Layanan Google Translator Toolkit Dihentikan Awal Desember 2019 ini

Layanan Google Translator Toolkit Dihentikan Awal Desember 2019 ini

Google Translate merupakan salah satu produk yang digemari oleh banyak orang, terlebih lagi Google Translator Toolkit yaitu alat penerjemah berbasis web yang dapat menyimpan dokumen yang telah diterjemahkan ke dalam akun google kita.

Disana Kita dapat mengupload tulisan berupa dokumen dalam berbagai macam format,  termasuk SRT yang paling menguntungkan YouTuber. Bahkan untuk mentranslate kata-kata di video YouTube juga bisa hanya dengan sekali klik, tinggal memasukkan alamat URL YouTube nya saja. 

Namun pada awal Desember 2019 ini terdengar kabar bahwa layanan ini akan dihentikan dan tidak dilanjutkan lagi, mungkin untuk sementara waktu atau juga untuk selamanya. 

Namun demikian, Google Translate masih bisa di akses seperti biasa. Sementara Google Translator Toolkit ini jarang mendapatkan perhatian dari pengembang sehingga fiturnya pun tidak terlalu up to date.

Google mengumumkan bahwa layanan ini akan berhenti beroperasi mulai tanggal 4 Desember 2019, seperti yang diposting pada halaman Dukungan Google yang berbunyi:

Google Translator Toolkit diluncurkan lebih dari satu dekade yang lalu untuk membantu pengguna, penerjemah, dan dunia, kami membuat dan berbagi terjemahan. Ketika kami pertama kali diluncurkan, ada beberapa pilihan berbasis web untuk editor terjemahan, tetapi sekarang ada banyak alat hebat yang tersedia, termasuk Google Translate, yang akan terus tersedia dan tidak terpengaruh oleh ini. Akibatnya, kami telah melihat penurunan penggunaan untuk Perangkat Penerjemah selama beberapa tahun terakhir. Jadi sekarang, setelah bertahun-tahun dan milyaran kata diterjemahkan, kami mengucapkan selamat tinggal pada Perangkat Penerjemah. Ucapan terima kasih yang hangat kepada pengguna kami di seluruh dunia.

Namun jangan khawatir meskipun layanan ini akan tutup usia, Kita masih bisa mengunduh data yang tersimpan sebelumnya di dalam akun google kita, caranya lakukan sebelum akses benar-benar ditutup dan dengan mengikuti petunjuk berikut:

Untuk mengunduh data Memori Terjemahan Anda di Perangkat Penerjemah sebelum layanan ini dinonaktifkan, Anda dapat memulainya dengan:

  1. Buka Perangkat Penerjemah (Google Translator Toolkit).
  2. Di menu sebelah kiri, klik panah Alat.
  3. Klik Kenangan Terjemahan.
  4. Pilih memori terjemahan untuk diunduh.
  5. Klik ikon unduhan di bilah alat.

Memori terjemahan Anda kemudian akan diunduh ke perangkat Anda. Ulangi untuk mengunduh memori terjemahan tambahan.

Untuk mengunduh data Glosarium Anda di Perangkat Penerjemah sebelum mematikan, Anda dapat melakukan langkah berikut:

  1. Buka Perangkat Penerjemah.
  2. Di menu sebelah kiri, klik panah Alat.
  3. Klik Glosarium.
  4. Pilih Glosarium untuk diunduh.
  5. Klik ikon unduhan di bilah alat.
  6. Glosarium Anda kemudian akan diunduh ke perangkat Anda.
  7. Ulangi untuk mengunduh glosarium tambahan.

Untuk mengunduh Terjemahan Anda di Perangkat Penerjemah sebelum layanan dinonaktifkan, Anda dapat melaksanakan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Perangkat Penerjemah.
  2. Pilih terjemahan yang ingin Anda unduh.
  3. Klik ikon unduhan di bilah alat.
  4. Terjemahan atau Permintaan Anda kemudian akan diunduh ke perangkat Anda.

Nah, bagi Anda para pecinta Multi Bahasa, Google Berpesan untuk tidak berkecil hati,  karena layanan Google Translate berbasis web masih dapat digunakan dan masih banyak terdapat layanan serupa dari perusahaan lain di seluruh Dunia,  terlebih lagi saat ini sudah banyak beredar alat-alat penerjemah yang canggih. 

Mungkin dari Pihak Google sendiri memang ada pertimbangan khusus untuk menutup akses ke alat penerjemah yang paling mantap ini, karena terkait dengan hal yang dapat mempengaruhi kinerja Perusahaan sehingga kebijakan penghentian layanan Google Translator Toolkit ini harus segera dilaksanakan.

Memang terkadang Google suka bikin kejutan ya,  sampe kaget mimin dapat kabar dadakan seperti ini, padahal baru mau belajar bahasa Korea Dong ya :D



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

The Administrator!

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Dec 13, 2019, 1:41 AM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma