Cobain Tips ini, Agar Belajarmu Efektif

Cobain Tips ini, Agar Belajarmu Efektif

Mendengar kata belajar, kebanyakan dari kita akan langsung teringat buku-buku tebal, papan tulis, tugas kelompok, hingga pekerjaan rumah. Nah, biasanya para pelajar tidak terlalu suka membaca buku pelajaran yang tebal karena alasan pusing. Padahal, belajar itu sebenarnya menyenangkan, jika kita menemukan cara belajar yang cocok dengan kita.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan semangat belajar kalian. Yuk, disimak!

1.       TEMUKAN CARA BELAJAR YANG KALIAN SUKAI

Untuk teman-teman pelajar yang sering merasa bosan dan sulit memahami materi saat kegiatan belajar, mungkin kalian belum menemukan cara belajar yang cocok untuk kalian. Ada banyak cara belajar yang bisa kalian coba, seperti belajar melalui video animasi, video penjelasan, gambar, dan lainnya. Atau bisa dengan cara mendengarkan musik saat belajar. Cobalah beberapa cara tersebut dan temukan cara belajar yang nyaman untuk kalian. *saat mendengar musik, usahakan tidak memilih musik dengan tempo yang cepat karena dapat mengganggu konsentrasi belajar kalian.

2.       KUMPULKAN NIAT UNTUK BELAJAR

Setelah menemukan cara belajar yang disukai, sekarang waktunya kalian untuk mengumpulkan niat belajar. Terdengar sepele mungkin, namun hal ini ternyata sulit untuk dilakukan. Agar memiliki semangat, tentu kita harus memiliki niat. Nah, untuk mengumpulkan niat belajar bisa dilakukan dengan mendorong diri sendiri. Katakan hal-hal seperti, “Ayo, semangat belajar! Supaya bisa masuk ke sekolah/ universitas tujuan.”, “Aku  ingin nilai baik pada semester ini. Aku harus belajar!”, “Banggakan orang tua dengan belajar yang rajin!”. Kata-kata seperti itu ampuh untuk memacu diri dan mengumpulkan niat belajar kita.

3.       SIAPKAN KEBUTUHAN YANG DIPERLUKAN

Niat sudah terkumpul? Waktunya menyiapkan peralatan tempur! Dalam belajar kita juga memerlukan alat tempur. Bedanya, bukan alat tempur seperti senjata api melainkan alat tempur berupa alat tulis, buku, dan lainnya. Kalian juga bisa menyiapkan kebutuhan lain sebagai penunjang kegiatan pelajar kalian. Mungkin air putih dan beberapa makanan ringan sebagai selingan waktu belajar. Namun, jangan sampai terlena dengan kebutuhan penunjangnya, yaa!

4.       CARI TEMPAT DAN WAKTU YANG NYAMAN

Yup! Waktu dan tempat ini juga turut andil lho dalam meningkatkan semangat belajar kalian. Bayangkan jika kalian belajar di tempat yang gelap dan sirkulasi udara tidak memadai, pasti terasa sesak dan tidak memungkinkan kita untuk belajar. Carilah tempat belajar yang nyaman, terang, dan sirkulasi udara yang baik. Seperti perpustakaan atau kamar pribadi kalian. Usahakan tidak belajar di tempat umum, seperti cafe, restoran, taman kota, dll. Selain karena bising, pencahayaan di tempat umum cenderung terlalu terang dan silau serta udara yang tidak bersih. Tentu kalian tidak ingin belajar di tempat seperti itu, kan?

Jadi itulah beberapa tips untuk meningkatkan semangat belajar kalian. Yuk, dicoba dan semoga berhasil!



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma