Google Ads Di Tahun 2020: Tips Efektif Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan

Google Ads Di Tahun 2020: Tips Efektif Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan

Untuk memperkuat kehadiran bisnis Anda secara online, Anda memerlukan Website dan Media Sosial yang mendukung. Itu artinya, Anda juga perlu melakukan pemasaran dan beriklan hingga menggunakan platform Google Ads secara efektif untuk menjaring lebih banyak pelanggan potensial secara online. Google ads adalah platform online yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa dunia, Google.

Ada banyak teknik yang bisa membantu untuk mengoptimalkan bisnis Anda melalui investasi periklanan Pay Per Click (PPC). Jika dilakukan dengan benar, hal ini dapat memberikan hasil yang optimal di AdWords dan Iklan Marketing di Media Sosial. Mari kita lihat beberapa data untuk Google Ads di Indonesia.

Kiat-Kiat untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan Lokal dari Google Ads

Mentarget Pelanggan Berdasarkan Lokasi

Anda harus menargetkan pelanggan berdasarkan lokasi, yaitu tempat dimana mereka saat ini tinggal. Nah, Google Ads memungkinkan Anda untuk menargetkan pelanggan dari bisnis Anda berdasarkan negara, negara bagian, kota, dan kode pos wilayah. Anda bisa menggunakan data CR untuk mengetahui lokasi pelanggan.

Konten iklan

Buatlah konten iklan khusus berdasarkan lokasi. Iklan yang relevan secara geografis tentu saja akan mendorong pelanggan untuk terkoneksi dengan bisnis Anda.

Skedul Iklan

Jadwalkan dan jalankan iklan Anda hanya saat bisnis Anda sedang buka. Bila tidak, Anda mungkin akan kehilangan kesempatan untuk mengubah Penelepon menjadi Pelanggan. Anda bisa menjalankan Google Ads selama jam kerja kerja.

Ramah ponsel (Mobile Friendly)

Riset menunjukkan bahwa hampir dari 75% konsumen, sehari-harinya mengunjungi bisnis yang berlokasi di dekatnya dengan menggunakan telepon seluler. Buatlah situs web yang ramah ponsel untuk meraih lebih  banyak pelanggan. 

Pajang No Kontak

Selalu pajang nomor kontak Anda di iklan. Ini akan mendorong audiens untuk terhubung dengan Anda. Fitur klik untuk menelpon juga dapat membantu secara signifikan. Selain itu, 70% orang menemukan bisnis langsung dari hasil pencarian. Dengan demikian, fitur ini akan membantu bisnis Anda.

Targetkan Audiens yang mirip

Anda dapat menarget ulang audiens lokal dengan menunjukkan kampanye iklan yang lebih relevan kepada mereka. Hal ini akan lebih mendorong mereka untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan bisnis Anda. Targetkan juga pemirsa atau audiens yang serupa dengan yang menghubungi bisnis Anda. Ini akan meningkatkan peluang terjadinya konversi penjualan.

Tujuan kampanye

Ujilah berbagai dari berbagai tujuan kampanye yang ditawarkan oleh pihak Google. Tetapkan tujuan pemasaran seperti kesadaran, pertimbangan atau konversi saat menyiapkan kampanye iklan. Kemudian, Anda dapat mengevaluasi hasilnya.

Call To Action

Pilih tombol ‘Call To Action’ untuk kampanye iklan Anda seperti mendaftar (sign up), unduh (download), belanja sekarang (shop now), panggil sekarang (call now), pelajari lebih lanjut (learn more) dan pesan sekarang. Fitur-fitur Call To Action tersebut akan mendorong audiens untuk mengambil tindakan seperti yang Anda harapkan.

Manfaatkan Data

Data dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan kampanye iklan Anda. Mereka menawarkan tentang hal-hal apa yang dapat mendorong terjadinya konversi penjualan. Langkah-langkah yang didorong oleh data akan sangat membantu dalam mengoptimalkan ROI iklan digital Anda. 

Analisalah

Bisnis yang menggunakan analitik panggilan dapat mengidentifikasi:

- Apa yang mendorong panggilan itu?

- Data penelepon

- Bandingkan nomor lokal vs nomor bebas pulsa

- Mengintegrasikan data panggilan dengan platform pemasaran dan iklan

- Mengukur panggilan dari sumber pemasaran ke penjualan.

Pelayanan Yang baik

Pengalaman personal dari pelanggan saat menghubungi bisnis Anda adalah data yang sangat penting. Layanan yang buruk terhadap pelanggan, panggilan tidak terjawab, waktu tunggu yang lama akan menjauhkan pelanggan potensial dari bisnis Anda. Karena itu, menghubungkan penelepon dengan Customer Service yang tepat dapat meningkatkan peluang konversi penjualan. 

Menganalisa Panggilan

Kontak, baik dari pelanggan maupun calon pelanggan adalah sinyal berharga untuk menentukan kata kunci (keywords) yang akan Anda gunakan. Selanjutnya, hal ini akan membantu Anda dalam meng-estimasi penawaran Anda dalam menargetkan audiens, membuat iklan terbaik dan menyampaikan pesan yang tepat diu halaman penjualan.

Kustomisasi

Kustomisasi iklan Google Anda dengan mendaftar ke akun Google Bisnisku untuk menempatkan bisnis Anda di Google Maps. Hal ini menawarkan akan menawarkan fleksibilitas tentang bagaimana tampilan iklan Anda, yaitu dengan menunjukkan lokasi bisnis tepat disamping iklan Anda.

Mana yang lebih baik, Iklan Google atau Iklan Facebook?

ROI

Jika Anda berbicara tentang kembalinya investasi atau modal, iklan Google dapat menjadi opsi yang menguntungkan. Bahkan, Google Ads bisa lebih efektif dalam hal ROI. Bisnis baru yang butuh untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan penjualan, kampanye iklan di Google dapat membantu Anda. Karena apa? Karena Google menawarkan pengembalian investasi atau modal yang lebih baik berdasarkan hasil penjualan.

Sebaliknya, iklan Facebook mungkin tidak menawarkan ROI langsung dalam bentuk uang. Jika Anda mengukur potensinya dalam jangka panjang, pengembaliannya jauh lebih lama. Namun, Iklan Facebook bisa menjadi pemikat bagi orang banyak.

Bagaimana mereka bekerja?

Secara umum, pengiklan (advertiser) di Iklan Facebook (Facebook Ads)  menjangkau audiens berdasarkan minat, perilaku, lokasi dan demografi. Di lain pihak, pengiklan (advertiser) iklan Google menargetkan audiens berdasarkan kata kunci (keyword) dan pencarian. Untuk mengetahui lebih dalam, mari kita telusuri perbedaannya.

Ukuran Pemirsa

Berdasarkan ukuran audiens, Facebook memiliki jangkauan yang lebih kecil, yaitu sekitar 1,45 miliar pengguna.

Sebaliknya, pencarian Google diperkirakan 3,50 miliar per hari.

Penargetan Audiens

Di Facebook, penargetan audiens dilakukan berdasarkan lokasi, minat, pemirsa khusus, demografi, perilaku, dan pemirsa serupa (lookalike audience).

Sedangkan, di Google Ads, penargetan dilakukan berdasarkan lokasi, kata kunci, perangkat, demografi, dan penargetan ulang pengunjung situs web Anda.

Hal terbaik apa yang dimiliki kedua platform?

Iklan Facebook dianggap terbaik untuk produk inovatif dan baru. Mereka membantu membangun kesadaran merek (brand awareness) dan menumbuh kembangkan audiens.

Di sisi lain, Iklan Google adalah yang terbaik untuk penjualan langsung. Mereka juga yang terbaik untuk menghasilkan niat beli yang tinggi pada produk dan layanan. 

Biaya Iklan

Biaya iklan Facebook cenderung lebih murah per klik nya dibandingkan dengan Iklan Google.

Dikenakan biaya lebih tinggi di Google Ads daripada Iklan Facebook.

Tujuan Membeli

Iklan Google selalu mengalahkan Iklan Facebook untuk tujuan membeli produk dan jasa.

Iklan Facebook menjadi kurang efektif untuk mendapatkan prospek untuk dikonversi secara cepat. Orang-orang menggunakan media sosial Facebook untuk bersosialisasi, bukan untuk berbelanja. Iklan Facebook baik untuk membangun kesadaran merek, bukan konversi langsung.

Format Iklan

Iklan Facebook menawarkan Anda untuk lebih banyak berkreativitas. Hal inilah yang membuatnya menjadi platform yang lebih baik untuk membangun kesadaran merek dan loyalitas merek.

Sedangkan di Google Ads, formatnya hanya terbatas pada teks.

Mana yang lebih baik?

Apa yang berhasil untuk bisnis yang satu mungkin tidak berhasil untuk yang lain. Terhubung dengan mereka yang berpengalaman dapat membantu untuk menganalisis berbagai platform iklan. Tentukan apa yang cocok untuk bisnis Anda. Ini akan membantu bisnis Anda untuk mencapai ROI yang lebih besar.

Yah, memang jawabannya tidak selalu sesederhana itu. Pilihannya tergantung pada berbagai faktor dan tujuan dari bisnis. Nilailah kampanye dari sudut pandang nilai ROI yang dibawa ke bisnis Anda.

Tip tambahan

Berinvestasilah selalu dalam berbagai kampanye iklan digital. Setelah menghasilkan konversi, Anda dapat membedakannya mereka menjadi calon prospek, kontak, pelanggan baru atau pelanggan tetap. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan tindakan mengoptimalkan apa yang paling cocok untuk bisnis Anda selanjutnya.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Content Writer, Copywriter, Internet & Affiliate Marketer di CaraBisnisOnline.Net

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 1, 2020, 10:51 PM - Darmoko Yuti Witanto
Jan 26, 2020, 3:11 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin