Fair Use adalah: Tidak ada Kata atau Kalimat SAKTI yang Bisa Membebaskan Diri dari Hak Cipta

Fair Use adalah: Tidak ada Kata atau Kalimat SAKTI yang Bisa Membebaskan Diri dari Hak Cipta

Begitu kata mbah Google di laman panduan bagi YouTuber. Kutipan tersebut sudah lama terngiang dan tentunya adalah sebuah pernyataan yang sangat masuk akal. Mengapa demikian? 

Banyak sekali para penulis, ataupun pemilik website maupun blog baik blogger maupun situs-situs besar, bahkan YouTuber sendiri belum "ngeh" dengan pesan singkat yang sangat krusial ini. Terlebih lagi ketika Kita menggunakan Gambar untuk artikel. 

Apa kaitannya dengan Kalimat Sakti yang dimaksud? 

Mungkin Anda pernah atau sering melihat sebuah bacaan yang menampilkan gambar tertentu kemudian di bawahnya ada tulisan sumber gambar di ambil dari bla bla bla.. 

Nah,  sebenarnya itu tidak masalah,  selama konten tersebut masih dalam kategori "Fair Use", artinya sudah sering dan umum digunakan serta penggunaannya masih dalam batas yang wajar. Namun tetap saja memiliki resiko di take down oleh pemilik aselinya, karena batas kewajaran ini tidak begitu jelas, apakah digunakan untuk apa, atau apalah gitu ya, yang jelas, besar maupun kecil tetap ada resikonya. 

Di negara kita mungkin belum ada regulasi tentang fair use, namun di Amrik sendiri sudah ada secara terperinci, Anda bisa membaca di halaman bantuan youtube untuk mempelajari hal ini lebih detail. 

Jadi meskipun Anda menuliskan sumber  dengan jelas baik itu dengan atau tanpa tautan, Anda tidak otomatis memiliki hak publikasi dari konten tersebut. 

Kalimat-kalimat sakti seperi: "Gambar Bukan Milik Penulis" atau "Sumber Asli" atau "Kredit Pemilik Asli" dan lain sebagainya tidaklah bisa membebaskan kita dari segala hak cipta yang dimiliki oleh pembuatnya, karena tanpa mengantongi izin langsung dari pemiliknya. Hal ini biasanya berlaku dimana saja,  di seluruh dunia.

Seperti misalnya Anda merekam siaran langsung di TV atau Radio, nah, hasil rekaman itu tidak boleh diupload kemanapun, baik itu youtube, media sosial, website dan lain sebagainya. Bahkan rekaman konser juga termasuk dalam hal ini, karena yang dianggap sebagai pemilik aselinya adalah yang sedang melakukan kegiatan itu sendiri, atau EO yang melaksanakannya.

Makanya kadang-kadang ada YouTuber atau Blogger yang merasa kaget, kok tiba-tiba akunnya dibanned, salah saya apa coba??? 

Nahhh, coba diingat-ingat lagi,  apakah pernah mengambil gambar, foto atau vidio di keramaian, di konser, live streaming dimana Anda adalah bukan resmi dari event organizer, atau foto wajah orang yang jelas dan tanpa sensor, mungkin itu yang dianggap tidak sesuai dengan kebijakan layanan. Sebab, memfoto orang lain yang tampak wajahnya, harus mendaptkan izin dari orang yang bersangkutan untuk Anda gunakan dalam hal publikasi di media manapun. 

Untuk itu disini para Penulis yang telah menerbitkan artikelnya dianggap mengirim Konten yang merupakan hasil karyanya sendiri, baik itu tulisan, gambar maupun gambar bergerak yang ditampilkan dan merupakan tanggung jawab penuh pemilik konten tersebut.

Content Scanner kami tentu memiliki keterbatasan, makanya ada tombol "report abuse" disetiap artikel, untuk memberikan kesempatan kepada para pembaca melaporkan jika ada konten yang melakukan pelanggaran. 

Rata-rata gambar disini adalah gambar umum, tanpa hak cipta, fair use ataupun sejenisnya, serta karya Anda sendiri.

Untuk menghindari penggunaan karya orang lain, sebaiknya gunakanlah hasil karya Anda sendiri, tidak begitu sulit membuat gambar, cukup gunakan kamera hp, jepret dan jadi deh hasil karya milik sendiri, tambahkan sedikit kata, atau judul artikel itu sendiri, gampang kan?

Atau kalau memang semalas-malasnya,  Anda masih bisa gunakan gambar umum yang telah disediakan oleh tim Kami, silahkan cek, linknya ada di dashboard Anda.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Ki Temurose - Feb 24, 2020, 8:17 AM - Add Reply

Sangat bermanfaat, bagi saya yang ingin menjadi penulis online di RackTicle.Com. Terimakasih.

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

The Administrator!

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma