Han Masih Hidup, Reuni 3 Toretto Bersaudara & Apakah Brian Kembali? Fast 9 Trailer Breakdown

Han Masih Hidup, Reuni 3 Toretto Bersaudara & Apakah Brian Kembali? Fast 9 Trailer Breakdown

Trailer Fast and Furious 9: The Fast Saga akhirnya resmi dirilis. Trailer ini mengkonfirmasi peran yang dimainkan oleh John Cena dan juga menghadirkan Twist besar yang menjawab hastag yang selalu di eluh-eluhkan fans waralaba ini justice for Han. Sun Kang akhirnya juga dikonfirmasi kembali ke franchise ini setelah kematiannya di Fast 6 yang merupakan scene yang sama dengan di Fast and Furious Tokyo Drift. Ada banyak hal menarik yang akan kita bahas dari trailer ini.

Film yang ke 9 dari franchise Fast and Furious akhirnya akan segera tayang di layar lebar. Dominic Toretto yang diperankan oleh Vin Diesel kembali memimpin timnya untuk sebuah misi baru. yang kembali akan melibatkan villain wanita dari film terdahulu. Chiper yang diperankan oleh Charlize Theron. Sinopsis resmi dari film ini juga telah dirilis. biar tidak Kepanjangan sinopsis resminya bisa kalian baca nanti di artikel lainnya. 

Intinya film ini akan melibatkan banyak masa lalu Dominic Toretto mulai dari keluarga intinya sampai kepada seluruh anggota tim yang dicintainya. Di mana dalam sinopsis mengatakan, ”sepanjang jalan, teman lama akan dibangkitkan, musuh lama akan kembali, sejarah akan ditulis ulang, dan makna keluarga yang sebenarnya akan diuji seperti sebelumnya”. Sang sutradara Justin Lin bahkan dengan percaya diri mengatakan kalau film ini akan menjadi film aksi yang paling hebat yang pernah dia buat. 

Trailer yang durasinya hampir 4 menit ini mengungkapkan banyak hal menarik untuk kita bahas. Termasuk bergabungnya salah satu nama besar dalam industri Entertainment dalam waralaba ini John Cena. serta kembalinya karakter dari Tokyo Drift untuk bergabung dengan Dominic Toretto dan kawan-kawan. kembalinya mereka semua mengindikasikan bahwa bahaya yang akan mereka hadapi jauh lebih besar daripada yang pernah kita lihat dari film sebelumnya. 

Inilah sepertinya yang akan menjadi alasan kenapa film ini diberi judul The Fast Saga. dan bahkan saya pribadi curiga film ini akan menjadi the next Avengers Infinity War yang tidak cukup bisa selesai hanya dengan satu film saja. apalagi ini adalah film kedua terakhir yang akan mengakhiri petualangan Dominic Toretto dan kawan-kawan. nggak perlu berlama-lama lagi kita punya trailer yang panjang yang harus kita So let's breakdown.

Trailer ini diawali dari kediaman Dominic Toretto dan kembalinya mobil klasik Toretto nineteen seventy Dodge Charger. Scene kemudian memperlihatkan Dominic Toretto di garasi rumahnya dan Detroit Muscle Car milik ayahnya. Dominic Toretto berkata “i used to live my life a quarter mile at a time” kalimat ini membangkitkan kita ke memori terhadap Brian O'Connor. Dan mengarah ke referensi perkenalan pertama Dominic Toretto dan Brian O'Connor dalam film The Fast and the Furious yang dirilis pada tahun 2001. Dan juga memiliki referensi ke Furious 7 dalam scene perpisahan Dominic Toretto dan Brian O'Connor. 

Terlihat setting garasi yang mirip dengan yang ada di The Fast and the Furious. Di mana Dia sedang menatap foto keluarga barunya bersama Letty Ortiz yang diperankan oleh Michelle Rodriguez. Dalam set ruangan mekanik ini kita bisa melihat sebuah tulisan NHRA yang memiliki referensi kepada NHRA alias National Hot Rod Association. NHRA Ini adalah badan pengatur drag race yang menetapkan aturan dan menyelenggarakan berbagai acara di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Waktu senggang Dominic Toretto di antara Fast 7 dan Fast 9 ini mungkin saja dihabiskan dengan mengikuti drag race Championship, atau mungkin bertugas sebagai petugas mekanik salah satu klub balapan yang ikut dalam ajang Championship tersebut.

Ini bisa ditunjukkan dengan poster Championship drag race yang digelar pada tanggal 13 dan 14 Mei entah tahun berapa. Dalam trailer awal ini juga memperlihatkan anak Dominic Toretto yang diberi nama Brian. Di mana ini adalah penghormatan terhadap Bromance Dom yaitu mendiang Paul Walker yang memerankan oleh karakter Brian O’Connor dalam franchise ini. Diiringi dengan instrumen opening lagu yang memenangkan Grammy Awards setelah dirilis, yang juga menjadi original soundtrack Furious 7. 

Pertemuan kita dengan little Brian ini seakan menjadi jawaban dari lagu Charlie Puth “See You Again” dan kita memang benar bertemu kembali dengan Brian yang sekarang menjadi anak Dom. Brian di sini sudah kelihatan lebih gede ya. dimana dalam The Fate of the Furious, Brian masih bayi dan terlibat banyak adegan seru bersama Deckard Shaw yang diperankan oleh Jason Statham. 

Brian terlihat menjadi partner kerja Dom Sebagai mekanis yang handal. Dan sepertinya Dom ingin mewariskan Brian kemampuannya dan juga keahliannya sebagai mekanik otomotif handal. ini bisa kita lihat Bagaimana ketertarikan Brian terhadap otomotif dan sejumlah mainan mobil-mobilan yang dia miliki. Leti memberinya sebuah hadiah yang juga sudah tidak asing lagi bagi kita sebuah kalung salib pemberian Dominic Toretto terhadap dirinya. yang selalu dipakai dan percaya bahwa kalung tersebut adalah pelindungnya sejauh ini. dan kalung itu juga akan memberikan Brian protection dari bahaya yang akan datang. 

Menariknya kalung ini juga pernah dikenakan oleh ibu kandung Brian yaitu Elena. Kalung ini juga ditinggalkan oleh Deckard Shaw dalam adegan kecelakaan yang dialami oleh Han di Tokyo. Kalung salib ini sepertinya memang erat kaitannya dengan keselamatan para karakter dalam franchise ini dalam konsep religi tentunya. 

Trailer kemudian membawa kita ke reuni tim Fast and Furious di bunker rahasia milik mereka dan memberitahu kita “What’s Next?” apalagi yang akan menjadi misi mereka di film ke-9 ini. Soundtrack lainnya yang diperdengarkan dalam trailer ini adalah lagu milik DJ Snake yang berjudul “FREQUENCY 75” Sebuah lagu yang memiliki oktan tinggi yang sepertinya memang mampu menyeimbangi adegan-adegan seru yang dihadirkan sepanjang trailer ini.

Scene selanjutnya memperlihatkan kita adegan kejar-kejaran khas waralaba ini. Yang kembali melibatkan Dom yang mengendarai sebuah mobil Dodge dengan Letty yang mengendarai sepeda motor dan dikejar oleh sejumlah mobil Jeep militer. Aksi kejar-kejaran ini terpantau oleh karakter yang dimainkan oleh John Cena yang bernama Jacob. Di samping Jacob, kita bisa melihat mobil yang juga akan terlibat aksi menegangkan dengan Dom di adegan akhir dari trailer ini.

Lokasi rahasia tempat mereka reuni ini kemudian dikepung oleh tim yang dipimpin oleh Jacob akhirnya kita bisa melihat sebuah reuni keluarga yang tidak biasa antara Dom, Mia, dan tentu saja Jacob. yang dalam trailer ini terungkap sebagai saudara atau lebih tepatnya long lost Brother nya Dom. Pertanyaannya dari mana Jacob bisa mengetahui lokasi ini. sementara, ini adalah lokasi rahasia. Jawabannya mungkin ada pada Mia Toretto adik perempuan Dom yang juga merupakan istri dari Brian O’Connor. Adegan ini pun bisa menjawab nasib Brian O’Connor dalam saga ini. Tapi ini masih sebatas teori.

Mia adalah orang yang paling bertanggung jawab atas penyergapan yang dilakukan oleh Jacob dan timnya di lokasi rahasia ini. Mia mungkin saja terpaksa memberitahu Jacob lokasi ini tanpa terlebih dahulu tahu Apa tujuannya. atau mungkin saja dia memang berada di bawah ancaman Jacob yang sebelumnya membunuh Brian O’Connor, meskipun mereka adalah saudara. Kembalinya Brian O’Connor memang belum diperlihatkan dalam trailer ini. Namun Mungkin saja dia memang akan kembali ke sebuah adegan singkat yang mengakhiri art nya lewat film ini. Dan adegan tersebut memperlihatkan dia dibunuh oleh Jacob atau mungkin timnya. 

Kenapa Jacob harus memanfaatkan Mia? Dalam film sebelumnya kita ketahui Dom sempat berkhianat kepada timnya dan bekerjasama dengan Chiper dengan alasan Elena dan anak kandungnya disandera oleh Chiper. Maka dalam film Ini Chiper bisa saja memerintahkan Jacob dan timnya Untuk memanfaatkan Mia sebagai kelemahan utama Dom. Terlihat raut wajahnya yang sepenuhnya tidak senang dengan keadaannya sekarang. Di mana di depan matanya dia melihat Dua Saudara kandungnya terlibat perseteruan. 

Berlanjut ke sebuah scene penyergapan oleh pihak militer di sebuah lokasi yang masih belum jelas. Yang sepertinya ini menjadi misi awal yang nantinya akan mempertemukan Dom dan Jacob. Jacob sendiri digambarkan sebagai seorang pencuri, pembunuh, dan seorang pembalap yang handal. 

Scene selanjutnya memperlihatkan Jacob sedang melakukan aksinya bergelantungan. Dan beberapa scene setelahnya kita juga diperlihatkan aksi Dom di atas sebuah mobil yang sudah terbalik dan menghadapi sebuah mobil lainnya yang dalam keadaan flip terbanting ke arahnya. Herannya Dom bukannya menghindari mobil tersebut malah seakan menangkap mobil itu. 

Menariknya suit yang digunakan kedua karakter ini sama yaitu sebuah rompi yang tidak biasa. mungkin saja dilengkapi dengan teknologi tinggi yang mampu meningkatkan kemampuan penggunanya atau merubahnya menjadi human sibernetik. sama seperti yang dikenakan oleh Bridgestone yang diperankan oleh Idris Elba dalam Fast and Furious Hobbs and Shaw tahun lalu. Dan jangan-jangan itulah yang membuat Dom bisa menahan mobil yang terlempar ke arahnya tersebut. 

Scene kemudian berlanjut ke sebuah adegan sebuah gedung tahanan, setidaknya kelihatan seperti itu. Di mana Dom dikeroyok dan Letty serta Jacob hanya bisa melihatnya di balik sebuah ruangan yang mana Sepertinya itu adalah sel tempat mereka ditahan. Mungkinkah mereka ditahan atas sebuah kesalahan atau Mungkinkah mereka ditahan oleh Agen yang dikendalikan oleh Chiper. petugas yang  mengeroyok Dom juga mengenakan rompi yang sama yang dikenakan oleh Dom dan Jacob sebelumnya.

Scene berlanjut ke pemandangan kota Tbilisi, Georgia. Dimana lokasi ini paling banyak mengambil bagian dari installment ke-9 ini. Lalu Chiper dengan potongan rambut yang mirip dengan Grace yang diperankan oleh Mackenzie Davis di Terminator Dark Fate. Dimana dia menawarkan Jacob pekerjaan untuk membunuh Dom saudaranya sendiri sebagai bentuk pembalasan atas apa yang dilakukannya di film sebelumnya. Sambil menceritakan backstory Jacob yang selama ini berusaha berlatih keras untuk menyamai dan bahkan melebihi kemampuan saudaranya Dom. 

Berlanjut ke adegan pertarungan Dom dan Jacob di sebuah apartemen di kota Edinburgh Skotlandia. Adegan yang melibatkan bus pariwisata kota edinburgh dan bus milik sebuah perusahaan transportasi yang bernama First Lothian Transportation. Lothian Ini adalah layanan transportasi publik yang tersedia di kota edinburgh. 

Scene berpindah ke sebuah party yang memperlihatkan Helen Mirren yang memerankan karakter Magdalene Shaw ibu dari Shaw Brothers. Terakhir Magdalene Shaw terlihat di Hobbs and Shaw dalam sebuah penjara. Dan masih menjadi pertanyaan juga apa yang menyebabkan Magdalene dipenjara. Banyak spekulasi yang mengatakan, bahwa dalam film ini akan menjelaskan hal tersebut. Keberadaan Magdalena bahkan bisa menjadi jawaban seperti apa keterkaitan film ini dengan film Spin off Fast and Furious Hobbs and Shaw tahun lalu. 

Dia memberitahu Dom sesuatu yang juga sepertinya berupa petunjuk tentang Jacob. “Tidak ada yang lebih powerfull selain cinta terhadap keluarga tapi kau mengubahnya menjadi kemarahan. Dan tidak ada lagi yang lebih berbahaya selain itu”. Kalimat ini sepertinya menyimpan sebuah petunjuk bahwa Magdalene tahu banyak tentang Jacob dan juga tentang bagaimana dia bertransformasi menjadi karakter yang jahat. 

Di gedung ini Dom kembali bertemu dengan Jacob. Kesamaan di antara keduanya terlihat dalam adegan rebutan senjata yang mengingatkan kita ke adegan yang sama dengan pertemuan Natasha romanoff dan saudari lamanya yaitu Yelena Belova dalam film Black Widow. 

Mirroring move, gerakan yang sangat otentik sama dan kedua film yang kebetulan juga akan tayang di bulan yang sama ini entah bagaimana sepertinya memiliki plot cerita yang juga hampir sama. Mulai dari reuni keluarga, perlengkapan persenjataan, dan rompi, adegan kejar-kejaran di jalan raya, semua terlihat hampir sama. Franchise Fast and Furious sendiri Memang sudah seringkali menyelipkan dialog maupun easter egg yang mengarah ke Franchise Superhero Marvel. Tapi mungkin ini hanya kebetulan saja. 

Lalu kemudian ada satu hal yang menarik perhatian disini Jacob mengenakan kalung salib yang sama seperti yang dimiliki oleh Dominic Toretto. Dari mana dia mendapatkan kalung tersebut?. Apakah dari Brian anak Dom yang mungkin dia culik atas perintah Cipher? Sepertinya tidak. Kalaupun di scene awal dari trailer ini terlihat Dom menggenggam kalung pemberian Letty ke Brian kecil. Menyiratkan adegan sepertinya ada sesuatu yang terjadi dengan Brian. Mungkin saja dia diculik dan penculiknya meninggalkan kalung tersebut. Jadi itu bukan kalung milik Brian kecil yang diberikan oleh Letty. 

Satu dugaan yang paling kuat adalah kalung itu memang miliknya yang menandakan bahwa dia adalah seorang keturunan Toretto juga. Iya, dia adalah Jacob Toretto. Kalung salib yang sama juga terlihat selalu dipakai oleh Mia Toretto meskipun milik Mia lebih berwarna keemasan dan ukurannya lebih kecil. Ini menandakan bahwa 3 Toretto bersaudara ini diwarisi kalung salib oleh orang tuanya.

Beralih ke scene setelahnya, terlihat Roman Pearce yang diperankan oleh Tyrese Gibson yang memberitahu Dom “ini mungkin adalah akhir dari segalanya. Tapi kita akan keluar dari sini bersama-sama.” lalu dilanjutkan dengan Letty yang sepertinya juga meyakinkan Dom dengan mengingatkan bahwa dia selama ini telah melewati rintangan dan bahaya bersamanya. 

Kemudian diikuti scene perkelahian yang melibatkan Mia dan Letty yang sedang bertarung dengan komplotan penjahat yang terjadi di Jepang. Semua setting lokasi terlihat jelas bahwa ini berada di Jepang. Berbeda dengan scene sebelumnya yang semuanya mengambil setting lokasi di Eropa baik itu di Tbilisi maupun di Edinburgh. Apa yang membawa mereka ke Jepang? masih belum jelas. Namun sepertinya ini ada kaitannya dengan kembalinya Han ke Franchise ini.

Mia Toretto sendiri sejauh ini sangat jarang terlibat adegan aksi perkelahian dan lebih banyak melakukan aksi di balik kendali setir mobilnya. Dan di film ini sepertinya menawarkan banyak adegan perkelahian yang melibatkan Mia. Sekaligus juga memperjelaskan ke kita bahwa dalam darahnya mengalir darah Toretto yang memang ahli dalam beladiri. 

Scene berikut yang memperlihatkan Roman dan Tej yang terkejut dengan sebuah mobil Pontiac Fiero yang dikombinasikan dengan mesin roket di bagian kapnya. Dan yang mengejutkan yang merakitnya adalah Sean Boswell yang diperankan oleh Lucas Black. Karakter utama dalam The Fast and The Furious: Tokyo Drift. Di Furious 7 karakter ini memang sempat kembali dengan sebuah penampilan cameo untuk memperjelas keterkaitan antara franchise ini dengan Fast and Furious Tokyo Drift yang sebelumnya banyak yang mempertanyakan hal tersebut. 

Kini Sean Boswell kembali dengan peran yang lebih besar tentunya dalam franchise utama ini. Dia tidak sendiri karena dia kembali bersama dengan Earl yang diperankan oleh Jason Tobin yang juga hadir di Fast and Furious Tokyo Drift. Bagaimana mereka bisa bergabung? Jawabannya mungkin ada di sini sebelumnya, ketika Letty dan Mia berada di Jepang. Mereka mengikutsertakan Sean dan Earl masuk ke dalam tim inti untuk bergabung menuntaskan misi utama mereka. 

Bagian depan dan samping bawah mobil Pontiac Fiero tersebut, dikembangkan dengan menaruh lapisan yang sama dengan yang digunakan oleh pesawat untuk menghindari suhu panas yang berlebih akibat dari gesekan udara yang timbul ketika mobil tersebut hendak take off maupun landing dalam kecepatan tinggi. 

Ditambah dengan beberapa corong di bagian samping depan. Mungkin gunanya untuk membuat mobil terbang tersebut bisa belok ke kiri atau ke kanan ketika sudah berada di udara. Mungkin seperti itu sih. Tapi kalau ada di antara kalian yang lebih tahu dan jauh lebih mengerti Coba bantu jelaskan di kolom komentar di bawah ya. 

Earl sendiri menggunakan perangkat komputer VT miltope untuk mengembangkan dan mengatur mobil tersebut. VT miltope ini sebenarnya adalah produsen komputer dan hardware terkemuka di Amerika Serikat untuk aplikasi taktik dan penerbangan di sektor militer, di sektor industri, dan juga di sektor commercial. Komputer ini memang dirancang untuk memenuhi standar penerbangan militer dan komersial yang begitu ketat. 

Roman kemudian mengambil alih untuk test drive mobil ini. Di mana terlihat mobil ini diadu dengan sebuah jet. Meskipun kita tidak tahu siapa yang menang dari balapan tidak biasa ini, yang pasti sangat jelas ya bahwa mobil rancangan Sean dan Earl ini berhasil membawa kita ke sebuah petualangan baru nantinya. Yang tidak hanya terjadi di daratan namun mungkin saja akan terjadi di udara.

Scene berikutnya kembali memperlihatkan Dom dan Jacob, bertarung diatas sebuah kendaraan truk pengangkut peralatan militer yang sedang melaju. Diikuti sebuah tank di belakangnya yang menembaki truk angkutan tersebut. Kita bisa melihat seorang wanita yang mengambil kendali tank tersebut yang mana sepertinya dia adalah karakter yang diperankan oleh Anna Sawai. 

Actress kelahiran New Zealand ini pernah terlibat dalam proyek film Ninja Assassin pada tahun 2009 sebagai Teenage Kiriko. Karakter yang diperankannya disini masih belum jelas siapa. Roman dan Tej juga terlibat pertarungan dalam truk ini dengan pegawai dari Lothian Parcel Services. Di sini bisa terlihat jelas bahwa Lothian ini sepertinya tidak hanya sebagai penyedia jasa transportasi publik saja. Tapi masih belum jelas Apa yang dibawa oleh yang punya dua gerbong ini. 

Adegan paling berbahaya kali ini melibatkan Dom dan Letty yang berada dalam satu mobil menghadapi Jacob di mobil lainnya. Dengan mengaktifkan NOS, mobil yang dikendarai oleh Jacob melaju kencang menuju ke tepian dan melompati tebing tersebut. Hingga diselamatkan oleh sebuah jet yang memiliki magnet yang dikendalikan oleh Cipher. Magnet tersebut kemudian menarik mobil Jacob. 

Sebelumnya Roman, Tej dan Ramsey terlihat melintasi sebuah jembatan papan yang rapuh. Entah apakah mereka berhasil melewatinya atau tidak. Sementara Dom dan Letty juga tidak punya pilihan lain selain pilihan gila dengan mencoba memanfaatkan seutas tali yang masih tersisa dari jembatan rapuh yang dilalui oleh Roman dan kawan-kawan tadi. Lagi-lagi Dom berharap kepada keberuntungannya sekali lagi. 

Trailer kemudian diakhiri dengan sebuah twist yang sangat mengagetkan. Han, karakter yang diperankan oleh Sung Kang akhirnya kembali. Entah bagaimana caranya dia bisa selamat dari ledakan mobil setelah kecelakaan yang dialaminya yang mana pelakunya adalah Deckard Shaw. Han pun terlihat mengendarai mobilnya kembali yaitu Mazda RX7. Hanya saja sayangnya mobil ini lagi-lagi menemui kehancuran ketika tertimpa truk yang ada di scene sebelumnya, dan Entahlah Apakah Han lagi-lagi bisa selamat dari insiden tersebut. 

Trailer diakhiri dengan tulisan Justice is coming. Ini sepertinya menjadi jawaban atas permintaan fans di media sosial dengan hastag justice for Han. Akan menarik melihat bagaimana akhirnya nanti ketika Han bisa bertemu dengan pelaku penabrak dirinya Deckard Shaw yang diperankan oleh Jason Statham. Yang direncanakan akan comeback di film terakhir Fast and Furious 10 nanti bersama dengan Luke Hobbs yang diperankan oleh Dwayne Johnson.

Ada satu hal menarik lagi dari trailer ini di sini awal ketika Letty menghadiahkan kalung salib pemberian Dom ke Brian kecil seolah menyiratkan sesuatu yang menyedihkan. Pertama soal kalung salib yang ditandai sebagai sebuah proteksi yang selama ini memang dikenakan oleh Letty. 

Kemudian yang kedua adalah instrumen yang mengiringinya, Instrumennya memang mengarah ke sebuah referensi untuk penghormatan terhadap almarhum Paul Walker. Di mana lagu Charlie Puth ini menjadi lagu Farewell untuk Brian O’Connor di Furious 7. Tapi bisa juga lagu ini memang menjadi lagu Farewell yang tidak hanya untuk Brian O'Connor di Franchise ini. Apakah dalam film ini nanti akan ada karakter yang meninggal? Sepertinya iya. 

Dengan asumsi begitu banyak adegan berbahaya yang berhasil dilalui oleh Letty bersama dengan Dom dan menganggap bahwa kalung salib itu adalah pelindung dan penyelamatnya. Maka dengan Letty mewariskan kalung tersebut kepada Brain kecil bisa diindikasikan bahwa Letty lah yang akan melakukan apapun kali ini untuk melindungi anak Dom tersebut. Sama seperti bagaimana Dom selama ini melindungi dirinya. 

Dalam trailer Letty juga berusaha meyakinkan Dom bahwa dia telah melewati banyak rintangan dengan resiko kematian dengannya. Ini semua menyiratkan sebuah pesan, jangan - jangan Letty akan mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan anak Dom. Dalam sebuah adegan pertemuan Dom dan Jacob mereka membicarakan sesuatu yang mengarah kepada kesalahan Dom sendiri. Apakah ini adakah kaitannya dengan masa lalu atau jangan-jangan ada kaitannya dengan Letty atau Brian kecil. Apakah Letty yg akan meninggal dalam film ini? Ini cuman sekedar teori lho ya jadi bisa saja benar dan tidak menutup kemungkinan keliru. 

Yang jelas dengan kompleksitas plot cerita dari film ini yang mengambil judul The Fast Saga. Sekali lagi saya yakin film ini akan menjadi part 1 dari sebuah film panjang yang kesimpulannya nanti akan datang di Fast 10 di mana Deckard Shaw dan Luke Hobbs bisa kembali bergabung dengan tim Dominic Toretto. kalau ada part yang kita lewatnya dari trailer ini jangan sungkan untuk tambahkan di kolom komentar di bawah ya.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma