Daftar Platform Blog Gratisan Terbaik dan Terpopuler di Tahun 2020

Daftar Platform Blog Gratisan Terbaik dan Terpopuler di Tahun 2020

Apakah singkatan dari blog? Blog itu adalah singkatan dari weblog. Yang namanya blog itu, bisa diakses oleh semua pengguna internet, namun juga ada yang dibatasi aksesnya. Di dalam blog ini dimuat aplikasi berupa tulisan, gambar atau video dalam bentuk sebuah postingan. 

Bagi Anda yang sering berselancar di internet tentu sering menjumpai yang namanya blog ini. Dan blog ini ada yang gratisan dan juga yang harus dibayar hosting domainnya. Biasanya sih, jika ingin gratisan aja, banyak yang menggunakan platform blogger. Dan jika ingin yang lebih profesional, biasanya beralih ke wordpress yang self hosting.

Nah, apa tujuannya membuat blog ini? Ada beragam tujuan seseorang membuat blog, diantaranya:

- Mendapatkan penghasilan via internet

Sudah menjadi rahasia umum jika internet bisa menghasilkan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Salah satu caranya dengan menggunakan blog. Biasanya dari sponsor iklan atau penjualan produk atau jasa. Tentu saja blognya harus dipromosikan dulu yaa..agar trafiknya berdatangan.

- Berbagi informasi

Kadangkala jika informasi itu disimpan sendiri rasanya gimana gitu...Nah jika Anda tipe orang yang suka berbagi informasi untuk kebaikan bersama, maka blog adalah sarana yang tepat. Anda dapat menulis berbagai tutorial  ilmu yang Anda pahami dan artikel Anda akan dibaca oleh banyak orang.

- Media silaturahmi

Biasanya blog menydiakan kolom untuk berkomentar terhadap artikel yang ditulis. Jika komentarnya itu sepaham dengan pemilik artikel, biasanya akan terjadi pertukaran komentar yang akrab dan biasanya akan saling lebih mengenal satu sama lain di media sosial.

- Diary

Ketika blog pertama kali muncul, blog ini lebih banyak dimanfaatkan untuk menulis kegiatan sehari-hari dari sang pemilik blog alias buku harian pribadi. Hanya bedanyanya, blog dapat diakses dimana saja.

- Sarana promosi pribadi

Blog sangat tepat sebagai media untuk membangun branding terhadap diri sang pemilik blog. Tulislah artikel mengenai diri sendiri dan juga artikel – artikel lainnya yang menunjukkan siapa pribadi Anda sebenarnya. Dan blog ini akan dibaca oleh banyak orang sehingga karakter sang pemilik blog akan menjadi terkenal.

Platform blog gratis adalah salah satu cara yang paling praktis jika Anda langsung ingin ngeblog tanpa harus repot dengan urusan domain dan hostingnya. Anda hanya fokus pada isi artikel yang akan anda publish di blog gratisan tersebut.

Menggunakan platform blog gratis, maka pengguna  dapat menulis berapa banyakpun kata yang ingin Anda curahkan pada artikel, bebas tanpa batasan jumlah karakter. Berbeda dengan media sosial yang lagi booming saat ini, dimana ada pembatasan jumlah karakter ketika anda mengupdate status Anda.

Meskipun namanya gratisan, tetapi Anda dipastikan memiliki perasaan yang sama jika Anda memiliki sebuah website berbayar,dalam hal memiliki sebuah situs sendiri. Intinya Anda mempunyai hasil karya yang akan bisa dibaca oleh semua orang di internet. Dan kabar baiknya, Anda dapat juga mempromosikan pekerjaan atau bisnis sehingga warganet dapat mengetahui siapa atau apa bisnis/jasa Anda.

Ada banyak opsi blog gratis yang dapat membantu Anda memulai blogging, dan beberapa platform blog gratisan terbaik dapat dilihat di bawah ini: 

1. Yola

Salah satu dari sekian banyak website gratis untuk pembuatan blog, tampilan navigasinya tidak begitu berbeda dengan weebly. Di platform Yola ini tata letak navigasinya fleksibel dan dipastikan aman dari serangan iklan pihak ketiga yang kadang kala sangat tidak sedap dipandang mata dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna.

Yola membatasi Anda hanya dapat memiliki dua situs dan tiga halaman web dengan paket gratisnya - tetapi sisi baiknya adalah penyimpanan dan bandwidth 1GB yang lumayan besar.

2. Blogger

Siapa yang tidak kenal dengan situs Blogger, merupakan layanan blog gratis dari Google. Anda tinggal masuk dengan ID Google  dan selanjutnya dalam hitungan detik Anda sudah dapat membuat blog dengan berbagai pilihan theme, selanjutnya Anda sudah bisa menulis artikel di blog yang baru.

Tapi satu hal yang harus diingat, karena ini blog gratisan dan yang punya kuasa adalah mbah Google, maka karena sesuatu dan lain sebab, maka blog gratis Anda bisa di tutup dengan tiba-tiba oleh si mbah. Jadi berhati-hatilah, jangan memuat posting di blog Anda yang melanggar peraturan dari Google.

Salah satu keunggulan dari blogger ini adalah Anda dapat melakukan setting CSS untuk mengatur tampilan blog. Untuk urusan tata letak menu navigasinya sudah bagus dan fleksibel.  

3. Joomla

Platform blog gratis Joomla sangat populer di komunitas blogging, terutama Software open sourcenya untuk CMS (Content Management System). Kuat dan fleksibel, Joomla dapat digunakan untuk membangun segala jenis situs web atau blog, dengan fitur desain termasuk fasilitas untuk membuat template Anda sendiri dan membuat HTML untuk objek / array data. Dan juga menggunakan Bootstrap untuk desain responsif yang lebih sempurna.

Tidak berbeda dengan WordPress.org, Joomla juga menyediakan layanan self-hosted, yang berarti Anda memerlukan nama domain dan hosting web untuk menggunakannya. Komunitas Joomla memang jauh lebih kecil dari komunitas WordPress, tetapi terdapat ratusan template yang bisa dipilih, termasuk ekstensi untuk menambahkan lebih banyak fitur, yang sepenuhnya disesuaikan dengan desain blog gratis Anda.

4. Wix

Jika Anda ingin memulai blogging dengan blog gratisan Anda, maka Wix layak untuk dipertimbangkan. Layanan website builder dengan sistem drag and drop ini menawarkan lebih dari 500 template desainer serta banyak fitur dan aplikasi tambahan, termasuk dengan layanan hosting top-grade sehingga Anda dapat yakin jika situs Anda akan selalu stand by pada  saat Anda membutuhkannya.

Wix memberikan fasilitas penyimpanan 500MB dan bandwidth 1GB dengan akun Wix gratis. Jika memerlukan lebih banyak fasilitas- plus fitur lain seperti domain sendiri, dan toko online serta Google Analytics, Anda dapat mencoba paket premiumnya.

5. Hubpages

Situs HubPages merupakan situs web content community yang berisikan artike-artikel berbahasa Inggris dengan berbagai  kategori yang dibuat oleh para anggotanya. Markas besar HubPages berada di San Francisco dan kunjungan trafik sebagian besar berasal dari Amerika Utara. HubPages tidak memberikan batasan untuk kewarganegaraan membernya dan mempersilakan penulis artikelnya dari berbagai negara  berpartisipasi mempublikasikan tulisan mereka.

HubPages didirikan oleh tiga serangkai, Paul Edmondson, Paul Deeds, dan Jay Reitz. HubPages merupakan kompetitor utama dari situs “Squidoo” yang lahir lebih awal, pendirinya adalah netpreneur terkemuka Seth Godin. Dalam perkembangannya memang kedua situs ini tampil sebagai dua besar website bergenre ”content community” atau merupakan situs web yang hampir seluruh artikelnya ditulis oleh komunitas penulis konten yang terdaftar sebagai anggotanya. Jika di Indonesia seperti halnya situs Rackticle.

6. Contentful

Tampilan Contentful sangat raoi, navigasi yang mudah, dan terlihat seperti WordPress. Tetapi harus diingat, Contentful bukan CMS. Namun pada platform Contentful ini, dapat melakukan semua yang dapat dilakukan CMS tradisional. Jadi, secara garis besarnya, Contentful merupakan Infrastruktur Konten.

Salah satu contoh adalah penggunaan API Images, selain dapat menggunakannya untuk memasukkan image ke dalam aplikasi, tetapi juga dapat menggunakannya untuk mengubah sizenya, memotong, mengubah warna latar belakang dan melakukan konversi ke berbagai format dengan cara terprogram. Ini merupakan salah satu contoh dimana web gratis Contentful ini memberi Anda akses ke fitur yang lebih lengkap daripada CMS tradisional.

Jika CMS adalah teknik lama dalam hal menampilkan konten, Contentful adalah teknik terbaru yang ramah terhadap pengguna. Dengan platform ini, pengguna dapat melakukan pengembangan aplikasi dan memvisualisasikannya sesuka Anda. 

Contentful memberikan solusi membuat website gratis dengan berbagai kemudahan.  Anda tidak perlu lagi maintenance situs, karena Contentful yang mengurus semua hal tersebut, sementara pengguna cukup fokus membangun sebuah situs yang mempunyai tampilan bagus dan menarik.

7. Jekyll

Platform blogging gratis lainnya adalah Jekyll, dimulai pada 2008, Jekyll disebut-sebut sebagai “generator situs statis yang sederhana”. Jekyll merupakan SSG (generator situs statis) paling terkenal, yang memiliki lebih dari 33 ribu bintang di GitHub, dikarenakan integrasinya yang erat dengan halaman GitHub.

Berbagai kelebihan Jekyll adalah merupakan mesin template yang sederhana dimana terdapat pilihan theme siap pakai yang banyak, tersedia berbagai lusinan plugin yang dibutuhkan oleh situs Anda, dan terintegrasi dengan halaman GitHub.

8. WordPress

Platform WordPress dulunya adalah platfrom aplikasi website untuk membuat blog. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan orang-orang akan internet, WordPress mengalami berbagai perubahan dan juga penambahan fitur yang saat ini bisa kita gunakan juga untuk membuat website bagi bermacam-macam keperluan.

Jadi kegunaan platform WordPress juga mengalami perubahan, tidak hanya sebatas membuat blog saja, namun dapat dimanfaatkan juga untuk membangun website statis, website untuk toko online, website profil bisnis, website properti, website kursus online, dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, bahwasanya WordPress itu ada dua jenis, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com dapat langsung mendapatkan akun dengan registrasi seperti halnya blogger sedangkan wordpress.org harus didownload terlebih dahulu, selanjutnya diinstal di self hosted.

Kedua platform, baik WordPress.com vs WordPress.org menjalankan perangkat lunak yang sama - perangkat lunak WordPress asli.

Namun, secara lebih teknisnya, WordPress.com menempatkan sejumlah mekanisme, antarmuka, dan batasan dalam pemakaiannya.

Pada saat sekarang ini,  segala setting yang tersedia untuk situs web WordPress.com merupakan hanya sebagian kecil saja dengan apa yang dapat dilakukan oleh suatu situs web yang self-hosted pada software WordPress.org.

Dengan WordPress.org, karena sepenuhnya open-source, Anda dapat mengubah settingan apapun di website Anda, mengubah tema, menginstal tema baru dari web, menginstal dan mengkonfigurasi plugin, menyewa seorang profesional untuk melakukan coding di situs Anda ( jika perlu), atau menulis kode khusus sendiri.

Singkatnya, dengan WordPress.com, Anda hanya dapat melakukan apa yang dapat dilakukan WordPress.com,  dan dengan WordPress.org, Anda dapat melakukan apa pun yang ingin Anda lakukan.

9. Tumblr

Tumblr merupakan platform blogging untuk individu, bisnis, dan merek. Dan juga berfungsi sebagai jaringan media sosial di mana pengguna dapat berbagi semua jenis konten: gambar, video, audio dan entri teks pendek.

Tumblr adalah platform blogging dan jejaring sosial yang memiliki lebih dari 131 juta blog dan menempati peringkat di 15 situs web teratas di Amerika Serikat. Tumblr memungkinkan individu dan organisasi berbagi apa saja dengan mudah. Posting teks, foto, kutipan, tautan, musik, dan video. Selain itu, organisasi dan individu dapat melakukan setting HTML profil mereka di Tumblr.

Tumblr memiliki beberapa fitur dan manfaat utama yang dapat sangat berguna bagi bisnis, terutama ketika terintegrasi dengan situs media sosial lainnya dan untuk proses optimasi search engine. Tumblr memberi manfaat sangat besar bagi SEO dan memberikan banyak manfaat lainnya bagi pengguna. Oleh karena itu, penggunaan Tumblr untuk bisnis merupakan pilihan yang tepat.

10. Medium

Evan Williams dan Biz Stone mendirikan platform blogging populer medium pada tahun 2012. Medium mempromosikan dirinya sebagai platform blogging di mana "semua orang memiliki cerita untuk dibagikan dan yang terbaik disampaikan langsung kepada Anda."

Anda dapat mendeskripsikan Medium seperti Twitter untuk long term content, dengan perbedaannya, Medium memiliki time line algoritmik yang akan memberi tahukan Anda cerita apa yang akan Anda minati.

11. Subrion 

Sebagai platform blogging gratis, Subrion menyediakan semua fasilitas dasar yang Anda perlukan untuk memulai blogging. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur halaman dan posting, dan itu termasuk editor teks yang bagus. Platform ini juga menawarkan fitur SEO bawaan, dan banyak fungsi lainnya.

Salah satu fitur Subrion yang paling menarik adalah fitur yang memungkinkan Anda mengelola subscriber untuk situs web Anda sejak awal. Itu artinya Anda dapat menggunakannya untuk membuat sebuah blog pribadi, misalnya, dan bahkan dapat memantau penghasilan Anda dari dashboard. Platform ini juga mendukung theme dan template, meskipun tidak menawarkan banyak opsi seperti halnya WordPress.

12. Weebly

Weebly merupakan salah satu platform blogging gratis yang sangat populer saat ini. Hal ini dikarenakan Weebly menawarkan beberapa kemudahan sebagai berikut:

  • Gratis, dengan ribuan template / desain yang dapat dipilih.
  • Sangat ramah untuk pemula alias easy beginner dengan editor situs drag and dropnya.
  • Dioptimalkan untuk semua jenis situs web.
  • Situs webnya mobile-friendly..
  • Dukungan dari komunitas yang cukup besar tersedia untuk membantu Anda melalui petualangan online Anda.

13. Postach

Platform blogging site ini menyatakan platformnya sebagai "easiest way to blog". Untuk membuat blog pribadi yang sederhana, terutama bagi mereka yang mencari platform blogging yang bebas gangguan untuk menulis, maka Postach sangat direkomendasikan. Postach adalah platform blogging minimalis yang terintegrasi dengan Evernote. Pada dasarnya, Evernote (aplikasi pencatatan), berfungsi sebagai Sistem Manajemen Konten (CMS) untuk Postach dan Anda dapat menerbitkan artikel langsung dari sana. 

14. Pen

Platform yang satu ini agak berbeda dengan yang lainnya, tidak dibutuhkan login seperti biasanya, sebagai gantinya, Anda harus menentukan URL untuk sebuah posting dan mengatur kata sandinya. Gambar dapat didrag and drop, dan Anda dapat membuat posting multi-halaman menggunakan tag. 

15. SilverStripe

SilverStripe adalah platform blog gratis yang mungkin belum pernah Anda dengar, CMS sederhana dengan potensi besar ke depannya, sangat layak untuk dipertimbangkan. Tetapi mungkin layak untuk dilihat. Sistem open source CMS nya dan framework yang fleksibel, seperti yang pengguna harapkan, digunakan untuk membuat dan memelihara situs web dan aplikasi web. 

Fitur-fitur utama termasuk panel administrasi berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk melakukan modifikasi pada bagian-bagian situs web, yang mencakup editor situs web WYSIWYG, pengeditan teks, penyisipan cepat video dan struktur navigasi berbasis drag and drop tree.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin