Cara Terbaik Memulai Hidup di Tahun Baru 2020 dengan Lebih Bersemangat

Cara Terbaik Memulai Hidup di Tahun Baru 2020 dengan Lebih Bersemangat

Setelah Anda merayakan Malam Tahun Baru, saatnya untuk mengisi Tahun Baru itu! Ya..Tahun Baru 2020 telah menanti anda. Jika Anda mencari cara untuk memulai tahun baru dengan suasana yang fresh nan damai, maka saatnya untuk memperimbangkan penampilan Anda, merapikan hidup Anda, dan menetapkan tujuan dan niat. Anda dapat melakukan hal-hal seperti memotong rambut, menyumbangkan pakaian yang tidak dipakai, memulai latihan rutin, atau melakukan kegiatan amal.

Memiliki jadwal juga penting bagi Anda untuk membantu tetap dalam tugas dengan target pencapaian yang  lebih banyak, memiliki hari yang terorganisir, dan tetap positif dalam berpikir juga dapat membantu Anda merasa bahagia dan biasanya menyebar ke orang disekitar Anda sehingga mereka merasakan kebahagiaan yang sama. Perubahan kecil dapat memengaruhi orang-orang di sekitar Anda secara positif, jadi pilihlah perubahan kecil tersebut dengan bijak.

Apa pun pendekatan yang Anda sukai, sangat bagus untuk memulai tahun baru dengan perasaan segar dan fokus, sehingga Anda siap untuk mengisi tahun baru 2020 ini.

1. Memperindah Penampilan

1.1 Dapatkan potongan rambut terkini untuk menjadikan wajah anda menjadi lebih kelihatan segar.

Jadwalkan janji temu dengan stylist Anda di awal tahun baru. Anda bisa menggunakan gaya rambut baru yang berani dan modist untuk tampilan yang sama sekali berbeda. Dengan cara ini, Anda akan merasa berpenampilan stylist untuk mengisi tahun baru ini.

Misalnya, jika memiliki rambut lurus dan panjang, pertimbangkan memotongnya sebahu dan tambahkan beberapa lapis. Jika anda biasa berambut tebal dan gondrong, cobalah dengan gaya rambut army atau semi army untuk mode rambut tahun ini.

Jika  memiliki gaya rambut pendek, pertimbangkan memotong sisi yang lebih pendek untuk perubahan yang soft saja. Misalnya, jika memiliki potongan pixie, maka bisa membuatnya lebih pendek.

1.2 Mencoba sesuatu yang baru dari segi penampilan.

Melakukan sesuatu yang baru dengan penampilan baru dapat membantu meningkatkan percaya diri saat memasuki tahun baru. Anda dapat melakukan hal-hal seperti melakukan perubahan dengan warna bibir yang lebih berani, menindik wajah tapi jangan terlalu berlebihan, atau merubah gaya kacamata saat ini. Sesuaikan gaya dengan anggaran, dan dapatkan sesuatu yang baru! Ingat ya..jangan sampai dompet menjadi lubang karena mania dengan gaya..sekali lagi..disesuaikan..!

Anda juga bisa mewarnai rambut dengan warna cerah, berbelanja pakaian baru, atau membeli sepasang sepatu baru.

1.3 Mulai rutinitas kebugaran.

Pikirkan kesehatan saat ini dan target keseluruhan kebugaran tubuh Anda, dan buat rencana untuk meningkatkan kesehatan berdasarkan lokasi di mana Anda berada. Misalnya, dapat mulai berjalan kaki 20 menit setelah bekerja setiap hari, atau dapat berlatih lari maraton pada hari-hari yang tidak terlalu panas. Mulailah dengan pola yang sederhana dan bertahap sehingga dapat tetap dengan tujuan utama. 

Carilah pusat kebugaran di sekitar lokasi tempat tinggal dan mulai berolahraga 3 kali seminggu. Berjalanlah di atas treadmill selama 20 menit setiap kali memulai.

2. Mengubah Sikap Anda

2.1. Berlatihlah bersyukur setiap hari untuk mengisi hidup dengan kebaikan.

Berlatih bersyukur dapat meningkatkan suasana hati  secara keseluruhan dan meningkatkan target pencapaian hidup Anda. Setiap hari sebelum tidur, tuliskan 3 hal yang Anda syukuri. Selain itu, ungkapkan rasa terima kasih Anda kepada orang-orang dalam hidup Anda dengan memberi tahu mereka bahwa Anda sangat menghargai mereka. 

2.2. Menegaskan sikap positif dalam rutinitas harian Anda.

Penegasan sikap positif merujuk pada kalimat pendek dan sederhana yang dapat Anda gunakan sebagai pengingat sepanjang hari. Dengan menegaskan sikap positif, dapat meningkatkan harga diri dari waktu ke waktu, dan hal ini sangat membantu ketika memulai tahun baru. 

Penegasan sikap positif ini dapat diungkapkan dengan satu frasa , seperti "Saya layak," atau "Saya mampu menghadapi tantangan." Katakan pada diri sendiri hal pertama ini di pagi hari dan sepanjang hari saat Anda mulai dalam kebimbangan.

2.3. Lakukan kebaikan secara acak sesering mungkin.

Tindakan kebaikan secara acak adalah tindakan kecil, disengaja, yang dilakukan untuk membawa kebahagiaan pada orang lain. Lakukan tindakan ini tanpa mengharapkan imbalan apa pun, tetapi lebih untuk mencerahkan hari seseorang. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai tahun baru dengan nada positif dan welas asih. 

Anda dapat melakukan hal-hal seperti memberikan pujian secara ikhlas..jangan lebay, kemudian tersenyum pada orang asing, dan juga menjadi sukarelawan untuk kegiatan amal.

Ambil sampah di sisi jalan, bantu warga lanjut usia menyeberang jalan, atau memberikan bantuan makanan kepada para tunawisma. Jika anggaran keuangan mencukupi, Anda juga dapat membayar kopi teman duduk di warung kopi atau memberi tip besar pada pegawai rumah tangga.

3. Merapikan Lingkungan 

3.1 Mulai melakukan pembersihan lebih awal untuk merapikan rumah.

Menjelang tahun baru, bersihkan kamar, dapur, kamar mandi, dan / atau halaman rumah. Rapikan area yang berantakan, buang sampah, dan buang barang-barang yang tidak pada tempatnya. Dengan cara ini, Anda akan memasuki tahun baru dengan perasaan rapi dan teratur. 

Membersihkan mobil juga sangat membantu. Buang sampah apa pun, dan urutkan melalui konsol tengah sampai kotak sarung tangan, misalnya.

3.2 Menyortir pakaian dan singkirkan pakaian yang tidak sering dipakai.

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk melakukan inventaris terhadap koleksi pakaian dan menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi sesuai dengan gaya terkini Anda. Keluarkan pakaian di setiap laci, dan buatlah 1 tumpukan untuk pakaian yang akan disimpan dan 1 tumpukan untuk pakaian yang akan dipakai dirumah. Kemudian, lipat pakaian dengan rapi dan kembalikan ke lemari pakaian. Ini  akan sangat membantu dalam memperluas ruangan dan menyegarkan gaya tahun baru yang terkini. 

Setelah Anda membuat tumpukan "barang bekas", pertimbangkan untuk memberikan barang-barang tersebut kepada teman atau anggota keluarga, atau menyumbangkannya ke toko barang bekas atau panti asuhan, tapi ingat, barang-barang tersebut masih harus dalam kondisi laik pakai!

3.3 Berikan lapisan cat baru ke dinding rumah untuk menyegarkan ruangan.

Pertimbangkan mengecat dinding rumah Anda di awal tahun. Tutupi lantai dan furnitur Anda dengan kain lap, dan gunakan roller cat untuk mengecat dinding rumah. Pilihlah warna yang fresh untuk memberikan efek perubahan tahun baru secara cepat, misalnya.

3.4 Beli beberapa dekorasi baru untuk mengubah tampilan ruangan.

Jika anggaran pas-pasan, kunjungilah toko barang bekas lokal, dan pilih beberapa barang baru untuk didekorasi ulang. Misalnya, membeli 2-3 bantal dekoratif, permadani, lampu, atau rak buku baru. Menambahkan beberapa item baru dapat membuat rumah terasa segar dan baru.

Dan juga tidak salahnya untuk membeli barang-barang kecil seperti pemberat kertas, vas bunga, dan magnet.

4. Menetapkan Tujuan dan Niat

4.1. Bertujuan untuk mencoba 1 hal baru setiap bulan.

Selain perubahan pada personal, akan sangat membantu jika Anda berusaha keluar dari zona nyaman  setidaknya 1 kali setiap bulan. Jadwalkan 1 hal baru setiap bulan, atau dapat memilih beberapa hal dan memilih kapan saatnya tiba. Apa pun itu, pilih untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya atau belajar tentang sesuatu yang baru untuk memperluas wawasan sehingga kepribadian dapat menjadi lebih matang.

Mencoba hal baru bisa sesederhana seperti halnya makan masakan yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Anda juga dapat melakukan hal-hal aktif seperti berkayak, menunggang kuda, atau terjun payung.

Ide lain mungkin termasuk mengikuti kelas bahasa, bergabung dengan studio yoga, atau merencanakan perjalanan berkemah di luar kota, atau lebih menantang lagi, ikut perkumpulan seni bela diri..bagaimana?

4.2 Buat daftar item 20-50 hal baru untuk dicoba di tahun baru. 

Menjelang awal tahun, duduklah dengan buku catatan dan tulis beberapa hal yang ingin dilakukan sepanjang tahun. Pilihlah hal-hal sederhana dan mudah seperti "makan lebih banyak sayuran" atau tujuan spesifik dan realistis seperti "kembali ke perguruan tinggi." 

Tambahkan item sebanyak-banyaknya ke dalam daftar saat hal tersebut menjadi keharusan, dan periksalah item-item tersebut saat Anda menyelesaikannya satu persatu sepanjang tahun. Daftar ini memberikan referensi visual, membantu Anda ketika mencoba menetapkan suatu tujuan.

Anda dapat menggunakan daftar ini untuk membantu mendapatkan ide tentang hal-hal baru untuk dicoba setiap bulan.

Banyak gagasan yang bisa ditambahkan dalam buku catatan pribadi, diantaranya misalnya, mengunjungi keluarga sepupu di kota Jakarta, membersihkan kebun sendiri, mengadopsi seekor anjing, mengikuti kelas memasak, bepergian ke pantai dan pasti masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dapat anda tambahkan di buku catatan tersebut..dan Anda yang lebih mengerti..

4.3 Perbarui resume pekerjaan sehingga siap untuk peluang baru.

Segera setelahmemasuki tahun baru, buka resume Anda, bacalah, dan cari cara untuk memperbaikinya. Misalnya, jika ingin memulai pekerjaan baru di akhir tahun, tambahkan di bawah bagian "Pekerjaan" Anda. 

Anda juga dapat memperbarui tanggal untuk mencerminkan datangnya tahun baru. Dengan cara ini, jika ingin melamar pekerjaan, Anda siap ketika saatnya tiba. Jangan lupa juga untuk memperbarui informasi kontak atau alamat Anda.

4.4 Berusaha keras untuk meningkatkan kebiasaan tidur.

Ketika tahun baru tiba, mendapatkan tidur yang lebih bermakna dan lebih tenang adalah tujuan yang sangat bagus untuk ditambahkan ke dalam buku catatan pribadi. Anda dapat bertujuan untuk lebih rileks sebelum tidur, seperti mandi, minum teh chamomile, dan membaca buku. Anda juga bisa tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari untuk mengikuti ritme alami. Memperbaiki tidur pada gilirannya akan membantu Anda merasa fokus dan berenergi sepanjang tahun.

Cobalah gunakan white noise atau suara alam untuk membantu Anda tertidur. Keheningan alam disertai dengan riak air dapat  membuat gelombang otak menjadi lebih stabil dan pada akhirnya akan membuat perasaan menjadi nyaman dan damai. Dan ujung-ujungnya yaa..tertidur lelap.

Dan tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan mengonsumsi suplemen melatonin jika memang dalam kondisi benar-benar sulit tidur. Melatonin adalah hormon yang diproduksi di otak yang membantu mengatur siklus tidur. Dengan menambahkan 1-3 mg sehari, Anda mungkin mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dari waktu ke waktu. Namun hal ini dilakukan jika cara alami untuk tidur tidak berhasil seperti yang diharapkan karena biar bagaimanapun, cara alami adalah yang terbaik.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
Recent Articles