Ceritaku Mengenal Platform Rackticle

Ceritaku Mengenal Platform Rackticle

assalamualaikum

Halo sahabat rackticle! :)

Sebelum meninggalkan banyak catatan yang akan aku coret-coret di rackticle ini, dengan hormat aku ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. hihi.. Kenalin, Aku Nabila, usia 23 tahun lebih 6 bulan. Awal mula aku tahu bahwa ada platform seperti ini berkat dari postingan adik tingkat di whatsapp status. Dia membagikan artikelnya tentang kiat sukses SBMPTN. Entah mengapa secara tidak sengaja jemari ini mengeklik laman tersebut, padahal biasanya kalo ada orang yang share link, selalu aku abaikan. Tapi kali ini tidak! Baik, karena sudah ter-klik, aku mulai kepo dengan apa yang dia tulis.

Jujur, aku malah salah fokus dengan tampilan platform ini. Tampilannya yang simple membuatku tertarik untuk membuka rackticle lebih detail. Setelah membaca artikel dia, lanjut aku menjelajahi beberapa artikel milik orang lain yang tersemat di beranda trending topik. wah! aku speechless sekali! Artikel ini menyediakan berbagai kategori sesuai dengan keinginan penulis. Jujur aku senang sekali akhirnya menemukan platform yang membuatku bergairah untuk kembali menulis. Maa syaa Allah tabarakallah!

Sebenarnya aku sudah mulai suka menulis sejak SMP. Menulis di buku kemudian aku salin di laptop. Ketika aku suka menulis langsung di laptop dan menyimpannya dalam banyak file, ternyata seru juga loh. Rasanya seperti menemukan tempat ternyaman untuk menceritakan sesuatu, apapun itu. Kemudian ketika SMA, aku masih rajin menulis. Akhirnya aku iseng untuk membuat akun website X, rasanya seru banget karena dapat dilihat oleh beberapa viewers.

Saat itu aku tidak tahu bagaimana cara meningkatkan viewers meskipun ceritaku mungkin memang tidak menarik. Tapi sungguh, disana aku seperti tidak punya sahabat pena dan seperti aku saja yang hidup di website itu. Mungkin beberapa orang akan mengunjungi jika artikelku masuk dalam kategori yang sering dikunjungi. Selain itu, aku benar-benar kurang paham bagaimana cara mengoperasikan website tersebut. Mungkin sistem yang kurang transparan, jadinya aku nggak ngerti cara mainnya seperti apa.

Kedua, aku sempat memiliki platform yang sangat menarik dan berkesan. Platform tersebut mungkin hampir sama dengan platform ini, sama-sama platform berbayar. Tapi,,, ada tapi nya ya.. aku tahu kok setiap platform diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Jadi, di platform tersebut aku benar-benar sangat nyaman sekali menulis. Platform tersebut seperti kita main di media sosial. Selain bisa menulis, kita juga bisa berkomunikasi dengan para penggunanya.

Hal yang membuatku terkesan adalah selain berbayar, ia juga memberikan label favorit atau katakanlah karya kita bisa masuk trending topik bagi siapa saja yang menciptakan artikel menarik. Kategori penulisannya pun juga banyak, jadi semua penulis bebas mengekspresikan pikiran kreatif mereka. Ini hanya cerita ya, platform itu memang sangat berkesan bagiku karena mungkin pengalaman pertama memiliki platform yang sangat menyenangkan. Tapi aku yakin kok, disini pasti bakalan menyenangkan juga :)

Sayangnya, ada beberapa problem yang sedang menimpa platform itu. Sepertinya problem tersebut agak kompleks diantara para admin dan beberapa orang kepercayaan platform tersebut. Kurang lebihnya jika aku tidak salah ingat adalah platform itu sudah memberikan peraturan ketat terhadap semua penggunanya untuk tidak mempromosikan produk atau karya apapun dalam bentuk artikel karena sudah disediakan marketplace tersendiri sebagai wadah promosi.

Namun, ada salah seorang pengguna yang juga menjadi kepercayaan platform itu sedang meluncurkan buku terbitan terbaru dan ingin dijajakan disana. Mungkin hal itu yang memicu iri para pengguna lainnya. Saat itu suasana benar-benar memanas, hingga akhirnya platform beserta admin memutuskan untuk menutup sementara website tersebut. Benar-benar tidak bisa diakses sama sekali, selama lebih dari setengah tahun.

Sedihku luar biasa saat itu, karena ada banyak sekali artikel hasil karyaku sendiri masih tertinggal disana. Rasanya kayak kalian komitmen (jaman sekarang boomingnya pake "komitmen"), udah jatuh cinta sama pasangan tapi tiba-tiba si lawan kita minta udahan. Terus pergi dengan meninggalkan banyak pertanyaan dipikiran, "berharap kapan kamu akan kembali?". Kurang lebihnya seperti itu, sampai setiap hari buka tutup platform hanya untuk cek, apakah sudah kembali normal.

Berbulan-bulan aku sampai tidak bisa move on dan memutuskan untuk berhenti menulis sementara waktu. Mungkin hati dan pikiranku menolak menulis karena wadah ternyaman untuk menuangkan pikiran juga memutuskan untuk menarik diri dari dunia internet. Yah, hasil akhirnya seperti ini. TUMPUL sudah otak ini untuk mengasah kata-kata. Makanya kagok banget rasanya mau menulis lagi. Tapi masih beruntung, hati dan pikiran ini masih mau diajak move on.

Sembari menunggu platform itu berjanji akan dibuka kembali, aku memutuskan untuk menjelajah suatu platform lain lagi yang aku tidak tahu itu berbayar atau tidak. Berbayar atau tidak pun aku tidak peduli sebenarnya, aku hanya mempedulikan kenyamananku mencari wadah baru untuk menulis. Hasilnya tidak memuaskan sama sekali. Bayangin, aku yang gak suka tentang bahasan politik, tapi di beranda platform hampir semuanya bahas politik. Berat banget!

Sebenarnya tampilan di platform tersebut lumayan baik, para pengguna platfom pun juga nampak transparan. Nyata dan karya mereka benar-benar dipublikasi real. Beda dengan website pertama yang aku jelaskan tadi diatas. Tapi yang membuatku kurang nyaman ya itu, bahasannya politik melulu meskipun banyak kategori artikel selain politik. Mungkin karena masih dalam masa penyesuaian di platform itu jadinya emang agak kaget dengan peraturan dan juga tampilannya.

Semua dapat dikembalikan ke awal pembahasan, setiap platform memiliki kelebihan, kekurangan, dan kebijakan masing-masing. Aku tidak bermaksud untuk membandingkan tiga platform yang sudah kujelajahi diatas. Ini hanya ceritaku, cerita singkat yang ternyata jadinya panjang. Bagi penikmat kata-kata, bagi yang suka menulis dan membaca, platform rackticle ini bener-bener wajib dicoba dan didukung. Semoga kedepannya aku dapat memberikan kontribusi yang baik untuk terus menulis disini.

Menulis itu mudah, konsisten untuk menulis yang penuh perjuangan luar biasa. Bagaimana kita harus memerangi rasa malas dalam diri, bagaimana kita harus memilih dan memilah kata-kata yang tepat untuk setiap kalimat yang akan kita curahkan. Menulis itu menurutku adalah sebuah kesenangan karena otak bisa bekerja dengan baik antara melihat, berpikir, dan menulis. Ketika sudah muncul sebuah ide untuk menulis, kita tinggal menyiapkan wadah untuk menampung semua tulisan kita.

Syukur jika platform yang mau menerima tulisan kita bisa memiliki benefit dengan artikel berbayar seperti ini. Rasanya benar-benar dua kali lebih menyenangkan. Disisi kita suka dengan menulis, apa yang kita suka juga bisa menghasilkan benefit. Makanya, nggak heran jika konten kreator di youtube memiliki ide-ide kreatif sesuai dengan apa yang mereka suka, sesuai dengan passion mereka, dan ketika apa yang mereka suka memiliki benefit, mereka lebih semangat menciptakan karya-karya yang fresh dan baru :)

 

Oke, sekian ya cuitanku di platform rackticle ini. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Rianda Prayoga - Feb 17, 2020, 12:54 PM - Add Reply

Ooh.. Jadi begitu ya sebab platform sebelah itu tutup. Platform yg lebih mirip sosmed

You must be logged in to post a comment.
_ - Feb 17, 2020, 2:35 PM - Add Reply

desas-desusnya kayak gitu bang. sayang banget sih, dulunya rame tapi sekarang jadi sepi karena hilangnya kepercayaan dari penggunanya.. tapi ya itu, semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing

You must be logged in to post a comment.
Rianda Prayoga - Feb 19, 2020, 10:05 AM - Add Reply

Aku kira dulu karena alasan finansial gitu. Iya benar, ada kurang dan lebihnya semua

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
_
_

-

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 12:28 AM - Adre Zaif Rachman