Hacker Bisa Mencuri Item dari Player Lain di Fallout 76

Hacker Bisa Mencuri Item dari Player Lain di Fallout 76

Sejak perilisannya, Fallout 76 sudah banyak diwarnai kontroversi. Karena produk akhir yang diharapkan dari sebuah game triple A ini tidak sesuai ekspektasi, banyak player kecewa berat. Mulai dari glitch, bug, exploit dan masih banyak yang lainnya.

Seolah tidak berkaca, alih-alih memberikan free content untuk playernya, Bethesda justru menerapkan sistem monetizing Fallout 1st. Sistem monetizing ini memberikan beberapa fitur yang harusnya sudah ada di base game-nya dengan biaya langganan $13 per bulan. Jelas ini membuat banyak player geram. Pasalnya, Bethesda telah berjanji jika bentuk monetizing dalam Fallout 76 hanya berupa kosmetik. Tapi pada kenyataannya, fitur-fitur penting yang menjadi dasar pada game tersebut termasuk dalam monetizing. Para player baru bisa mendapatkannya setelah player membayar lebih melalui langganan Fallout 1st tersebut.

Dan tidak berhenti di situ. Di masa liburan natal ini, Bethesda memberikan free trial. Semua orang bisa memainkan Fallout 76 tanpa harus membeli gamenya. Cukup membuat akun bethesda, kita bisa mencicip game tersebut dengan batas waktu tertentu. Sayangnya kesempatan ini banyak dimanfaatkan oleh para hacker untuk meng-exploit game tersebut. Membuat para Hacker Bisa Mencuri Item dari Player Lain di Fallout 76. Alhasil, game yang sejak awal sudah rusak ini semakin dirusak oleh mereka.

Pada laman reddit, kita akan banyak jumpai para player yang mengeluh dengan kerusakan yang dilakukan oleh para hacker ini. Bagaimana tidak? Dalam game RPG ini, loot menjadi elemen penting yang membutuhkan perjuangan dan waktu untuk mendapatkannya. Misalnya saja, senjata dengan label legendary, di mana senjata tersebut memiliki status efek spesial yang tidak ada di sembarang item. Tapi para hacker ini mampu membuat item-item tersebut muncul dengan begitu mudahnya tanpa perlu usaha. Terlebih, status efek yang seharusnya maksimal hanya 3 bintang, kini bisa mereka buat sebanyak yang mereka mau dengan status efek sesuka mereka. Jadi para hacker hanya perlu membuatnya, bukan memperolehnya.

Jelas ini sangat merugikan player lain, dan termasuk dalam tindakan curang. Belum lagi item-item tersebut bisa dijual kepada player biasa lainnya. Ditambah, sampai saat ini Bethesda masih belum menemukan cara mengetahui player mana yang memakai item hasil exploit. Sebagian player lain jadi merasa diuntungkan. Meski tidak mengexploitnya karena takut akunnya terkena banned, mereka bisa memperolehnya hanya dengan membeli item-item itu dari para hacker.

Tapi tidak berhenti sampai di situ. Para hacker juga telah menemukan cara bagaimana agar mereka bisa mengambil item dari player lain. Proses ini terjadi begitu cepat dan mudahnya. Hacker hanya perlu berada maksimal sejauh 200 meter dari target, dan item yang berada di inventory target bisa ditransfer begitu saja tanpa sepengatahuan dan persetujuan si target. Dan lagi-lagi, ini sangat merugikan player lain. Karena play time yang sudah mereka habiskan terasa percuma begitu saja di tangan hacker. Item yang mereka dapatkan dengan susah payah bisa direbut begitu saja tanpa mereka sadari. Hal ini diperparah dengan kenyataan kalau item yang bisa direbut bukan hanya item biasa, tapi juga item yang dibeli dari Atomic Shop.

Dalam game Fallout 76 terdapat store yang menjual berbagai item dan keperluan lainnya dengan menggunakan uang nyata. Dan store itu adalah Atomic Shop. Tapi tidak seperti item biasa pada umumnya, item yang dibeli dari Atomic Shop tidak dapat dipindahtangankan atau dijual pada player lain. Sehingga player yang sudah membeli item dari Atomic Shop tidak perlu khawatir akan kehilangan item tersebut dari inventory mereka.

Tapi dengan ulah para hacker ini, keadaan seperti itu tidak lagi berlaku. Karena item yang sudah dibeli dari Atomic Shop bisa dicuri dari inventory player secara tidak sadar. Dan banyak para player mengeluh dengan kejadian ini. Hingga banyak dari mereka yang menyarankan untuk tidak memainkan gamenya selama Bethesda belum mengeluarkan patch. 

Pada video yang diunggah oleh channel vonwiclehoffer, kita bisa lihat sang hacker bisa dengan mudahnya mengambil item dari target. Item yang dicuri tidak hanya yang ada di inventory saja, tapi juga yang sedang dipakai. Contohnya player bernama Doctor Reese yang langsung kehilangan semua armor Power Armor berikut senjata apinya begitu saja meski sedang dia kenakan. Dan tidak hanya satu player, tapi banyak player yang didemonstrasikan di video itu. Hanya dalam hitungan detik, semua attribute yang dikenakan terlihat menghilang.

Celakanya peristiwa ini terjadi ketika dalam masa liburan, dimana para staff Bethesda sendiri juga sedang libur. Belum ada kabar terkini mengenai patch yang dikeluarkan oleh Bethesda. Nampaknya mereka masih mengerjakannya. Tapi Bethesda mematikan server Fallout 76 untuk meredam pecurian masif yang terjadi pada gamenya.

Sayangnya itu tidak cukup bagi sebagian player. Selain menuntut item yang sudah susah payah didapatkan, mereka juga meminta kompensasi dari Bethesda. Sebagian mereka meminta penggratisan Fallout 1st selama liburan ini. Bagi mereka, waktu liburan seperti ini yang harusnya jadi momen bermain bersama dengan player lain jadi rusak karena gangguan para hacker. Sudah pasti karena bug dari sang developer juga sehingga exploit ini bisa terjadi.

Para hacker ini sengaja menggunakan waktu free trial tersebut. Bagi mereka, itu adalah kesempatan untuk mencoba sejauh mana mereka bisa mengekploitasi gamenya. Karena pada masa free trial, siapa saja bisa bermain. Hanya perlu sebuah email, Hacker Bisa Mencuri Item dari Player Lain di Fallout 76.

Jalan keluarnya, beberapa player menyarankan untuk berhenti bermain selama peristiwa ini masih terjadi. Jangan pernah main di public server. Kalaupun bermain di public server, simpan semua senjata dan armor di dalam stash box karena hacker tidak bisa mencuri item dari sana. Atau player juga bisa tetap bermain dengan aman jika berlangganan Fallout 1st. Karena salah satu keuntungan Fallout 1st adalah kemampuan untuk bermain dalam server pribadi. Sehingga tidak ada player lain yang bisa masuk ke dalam sesi yang sama ketika kita bermain. Atau jika teman kita ada yang berlangganan, kita bisa minta join sesi ke server mereka agar terhindar dari kasus pencurian ini. Dengan begitu, peluang untuk bertemu hacker akan menghilang. Karena hingga tulisan ini dibuat, program Anti Cheat mereka juga tidak dapat mendeteksi para hacker yang mengexploit gamenya.

Fallout 76 sendiri adalah game RPG besutan Bethesda yang bersetting di era post-appocalypse. Player dituntut untuk bertahan hidup dengan sisa-sisa peradaban manusia yang sudah runtuh. Harus mempersiapkan suplai, bertahan dari serangan makhluk yang telah bermutasi, juga serangan para survivor lainnya. Game ini sudah rilis pada 14 November 2018 dan tersedia untuk konsol PS4, XBOX One, dan PC.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

OR

About Author
Popular This Week
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Donovan
Feb 17, 2020, 12:19 AM - Nabila Afira quraina
Feb 17, 2020, 9:08 PM - Bram Asta
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo