Cara Praktis & Mudah Untuk Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Cara Praktis & Mudah Untuk Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Tidak ada yang dapat mengalahkan cara kuno seperti mencuci tangan untuk mencegah penyebaran penyakit menular seperti COVID-19 atau virus corona yang merebak belakangan ini diberbagai negara. 

Namun, jika Anda berada dalam kondisi tertentu, misalnya berada di lokasi yang tidak tersedia air dan sabun, pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol. Hal ini pun sangat direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Anda sangat beruntung bila saat ini Anda memiliki banyak persediaan hand sanitizer, karena apa? Karena bila saat ini Anda mencarinya, Anda akan mengalami kesulitan untuk menemukannya di toko-toko maupun apotik, baik online maupun offline. Semua ini terjadi karena sebagian besar pengecer tidak dapat memenuhi permintaan hand sanitizer dikarenakan betapa cepatnya virus corona tersebar.

Berita baiknya adalah, Anda hanya membutuhkan tiga bahan untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Yuk, baca terus postingan artikel kali ini.

Bahan apa saja yang Anda butuhkan?

Apakah Anda tahu, cukup mudah untuk membuat hand sanitizer sendiri? Karena untuk membuatnya, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan seperti:

a. Isopropil atau alkohol gosok (Volume alkohol 99 persen)

b. Gel lidah buaya

c. Minyak esensial, seperti minyak pohon teh, minyak lavender atau jus lemon

Salah satu kunci untuk membuat hand sanitizer yang efektif untuk membunuh kuman adalah dengan menggunakan proporsi 2 banding 1 untuk alkohol dan lidah buayanya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kandungan alkohol tetap dikisaran 60 persen, dan menurut Sumber terpercaya CDCT, jumlah ini adalah jumlah minimum yang Anda butuhkan untuk membunuh sebagian besar kuman.

Bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri?

Seorang kepala di bagian medis Osmosis serta sekaligus seorang mantan petugas dinas intelijen epidemi di divisi penyakit virus di CDC, Rishi Desai, mengatakan bahwa resep hand sanitizer di bawah ini akan dapat membunuh 99,9% kuman setelah 60 detik.

Resep Hand Sanitizer

Inilah bahan yang Anda butuhkan:

a. Tiga perempat cangkir isopropil atau alkohol gosok (99 persen)

b. Seperempat cangkir gel lidah buaya (untuk membantu menjaga kelembaban tangan agar tetap halus sekaligus solusi untuk menangkal kerasnya alkohol)

c. 10 tetes minyak aromatik atau esensial, seperti minyak lavender atau jus lemon

Cara Membuatnya:

Tuanglah semua bahan ke dalam sebuah mangkok.

Setelah semua bahan tercampur, kocoklah dengan menggunakan alat pengocok (whisk) untuk mengubah semua bahan yang telah disatukan menjadi berbentuk gel.

Dan yang terakhir, tuang dan masukkan bahan jadi tersebut ke dalam wadah yang bisa dengan mudah Anda gunakan, misalnya sebuah botol kosong. Lalu Anda bisa memberi keterangan pada botol tersebut dengan tulisan "pembersih tangan" atau "hand sanitizer".

Jagdish Khubchandani, PhD, seorang profesor sekaligus ilmuwan kesehatan dari Ball State University juga berbagi resep formula yang serupa.

Formula praktis Hand Sanitizer dari sang profesor adalah dengan mengkombinasikan:

- Dua bagian etanol atau isopropil alkohol (dengan kandungan 91% hingga 99% alkohol)

- Satu bagian dari lidah buaya

- Beberapa tetes cengkeh, kayu putih, peppermint atau minyak aromatik lainnya.

Jika Anda hendak membuat hand sanitizer sendiri di rumah, Khubchandani sangat menyarankan Anda untuk:

- Membuat hand sanitizer di lokasi atau tempat yang bersih. Sebelum Anda membuatnya, Anda bisa membersihkan permukaan tempat pembuatan, misalnya membersihkan permukaan meja dengan larutan pemutih sebelumnya.

- Cuci tangan Anda dengan bersih dan seksama sebelum membuat hand sanitizer.

- Untuk mencampur bahan, gunakan sendok dan pengocok yang bersih. Cuci barang-barang ini dengan bersih dan seksama sebelum menggunakannya.

- Pastikan alkohol yang digunakan untuk bahan pembuatan hand sanitizer tidaklah encer.

- Campur semua bahan sampai benar-benar merata.

- Jangan menyentuh campuran bahan dengan tangan sampai hand sanitizer siap digunakan.

Untuk sejumlah besar hand sanitizer, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memiliki rekomendasi formula untuk hand sanitizer, yaitu dengan menggunakan:

- isopropil alkohol atau etanol

- hidrogen peroksida

- gliserin

- air dingin hasil suling atau air yang direbus serta steril

Cara menggunakan Hand Sanitizer

Dua hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan hand sanitizer adalah, Anda perlu mengoleskannya ke kulit sampai tangan Anda kering. Dan, jika tangan Anda kotor atau berminyak, Anda harus mencuci tangan Anda terlebih dahulu dengan sabun dan air.

Dan karena alasan tersebut, berikut ini ada beberapa tips untuk menggunakan hand sanitizer secara efektif.

Semprotkan atau oleskan hand sanitizer ke telapak tangan.

Gosoklah tangan Anda dengan seksama. Pastikan tangan Anda terkena seluruhnya, baik permukaan tangan maupun semua jari Anda.

Lanjutkan dengan menggosok selama 30 hingga 60 detik atau sampai tangan Anda benar-benar mengering. Terkadang, diperlukan waktu setidaknya 60 detik, dan bahkan lebih lama bagi hand sanitizer untuk membunuh sebagian besar kuman.

Kuman apa yang dapat dibunuh oleh Hand Sanitizer?

Menurut CDC, hand sanitizer berbahan dasar alkohol yang memenuhi persyaratan volume alkohol dapat dengan cepat mengurangi jumlah mikroba ditangan Anda. Melakukan hal ini juga dapat membantu Anda dalam menghancurkan berbagai agen penyebab penyakit atau patogen di tangan Anda, termasuk coronavirus novel SARS-CoV-2.

Namun yang perlu Anda ingat, hand sanitizer berbahan dasar alkohol terbaik pun memiliki keterbatasan dan tidak mampu untuk menghilangkan semua jenis kuman.

Menurut CDC, hand sanitizer tidak akan dapat menghilangkan bahan kimia berbahaya. Pembersih ini juga tidak efektif untuk membunuh kuman-kuman seperti:

- norovirus

- cryptosporidium (yang menyebabkan cryptosporidiosis)

- clostridium difficile (juga dikenal sebagai C. diff)

Hand sanitizer mungkin juga tidak akan berguna dengan baik apabila tangan Anda kotor ataupun berminyak, misalnya setelah digunakan untuk kegiatan memasak, melakukan pekerjaan di halaman seperti berkebun ataupun berolahraga.

Jika tangan Anda terlihat kotor atau berlendir, alangkah lebih baik untuk memilih mencuci tangan daripada menggunakan hand sanitizer.

Cuci Tangan Versus Hand Sanitizer

Mengetahui kapan waktu terbaik untuk mencuci tangan dan kapan waktu untuk menggunakan hand sanitizer adalah kunci untuk melindungi diri Anda dari coronavirus serta penyakit lainnya, misalnya seperti flu biasa ataupun flu musiman.

Menurut CDC, meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, mencuci tangan dengan sabun dan air haruslah selalu menjadi prioritas yang utama. Gunakan hand sanitizer hanya dalam keadaan dan kondisi jika sabun dan air tidak tersedia.

Juga, cukup penting untuk selalu mencuci tangan:

a. Setelah pergi ke kamar mandi

b. Setelah batuk maupun bersin

c. Sebelum makan

d. Setelah menyentuh permukaan yang kotor

CDC juga mencantumkan instruksi spesifik bagaimana cara yang paling efektif untuk mencuci tangan. Dan 4 hal dibawah inilah yang sangat mereka rekomendasikan:

a. Selalu gunakan air yang bersih, baik yang bersuhu hangat ataupun dingin.

b. Basahi tangan Anda terlebih dahulu, lalu matikan airnya, kemudian gosok dan usap tangan Anda dengan sabun.

c. Gosok tangan Anda dengan sabun setidaknya selama 20 detik. Pastikan juga untuk menggosok punggung tangan Anda, sela jari dan bagian bawah kuku Anda.

d. Nyalakan air dan bilas tangan Anda. Untuk mengeringkannya, gunakan handuk bersih atau udara kering.

Akhir Kata

Hand sanitizer adalah cara yang praktis untuk membantu pencegahan penyebaran kuman saat sabun dan air tidak tersedia. Pembersih tangan berbahan dasar alkohol ini dapat membantu untuk menjaga Anda tetap aman dan mengurangi dampak penyebaran virus corona yang baru terjadi belakangan ini.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan hand sanitizer di toko dan warung terdekat, Anda dapat mengambil langkah alternatif untuk membuatnya sendiri. Anda hanya memerlukan beberapa bahan seperti alkohol gosok, gel lidah buaya dan minyak atsiri atau jus lemon.

Meskipun hand sanitizer bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan kuman, semua organisasi kesehatan terpercaya dunia masih merekomendasikan ke banyak orang untuk mencuci tangan, kapanpun dan dimanapun, untuk menjaga tangan Anda bebas dari virus penyebab penyakit dan kuman.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Singgih Tri Widodo - Mar 19, 2020, 1:13 PM - Add Reply

Wih panjang

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Content Writer, Copywriter, Internet & Affiliate Marketer di CaraBisnisOnline.Net

Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz