi sukarelawan. Secara fisik anda dapat berolahraga, makan dengan benar dan sehat atau juga merawat tubuh anda. Secara spiritual  misalnya dengan bermeditasi atau pergi ke tempat ibadah atau rekreasi.

5. Identifikasi siapa diri anda dan jujur kepada diri sendiri

Ketika anda terlibat dalam suatu yang dapat membuat anda merasa baik dan bahkan lebih penting, anda akan dapat meningkatkan rasa menghargai diri dan rasa kepercayaan diri yang meningkat. Kesadaran diri dan pencarian jiwa kecil sangat penting untuk kesuksesan anda dalam hidup dan harga diri anda. Kurangnya menghargai diri berasal dari kurangnyamengetahui siapa diri anda sebenarnya dan nilai yang anda bawa. Banyak dari kita telah menghabiskan begitu banyak waktu untuk mencoba menyesuaikan diri. 

Luangkan waktu untuk mengenal diri sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui antara lain;

- mencari tahu kekuatan dan bakat diri anda

- menyadari nilai-nilai diri anda dan mengetahui semangat anda

- memahami nilai diri anda dan apa yang penting bagi diri anda

- pikirkan apakah anda ingin melayani atau berkontribusi untuk dunia.

6. Terima diri anda

Buatlah keputusan untuk menerima diri anda yang tidak sempurna. Terlepas dari apa yang telah anda sampaikan, apa yang telah terjadi, kesalahan apa yang telah anda lakukan atau tantangan apa yang telah anda hadapi. Anda melakukan yang terbaik yang anda bisa lakukan yang terbaik yang anda bisa dengan apa yang anda miliki.

Kita semua ingin diterima apa adanya, tetapi orang pertama yang harus menerima kita adalah diri kita sendiri.

7. Berhenti berkompromi dengan diri sendiri

Ketika anda membiarkan orang lain menempatkan kebutuhan orang lain diatas kebutuhan anda, atau anda harus mengalah pada apa yang orang lain inginkan, itu menurunkan harga diri anda. Karena dengan mengedepankan kebutuhan mereka diatas kebutuhan anda lalu anda berpikir sendiri " mungkin saya tidak begitu penting". Hal ini justru akan berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan mereka secara signifikan. 

Kita boleh berkompromi dalam hal menyesuaikan diri, dicintai, dan diakui. Tetapi jika anda terus-menerus membahayakan diri sendiri, anda tidak akan merasa puas dan tenang.

Seberapa sering anda membiarkan apa yang orang lain pikirkan tentang anda atau butuhkan dari anda menentukan tindakan dan juga keputusan anda?

Jadilah kuat, dan berdiri sendiri. Putuskan apa yang penting bagi diri anda. Kenali batas-batas anda dan hal-hal yang tidak dapat dikompromi dalam hidup anda. Jangan merasa takut untuk bilang tidak pada hal yang tak bisa untuk anda terima.

8. Carilah yang baik

Kjta lebih cenderung menemukan apa yang kita cari. Sederhananya, orang csnderung sering kali tidak sadar mencari hal-hal yang membuat mereka memperkuat apa yang mereka yakini benar. Hal yang sama yang dilakukan anda untuk melihat diri anda sendiri.

Jika anda yakin anda tidak berharga atau tidak dapat dicintai, anda akan menemukan alasan untuk mendukung keperamcayaan itu. Namun jika anda yakin anda merasa berharga dan cantik atau berani dan kuat, anda akan segera menemukan alasan untuk mendukung hal tersebut.

Bertentangan dengan mereka yang mengalami kepercayaan diri yang rendah merupakan mereka yang terbiasa menemukan apa yang salah. Seringkali bahkan  ada pesan negatif  yang fersimpan di dalam pikiran bawah sadar mereka. Dalam artian mereka benar-benar pandai melihat semua kesalahan  dan kekurangan mereka.

9. Berhenti membicarakan diri anda negatif

Sebagian besar sistem kepercayaan anda berasal dari 'cerita' negatif yang anda ceritakan pada diri sendiri. Pikiran anda mempercayai apa yang anda ceritakan dan cerita anda akan berulang-ulang di benak anda merupakan salah satu kesalahan yang besar yang anda buat. Itulah yang akan terus anda perkuat dan melekat dalam sistem kepercayaan anda.

10. Ambilah keputusan

Banyak pemikir besar telah berbagi bahwa kegagalan telah menjadi kunci keberhasilan mereka, batu loncatan untuk menuju  kebesaran mereka.  Mengambil resiko, mengalami kegagalan, dan membangun ketahana merupakan kunci untuk meningkatkan sebuah harga diri dari seseorang. Lagipula, jika saja anda tidak pernah mengambil risiko, anda tidak akan pernah tahu dan anda akan tetap terjebak dalam cerita anda.

Setiap kali anda dapat mengatasi tantangan kecil atau dapat bangkit kembali dari keterpurukan, anda telah membangun benteng itu. Karena orang tidak akan menyesal telah gagal, dan mereka akan menyesal jika tidak mencoba. Semakin anda banyak mencoba, semakin banyak anda menempatkan diri, semakin kuat anda serta harga diri anda akan semakin meningkat.

11. Temukan makna dan tujuan

Sebagai manusia, kita semua perlu belajar, mencoba, tumbuh dan berkontribusi. Ketika anda menderita karena merasa harga diri yang rendah, ini dapat menciptakan lingkaran setan.

Ambil langkah-langkah yang memungkinkan anda untuk menjadi diri anda yang sebenarnya. Mungkin saja ini tentang menemukan sesuatu yang memberi anda makna, atau mungkin tentang langkah-langkah yang perlu anda ambil untuk mencapai dari sekarang ke tempat yang anda inginkan. Misalnya, tindakan yang membantu orang lain, berkontribusi, dan bersikap ramah, hal tersebut tidak hanya meningkatkan harga diri  tetapi juga kebahagiaan, kesehatan, dan juga kepuasan. 

Jadi mulailah dengan sesuatu yang kecil dan cobalah untuk terus maju. Setiap kesuksesan kecil akan menghasilkan rasa percaya diri  yang lebih besar dan pada akhirnya rasa percaya diri yang semakin meningkat.

Sekian dari saya, jangan lupa share yah! Biar makin tau dan juga banyak ilmu.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Anak seorang petani karet di daerah sumatera Selatan, yang berzodiak Aquarius. Selain suka menulis juga suka traveling dan memasak.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Feb 19, 2020, 10:00 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma