CTM Sebagai Pengganti Obat Tidur! Apakah Aman?

CTM Sebagai Pengganti Obat Tidur! Apakah Aman?

CTM atau klorfeniramin adalah salah satu obat yang sering digunakan masarakat luas untuk mengobati reaksi alergi, karena harganya yang murah dan juga mudah didapatkan di Apotek atau warung-warung terdekat. Selain sebagai obat alergi ternyata CTM juga bisa digunakan untuk menggobati rhinitis, pilek atau alergi saluran pernafasan yang lainya. CTM adalah salah satu obat yang memiliki kandungan antihistamin, sedangkan antihistamin sendiri berfungsi sebagai penghambat kerja histamin yang dapat menimbulkan reaksi alergi dalam tubuh kita.

Membuat ngantuk adalah salah satu efek samping bila kita mengkonsumsi CTM, karna efek inilah masgarakat sering menggunakanya sebagai obat tidur. Menggunakan CTM sebagai obat tidur bukanlah sesuatu yang dianjurkan. Bagaimana kalau kita terlanjur mengkonsumsi CTM untuk obat tidur? Apakah berbahaya mengkonsumsi CTM untuk obat tidur?

Meskipun sebagian besar obat tidur memiliki kandungan antihistamin (kandungan pada CTM), tapi menggunakan CTM sebagai obat tidur tidak dianjurkan karena semakin sering kita menggunakan CTM sebagai Obat tidur semakin kecil kemungkinan efek tersebut bekerja dengan maksimal. Hal ini bisa terjadi karena toleransi tubuh terhadap efek seduktif ( membuat kantuk dan menenangkan ) dari antihistamin berkembang dengan sangat cepat. Akibatnya anda harus mengkonsumsi CTM dengan dosis yang lebih banyak  untuk bisa merasakan efek seduktif tersebut.

Batas penggunaan maksimal CTM untuk orang dewasa dalam satu hari adalah 24 mg/hari dan dosis untuk sekali minum adalah 4mg/hari. Jika tetap mengkonsumsi CTM dengan melebihi jumlah yang telah ditentukan maka akan menimbulkan efek samping yang sangat merugikan bagi tubuh.

Inilah beberapa efek samping tersebut:

  • Merasa Gelisah
  • Pusing
  • Mulut, tenggorokan dan hidung kering
  • Sembelit
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Detak jantung jadi cepat dan tidak beraturan
  • Perasaan hati jadi tidak tenang
  • Kejang atau Tremor
  • Tubuh jadi mudah berdarah
  • Sesak napas
  • Jarang buang air kecil atau air kencing menjadi sedikit

Bila efek samping diatas sudah anda rasakan setelah mengkonsumsi CTM, maka segera periksakan tubuh anda ke dokter.

Gaya hidup yang salah adalah salah satu penyebab ganguan tidur yang sering kita alami. Meminum kopi terlalu banyak sebelum tidur atau keterlambatan waktu tidur dari jam biasanya juga bisa mempengaruhinya. Maka jangan terlalu cepat meminum obat tidur. Anda sebaiknya konsultasi dengan dokter bila masalah ganguan tidur yang anda alami sering terjadi dan menggangu aktifitas anda.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma