Cara Terjitu Menyembuhkan Sakit Kepala dengan Cepat

Cara Terjitu Menyembuhkan Sakit Kepala dengan Cepat

Ketika sakit kepala datang menyerang maka yang pasti akan kita lakukan adalah berhenti dari segala aktifitas. Tidak anda keinginan lagi untuk menyelesaikan pekerjaan karena pusat saraf kita sedang digedor palu antah berantah bikin pusing tujuh keliling.

Sakit kepala adalah salah satu bentuk nyeri kronis yang paling umum (masalah kedua setelah punggung). Siapa pun yang menderita sakit kepala yang hebat - terutama migrain – akan mengerti betapa sulitnya mengemudi, bekerja, dan bahkan bercakap-cakap saat kepala sedang berdenyut kencang.

Tetapi ketika sakit kepala menyerang, kita tidak dapat melakukan lebih dari sekadar istirahat di tempat tidur dan menunggu sampai sakit kepala itu hilang dengan sendirinya, iya... jika sakit kepalanya benar-benar hilang, bagaimana jika menetap di kepala kita dengan nyamannya... gawat kan?

Jadi bagaimana solusinya, tentu saja, kita harus melakukan perawatan sakit kepala secara efektif dan cepat dalam menurunkan denyut di kepala yang menghentak-hentak tak karuan.

1. Pengobatan sakit kepala dengan menggunakan obat-obatan.

Hampir semua obat over- the- counter (OTC) untuk penghilang rasa sakit (bebas resep) dapat memberikan pengobatan cepat untuk sakit kepala non-migrain, juga dikenal sebagai ketegangan sakit kepala, kata Jack M. Rozental, MD, PhD, seorang spesialis migrain di Northwestern Memorial Hospital di Chicago.

Obat-obatan yang hanya mengandung satu obat (acetaminophen, ibuprofen, naproxen, atau aspirin) adalah pengobatan sakit kepala yang efektif, katanya, seperti yang termasuk dalam kombinasi aspirin, acetaminophen, dan kafein.

Bagi mereka yang menderita sakit kepala yang sering atau berulang, dokter kadang-kadang merekomendasikan dosis resep obat anti inflamasi non steroid (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen. Indometasin, NSAID yang hanya tersedia dengan resep, "biasanya digunakan untuk radang sendi, tetapi juga bisa sangat berguna sebagai pengobatan sakit kepala," kata Dr. Rozental. "Kelemahan indometasin adalah obat yang paling mungkin menyebabkan iritasi lambung," termasuk tukak lambung dan pendarahan.

Obat-obat resep berikut ini terkadang digunakan untuk mengobati sakit kepala migrain:

Butalbital, barbiturat yang sering digunakan dengan kombinasi bersama acetaminophen, kafein, aspirin, dan /atau kodein

Narkotika, seperti oxycodone, hydrocodone, hydromorphone, atau codeine

Butorphanol, semprotan narkotika

Tramadol

Sayangnya, risiko dari obat-obat resep ini adalah bahwa obata-obatan tersebut dapat menyebabkan penyalahgunaan dan ketergantungan obat. Dan tentu saja kita tidak menginginkannya, bukan? Butorphanol, khususnya, "harus dihindari karena kecenderungannya yang sangat tinggi untuk menyebabkan ketergantungan bahkan setelah penggunaan dilakukan sampai batas minimal.

Sering menggunakan obat pereda nyeri, termasuk obat OTC, juga dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai rebound atau sakit kepala yang terindikasi terlalu banyak minum obat.

Untuk mengobati sakit kepala jenis ini, semua obat penghilang rasa sakit harus dihentikan setidaknya selama tiga bulan. Jika anda secara konsisten mengonsumsi obat-obatan OTC dalam dosis besar untuk mengobati sakit kepala berulang, bicarakan dengan dokter tentang gejala anda tersebut.

2. Perawatan Sakit Kepala: Kiat untuk Mengatasinya

Untungnya, banyak keluhan sakit kepala dapat dikurangi setidaknya sebagian tanpa harus menggunakan obat, yang akan membantu meminimalkan kebutuhan anda akan obat penghilang rasa sakit dan mengurangi risiko anda mengalami sakit kepala. Penggunaan obat-obatan sakit kepala dalam jangka panjang tentu beresiko kurang baik bagi tubuh kita.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan sakit kepala:

- Tutup matamu dan istirahatlah.

Ini adalah perawatan sakit kepala yang paling efektif untuk sakit kepala migrain, dan dapat membantu meredakan ketegangan sakit kepala juga. Duduklah di ruangan yang tenang dan gelap dengan mata tertutup dan rileks sebentar. "Pasien dengan migrain secara naluriah mencari lingkungan yang gelap dan tenang di mana mereka dapat tidur setidaknya selama beberapa jam," kata Rozental. Ketika dalam kondisi tidur, maka akan terjadi pengurangan rasa sakit pada kepala.

- Pijat leher dan pelipis.

Menggosok leher dan pelipis dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan sakit kepala karena tegang.

- Kendurkan tekanan pada kulit kepala anda

Jika kuncir kuda rambut anda terlalu kencang, hal itu bisa juga menyebabkan sakit kepala. Dalam kasus sakit kepala ini, tekanan eksternal juga dapat disebabkan oleh mengenakan topi, ikat kepala, atau bahkan berenang  dengan menggunakan kacamata yang terlalu ketat.

- Cobalah untuk tidak mengunyah

Mengunyah permen karet bisa menimbulkan sakit bukan hanya pada rahang, tetapi juga kepala. Hal yang sama berlaku ketika mengunyah kuku, bibir, bagian dalam pipi, atau benda-benda keras lainnya seperti pulpen.

Hindari makanan yang renyah dan lengket, dan jika anda memakannya juga, pastikan hanya mengunyahnya dengan perlahan saja.

- Lakukan pemanasan pada leher.

Coba letakkan bantal pemanas atau kain hangat di sekitar leher dan pangkal tengkorak untuk meredakan ketegangan sakit kepala. Jika itu tidak membantu, anda dapat menggunakan kompres es sebagai gantinya untuk melihat apakah itu dapat meringankan sakit kepala anda.

- Bersantai.

Bermeditasi, bernapas dalam-dalam, dan mencoba memvisualisasikan gambar yang bernuansa damai. Berbagai teknik relaksasi dapat secara signifikan membantu pasien yang menderita sakit kepala karena 'kontraksi otot'.

- Minimalkan stres.

Jika anda memiliki sakit kepala yang buruk, cobalah untuk menjauhi dari apa yang namanya stres, secara harfiah. Hindari lingkungan yang bising, tinggalkan pekerjaan sedikit lebih awal jika anda bisa, atau minta pasangan anda untuk mengurus pekerjaan rumah atau masalah anak-anak.

- Perhatikan apa yang dimakan dan yang diminum.

Apa yang dimasukkan ke dalam tubuh dapat berdampak besar pada sakit kepala anda. Sangat disarankan untuk membatasi konsumsi alkohol serta menghindari rokok. Urusan makan dengan pola yang teratur juga merupakan hal yang penting, terutama bagi orang yang sakit kepala karena gula darah rendah. "Jangan melewatkan makan, terutama sarapan,". Pusing karena gula darah rendah bisa berakibat pingsan karena tubuh sudah kehilangan energi.

- Konsumsi sedikit kafein

Usahakanlah untuk meminum teh, kopi, atau sesuatu dengan sedikit kafein di dalamnya. Jika mengkonsumsinya pada awal anda menderita sakit kepala, maka hal itu bisa meringankan sakit kepala anda. Hanya saja, jangan minum terlalu banyak karena konsumsi kafein berlebih dapat menyebabkan jenis sakit kepala yang lain.

Sakit kepala tentu dapat menunda segala aktivitas sampai kita merasa lebih baik, tetapi dengan mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat maka dapat membantu anda merasa lebih baik dengan lebih cepat. 

Alih-alih berjalan sempoyongan sepanjang hari dengan sakit kepala, luangkan waktu untuk merawat diri sendiri. Dengan minum obat bisa memang bisa membuat kepala anda berhenti berdenyut, tetapi sedikit relaksasi dan memberikan waktu untuk diri sendiri juga bisa membantu meringankan sakit kepala. Dan jika memang dibutuhkan, kombinasikan antara obat-obat dan teknik relaksasi untuk hasil optimal.

Dan ingat, seperti halnya iklan di televisi atau radio, jangan segan untuk pergi ke dokter ya, jika gejala sakit kepalanya terus berkelanjutan, dikhawatirkan sakit kepala yang menyerang diakibatkan oleh penyakit tertentu yang harus melalui diagnosis dokter. Tetap sehat dan bersemangat !



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma