Dampak Positif dan Negatif Akibat Virus Corona

Dampak Positif dan Negatif Akibat Virus Corona

Hai sobat semua, semakin kesini virus corona bukan hanya menjadi kekhawatiran semata, tapi juga sudah menjadi momok yang menakutkan, terlebih informasi tentang jumlah pasien virus corona yang semakin bertambah.

Berbagai media sudah membagikan langkah-langkah untuk pencegahan agar jumlah pasien yang terinfeksi virus corona tidak bertambah.

Membicarakan tentang dampak dari virus corona, pastinya yang terbayang adalah seputar kesehatan pada tubuh kita.

Namun, yang perlu kita tahu ternyata virus corona ini tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh manusia saja, tapi juga berdampak pada bidang ekonomi, otomotif dan lain-lain.

Untuk menambah pengetahuan kita bersama nih, di artikel ini saya akan coba merangkum beberapa dampak positif dan negatif dari virus corona baik yang terjadi di Indonesia maupun luar negeri.

Dampak positif? Memangnya virus corona yang menakutkan ini punya dampak positif? Ternyata ada guys.

Sebelum kita masuk di pembahasan dampak positif, Kita mulai dari dampak negatifnya dulu ya. Biar kamu makin penasaran sama dampak positif dari virus corona yang menakutkan ini.

Beberapa dampak negatif dari virus corona yang terjadi yaitu :

1. Pejabat China Dipecat.

Dilansir dari laman CNBC Indonesia, para pemimpin politik provinsi Hubei dan Wuhan dipecat, guys. Pemecatan ini dilakukan oleh pihak berwenang China. Dengan alasan, karena dianggap lalai dalam menjalankan tugas menangani wabah virus corona. Ya, seperti yang kita tahu ini, kalau virus corona itu wabah yang sedang merebak dan mengkhawatirkan seluruh masyarakat dunia yang pertama kalinya ditemukan di Wuhan, China.

2. Di Jepang, Libur Sekolah sampai April.

Kali ini libur sekolah bukan untuk liburan atau bersenang-senang guys. Lebih tepatnya untuk pencegahan penularan virus corona. Dilansir dari laman Kompas, Perdana Menteri Jepang meminta seluruh sekolah untuk tutup sampai awal April. Nah, sekolah yang tutup sementara ini berlaku untuk semua tingkatan karena wabah virus corona yang semakin meluas di Jepang.

3. Batalnya Pameran Tahunan Mobile World Congress Di Spanyol.

Kali ini masuk di bidang otomatif teman-teman. Dilansir dari laman CNBC Indonesia, MWC ( Mobile World Congress) awalnya itu direncanakan untuk digelar di Barcelona, Spanyol guys. Dan akan diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 24 sampai 27 Februari. Dan teman-teman pasti tahu alasannya, jelas dengan alasan yang masih sama. MWC dibatalkan karena khawatir akan menjadi jalur penyebaran virus corona. Logikanya, namanya pameran kan pastinya akan ada banyak pengunjung kan. Dan kita tidak bisa mengetahui apakah semua pengunjung pameran sehat semua ataukah ada yang terinfeksi. CEO GSMA menyatakan bahwa GSMA telah membatalkan MWC Barcelona 2020 karena kekhawatiran global mengenai wabah virus orona, kekhawatiran perjalanan dan keadaan lainnya, membuat GSMA tidak mungkin mengadakan acara tersebut. Intinya, demi untuk keselamatan dan kesehatan bersama guys, serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan adanya wabah ini.

4. IHSG Anjlok.

Apakah disini teman-teman ada yang nabung saham?. Bagi teman-teman yang punya saham, pasti menemui pemandangan yang kurang menyenangkan, karena tidak menghijau alias banyak yang merah. Jadi gini guys, dilansir dari laman Kata Data, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 12,72 % sejak awal tahun ini, salah satunya disebabkan oleh wabah virus corona. Sejak awal tahun hingga perdagangan pada tanggal 6 Maret 2020, tercatat ada 465 saham yang bergerak di zona merah. Duh, bikin deg-degan ya guys kalau lagi merah gini. Dan kamu tahu, hanya ada 88 saham yang berada di zona hijau. Bawaannya pengen nangis gitu. Tapi,tunggu dulu, menurut Sandiaga Uno, ini kesempatan selektif lho untuk membeli saham buat investor jangka panjang. Nah, muncul ide kan jadinya. Mungkin teman-teman yang berniat mau beli saham, ini kesempatan kalian.

5. Pariwisata di Indonesia Sepi.

Bidang pariwisata ini juga terkena dampaknya dari virus corona lho. Turis yang biasanya datang dari luar negeri, sekarang kan tidak bisa berkunjung untuk liburan ke Indonesia. Termasuk dari China karena pemerintah melarang warganya pergi ke luar negeri. Begitu juga di Indonesia kan, Indonesia memberhentikan penerbangan dari China dan menuju China. Dilansir dari laman Cermati, menurut Data dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), akibat larangan tersebut, turis China yang datang ke Indonesia, termasuk ke Bali dan Manado bekurang drastis dan sekarang hanya kurang dari 500 orang. Ya ini pastinya berpengaruh ke devisa guys.

Nah, sekarang kita menuju ke dampak positif virus corona. Wabah yang menyebar ke berbagai negara di dunia ini punya dampak positif ternyata.

Dampak positif dari virus corona diantaranya adalah :

1. Menjadikan Kita Hidup Sehat.

Semua orang pasti sudah menerapkan kebiasaan rajin mencuci tangan pakai sabun sekarang ini, dan pencegahan-pencegahan lain terhadap virus corona. Secara tidak langsung, kita semua menjalankan hidup sehat lho guys. Ngerasa gak? Kita jadi lebih rajin jaga kebersihan tubuh, dan kebersihan lingkungan, bahkan sampai dengan urusan soal makan nih. Yang biasanya suka makan apa aja yang penting enak, walaupun sebenernya kita udah tahu kalau itu bukan makanan yang sehat, sekarang sudah merubah pola makan menjadi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Eh satu lagi, lebih rajin olah raga juga, yang biasanya suka mager atau rebahan, dan jarang olah raga, sekarang lebih rajin buat olah raga untuk menjaga kesehatan tubuh. Bener kan? virus corona menjadikan kita punya kebiasaan baik yaitu hidup sehat.

2. Polusi Udara Turun Drastis

Dilansir dari laman Indozone, baru-baru ini media Ars Technica melaporkan bahwa kehadiran virus corona ini membuat level CO2 di Bumi berkurang sebanyak 100 juta ton dan mengalami penurunan emisi global sebesar 6 %. Hal ini disebabkan karena banyak aktivitas penerbangan dan pengapalan yang harus dibatalkan guys, jadinya CO2 yang dihasilkan dari kendaraan seperti pesawat dan kapal berkurang. Wow, udara menjadi lebih bersih dan segar berarti guys. Oh ya tambah lagi, warga di beberapa negara kan tidak diperbolehkan keluar rumah tuh, jadinya penggunaan kendaraan pribadi dan kendaraan umum juga akhir-akhir ini berkurang.

3. Wisatawan Domestik akan Lebih Banyak Berwisata di Indonesia

Virus corona ini mempunyai dampak yang positif di bidang pariwisata lho, padahal baru saja tadi kita bahas dampak negatifnya di bidang pariwisata yang ada pada point ke 5 diatas. Selain berdampak negatif, dampak postif dari virus corona pada bidang pariwisata adalah wisatawan domestik akan lebih banyak berwisata di Indonesia. Dilansir dari laman Merdeka, pendapat ini diutarakan oleh Ketua Umum APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia). Jadi, buat teman-teman yang suka travelling ke luar negeri, sekarang teman-teman menikmati dulu keindahan alam Indonesia, gak kalah cantik dari luar negeri. 

4. Lebih Rajin Berdo'a

Semenjak adanya virus corona, dibeberapa majlis diadakanya doa-doa untuk memohon diberikannya keselamatan dan kesehatan agar dijauhkan dari virus corona. Dan kamu pastinya saat beribadah, juga berdoa untuk dijauhkan dari virus corona juga kan? sebelum keluar rumah pun pakai masker dan berdoa dulu agar tidak tertular virus corona. Secara tidak langsung, menjadikan kita lebih rajin berdoa dan mengingat Sang Pencipta.

Nah, itu tadi teman-teman beberapa dampak positif dan negatif dari virus corona. Kalau dipikir-pikir, sesuatu yang negatifpun akan tetap ada sisi positifnya ya. Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan tentang dampak dari virus corona. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Jaga kesehatan ya.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 13, 2019, 1:41 AM - RackTicle Manager
Feb 19, 2020, 10:00 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma