Cara Menulis Artikel Agar Mencapai 2000 Kata

Cara Menulis Artikel Agar Mencapai 2000 Kata

Hari ini saya akan menulis tentang bagaimana cara menulis artikel agar sampai 2000 kata dengan mudah. Mungkin diawal terlihat mudah sekali, hanya 2000 kata. Hmm… kenapa harus 2000 kata? Karena di website Rackticle sendiri, kalau menulis hingga 2000 kata maka akan mendapat bonus dollar. Keren kan ya? Tapi, kebanyakan orang mungkin Cuma sampai 1000 kata doank. Atau kalau mau lanjut malah sudah kelelahan. Hehehe……

Nah untuk itulah saya ingin membantu para pembaca yang sekaligus sebagai member di Rackticle dalam mengumpulkan secercah dollar untuk mendapatkan bonus lebih banyak dengan mengetik hingga 2000 kata dalam 1 artikel. Mungkin anda kaget, kalau sampai anda baca tulisan ini, berarti ini sudah 100 kata. Mungkin. Tapi kalau terbiasa menulis mungkin ngga kaget. Hehehe…..

Yah, seperti yang saya katakan diatas, saya akan bantu bagaimana caranya menulis artikel hingga 2000 kata dengan sangat mudah. Saya akan tuliskan per poin aja ya, biar enak.

1.       Ide

Nah hal mendasar sebelum membuat artikel adalah tentang IDE. Yah, ide ini menjadi dasar dalam sebuah pembuatan artikel. Kalau tidak ada ide, bagaimana mau menulis. Ya kan? Coba deh kita pikir, ide apa yang akan kita tuangkan ke dalam artikel yang akan kita buat? Boleh misalkan tentang hal yang menjelaskan sebuah fenomena atau peristiwa. Misalkan, bagaimana gerhana bulan itu bisa terjadi. Ini tentu anda akan menjelaskannya secara detail dan per tahap. Misal lagi… artikel tentang peristiwa yang lagi viral. Dan lain-lain. Masih banyak ide di sekitar kita yang bisa kita angkat menjadi artikel kita.

Ide gak perlu rumit-rumit. Yang penting ada dan mudah dipahami. Misal, tentang kupu-kupu. Bagaimana kupu-kupu bisa tercipta. Tentu setiap penjelasannya akan bisa dibuat Panjang. Maka dari itu, kita lihatlah sekitar kita, apa yang bisa kita jadikan ide dalam penulisan artikel kita.

2.       Pengembangan Kerangka Ide

Nah yang kedua adalah pengembangan kerangka ide. Layaknya rumah, pasti ada kerangkanya dulu kan sebelum jadi sebuah rumah beneran? Yah sama artikel gitu juga. Sebelum kita buat artikel dalam bentuk utuh, kita buat dulu kerangka dasarnya apa. Misal kita mau buat artikel tentang bagaimana cara membuat nasi kuning. Ya tentukan kerangkanya tiap paragraf dulu. Nah ini lanjut ke bagian yang ketiga.

3.       Tentukan Ide Pokok Tiap Paragraf

Kita akan buat kerangka paragraf. Tadi diatas kita buat contoh artikel tentang bagaimana cara membuat nasi kuning. Berarti paragraf pertama bisa kita isi dengan pengertian nasi kuning itu sendiri apa. Ya intinya paragraf pertama tentang pengenalan apa itu nasi kuning, bisa disertai gambar. Dijelaskan nasi kuning itu ada apa-apa nya. Dijelaskan lagi lauknya bisa apa aja, bumbunya gimana, rasanya gimana, dan lain-lain seputar makanan yang disebut nasi kuning tersebut. Kalau sudah selesai pengenalan secara mendetail, mendeskripsikannya dengan baik, maka kita baca lagi itu artikel paragraf pertama yang kita buat. Apa sudah benar begini? Atau ada yang mau diperbaiki, ditambah ataupun dikurangi? Silahkan diteliti sendiri. Intinya paragraf satu itu Cuma boleh tentang apa itu makanan nasi kuning.

Nah paragraf selanjutnya bisa kita isi dengan sejarah nasi kuning. Bagaimana nasi kuning itu tercipta. Awal mulanya dari mana. Dan hingga saat ini kenapa masih banyak yang makan nasi kuning. Dan apapun itu yang berkaitan dengan sejarah nasi kuning itu sendiri. Sekali lagi, jangan campurkan bahasan lain selain sejarah nasi kuning. 

Begitu pula untuk paragraf selanjutnya, cari ide pokok yang mendasari paragraf dalam artikel yang ingin kita buat.

4.       Kembangkan Lagi

Lalu, setelah dapat masing-masing ide pokok dalam sebuah paragrafnya, silahkan anda kembangkan masing-masing ide pokok tadi. Misal yang pertama tadi apa itu nasi kuning. Silahkan jelaskan dengan DETAIL. Ya, mendeskripsikan sesuatu harus detail. Bayangkan saja anda menceritakan sesuatu yang membuat seseorang itu juga merasakan apa yang anda baca. Entah sesuatu itu bisa dirasakan di lidah. Atau sesuatu itu kita merasakan berada disebuah tempat. Atau merasakan kondisinya. Intinya ya deksripsikan lah dengan detail.

Nah paragraf kedua, juga demikian. Tadi kita bahas tentang sejarah nasi kuning. Buatlah sejarah singkat namun padat informasi. Sehingga bacaannya sangat berisi dan tidak nguntallllll aja. Hehehehe….

Usahakan setelah buat kerangka tadi, kembangkan dengan baik dan benar untuk semua paragraf. Pastikan setiap paragraf menyambung antara paragraf sebelum dan sesudahnya. Kalau tidak nyambung, kan jadi jelek artikelnya

5.       Buat Sedetail Mungkin

Ketika semua paragraf sudah dibuat, silahkan baca lagi dari awal hingga akhir. Pastikan tidak ada kata yang salah. Buat sedetail mungkin peristiwa yang terjadi. Jika kita bahas nasi kuning, bisa kita ceritakan diawal apa itu nasi kuning. Kedua bagaimana sejarahnya. Itu yang sudah saya tuliskan di atas. Ketiga misal bagaimana cara memakannya. Ini terkesan tidak berarti, namun ini bisa jadi pelengkap pada artikel anda untuk menuju 2000 kata yang akan kita buat. Sebenarnya penting juga tentang bagaimana cara memakannya. Ada yang pakai sambal, ada yang pakai kerupuk, ada yang pakai tangan, dan lain-lain sesuai selera. Ya kan?

Intinya adalah, setiap paragrapf dijelaskan sedetail mungkin. Agar, artikel kita jelas. Dan orang lain bisa merasakan apa yang dia sedang baca.

6.       Gunakan Kata yang Tepat

Yang ke-6 adalah kita harus menggunakan kata yang tepat. Kata yang tepat dan tidak nguntal kayak yang saya sebut diatas. Walaupun tulisan ini sedikit agak nguntal, tetapi… kata-katanya saya buat tetap berisi informasi. Hehe….

Kata yang tepat tidak hanya yang berisi dan informatif, tetapi juga bisa memudahkan pembacanya agar tidak kepenuhan informasi. Jadi, gunakanlah kata-kata sambung dengan tepat.

Walaupun sekiranya kata yang tepat ini akan membuat jumlah kata semakin sedikit, tetapi dengan begitu, artikel kita akan kaya dengan informasi yang sangat penting. Jadi, artikel kita akan semakin mudah ditemukan dalam mesin pencarian, bila sesuai dengan kata kunci yang dicari.

7.       Friendly lah….

Nah yang ketujuh, friendly lah. Maksudnya adalah jangan melulu artikel aja yang ditulis. Cobalah sapa pembaca dengan gaya bahasamu sendiri. Seolah-olah kamu memang sedang berbicara atau menceritakan sesuatu kepada meraka. Sehingga mereka akan berasa seperti mendengarkan pembicaraanmu. Bukan mendengar robot yang sedang berbicara. Robot aja sekarang friendly banget kan? Hehehe….

Yah, intinya adalah jangan kaku dalam memberi informasi. Jangan kaku dalam menulis artikel. Buat seakan akan mereka mendengarkanmu dan menjawab pertanyaanmu. Lalu anda juga balas apa yang seharusnya akan dijawab. Sesuaikan aja dengan pikiran anda.

Nah itu dia ke-7 langkah dalam membuat 2000 kata dalam 1 artikel. Tapi itu belum selesai. Ada beberapa hal penting yang harus dilatih dan dilakukan agar kita lebih mudah mengerjakan atau menuliskan artikel dengan jumlah kata sebanyak 2000 kata.

Anda tau? Sampai tulisan ini, anda sudah melihat kata sebanyak 1049 buah. Nah…. Apakah anda msaih semangat ingin mencapai 2000 kata anda dalam 1 artikel yang akan anda buat? Jika iya, silahkan lanjutkan baca artikel ini.

Ini adalah “langkah tersembunyi” yang sering saya lakukan agar saya mudah mencapai 2000 kata dalam membuat 1 buah artikel yang informatif dan menarik. Penasaran? Yah, Namanya juga ingin bisa, pastinya harus penasaran sama apa yang bisa dilakukan agar kita bisa mencapai 2000 kata dalam 1 artikel. Oke, saya akan buat per poin lagi dibawah.

1.       Niat

Nah ini nih yang paling penting. Niat dulu musti kita munculkan sebelum memulai tulisan kita. Kalau tidak ada niat, gimana mau bisa. Mari kita kuatkan niat kita dulu. Niat kita adalah menghasilkan artikel dengan jumlah kata sebanyak 2000 kata. Oke ini ya niatnya. Bukan yang lain. Misal ingin terposting 1 artikel saja dulu. Niatnya. Jelas salah. Yang ada malah gak nyampe 2000, malah kita udah submit ke Rackticlenya. Gak jadi 2000 kata lah. Kalau gak jadi 2000 kata, yah tentu saja tidak mendapatkan bonus dollarnya. Hehe….

2.       Keseriusan

Kalau sudah niat, biasanya dilihat keseriusannya. Niat sih niat, tapi kalau keseriusannya kurang, bisa jadi baru 800 kata udah kelelahan menulis. Trus istirahat, trus main game, trus buka FB, trus lupa sama artikel yang barusan dibuat. Akhirnya, malah tertinggal urusan perduitan. Hehe…. Kan sayang, niatnya udah mau buat artikel dengan 2000 kata, tapi baru 800 kata udah ditinggalkan. Gara gara terlena sama kebiasaan online hahahaha….

3.       Kebiasaan

Biasakanlah menulis. Kalau orang sering menulis, maka dia akan lebih mudah dalam menulis apapun itu. Apalagi Cuma sekedar karangan. Kalau ingin menjadi seorang penulis, setidaknya kita harus sering membaca, sering memperdalam ilmu, sering update informasi terbaru. Jadi kita bisa mendapatkan banyak informasi yang bisa kita jadikan sebuah artikel.

Selain itu, kebiasaan main FB sebenarnya juga bisa dijadikan pembelajaran. Bagaimanakah? Ya jelas saja, mengamati. Mengamati permainan orang di fb, tentang statusnya, tentang emosinya, tentang apa yang dikerjakannya, dan lain-lain. Dengan mengamati, kita bisa buat artikel tentang bagaimana seseorang itu di jaringan online. Ya kan? Mudah banget bikin artikel. Intinya, sering-seringlah mengupdate informasi yang baik. Entah itu dari buku, berita, video, maupun kabar terkini lainnya.

4.       X Factor

Maksudnya adalah faktor lain yang memudahkan anda untuk menulis artikel sebanyak 2000 kata. Salah satu faktornya adalah tujuannya apa. Berbeda dengan niat. Kali ini adalah tujuannya untuk apa. Apakah benar untuk mendapatkan 2000 kata? Kalau iya, jadikan itu sebagai tujuan yang kedua. Bukan yang pertama. Kenapa? Karena nanti malah kita bisa ngasal artikelnya. Alias, gak serius. Jadi untuk tujuan utamanya adalah, berbagi informasi penting dan menarik di dalamnya.

Mungkin ini sedikit berbeda dengan di atas. Karena saya menyuruh intinya adalah 2000 kata. Tapi, ini adalah X factor. Kelihatan paradox? Tapi begitulah hukum yang berlaku. Sebaik-baiknya adalah ubah tujuan anda menjadi berbagi. Karena dengan berbagi, anda tidak akan terbebani oleh banyaknya 2000 kata yang akan kita tulis di dalamnya. Kalau berbagi, kita akan merasa senang, Bahagia, karena kita bisa membantu orang lain dalam menyeleseikan masalahnya. Seperti halnya, artikel ini saya buat untuk kawan-kawan yang mungkin masih susah dalam menyelesaikan artikel yang isinya melebihi 2000 kata.

Selain soal tujuan, masih ada faktor lain yang menjadi sebab dalam tercapainya artikel dengan jumlah kata melebihi 2000. Misal, dosa. Biasanya orang banyak dosa akan kesulitan dalam menyelesaikan hal seperti ini. Mungkin agak sedikit lucu ya. Tapi beginilah adanya. Jangan terlalu dibayangkan dosa yang dimaksud dalam sebuah agama. Emosi kita sendiri yang tidak teratur saja itu adalah salah satu bentuk dosa yang kita perbuat. Saldo negatif yang kita dapat itu bisa membuat kita sulit di dunia ini. Saldo negatif misalnya adalah berbuat curang kepada orang lain, melakukan hal buruk, dan lain lain. Sedangkan saldo positif kita malah sedikit. Nah, justru yang harus kita perbanyak adalah saldo positif kita, pahala kita, kebaikan kita, atau apalah Namanya. Yang jelas, semua hal yang berbau kebaikan dan kebajikan, itu perlu kita kerjakan agar kemudahan selalu menyertai kita.

Mungkin paragraf ini agak sedikit lucu. Seperti yang saya tulis di atas. Namun, begitulah yang harus kita sadari. Seseorang dengan penuh dosa pasti akan susah kehidupannya. Masa nulis sampai 2000 kata doank gak bisa? Ya kan? Pastinya akan kesusahan. Mungkin ada yang mengira saya sendiri kesusahan dalam menulis ini. Iya memang, hehe… Penulis masih banyak dosanya….. Tapi bukan berarti saya berdiam diri. Terus berusaha dan bertaubat.

Nah itu dia artikel tentang bagaimana tips dan trik dalam membuat artikel yang jumlah katanya melebihi 2000 kata. Jika anda sangat ingin sekali menyelesaikan 2000 kata dalam 1 artikel, saran saya adalah langsung saja mengerjakan artikel itu dalam waktu satu kali duduk. Artinya, jangan ditunda-tunda lagi kalau sudah dimulai. Langsung saja diselesaikan. Karena, menurut pengalaman pribadi, kalau niat dan tujuannya kurang kuat, pasti ngelanjutinnya bakalan malas. Mau ngelanjutin, malah nanti, malah lain waktu, malah ini, dan itu, dan masih banyak lagi, dan akhirnya artikel pun terbengkalai. Tidak selesai dalam 1 kali duduk.

JIka anda pemula, anda mungkin Cuma butuh waktu 2 jam untuk membuat artikel dengan jumlah kata melebihi 2000 kata. Dan jika anda melakukannya terus menerus, maka keahlian anda tentunya akan semakin meningkat. Yang tadinya butuh waktu 2 jam untuk 2000 kata, kini Cuma 1 jam lebih dikit untuk menyeleseikan 2000 kata. Ya, jari-jari kita akan terlatih mengetik tulisan yang akan kita buat nantinya. Otak kita pun terlatih dalam mengumpulkan informasi. Mulut, hati kita, pikiran kita, akan terlatih juga untuk menyusun kalimat dengan baik dan benar. Maka, jika niat dan tujuannya jelas, tentu akan sangat mudah menyeleseikan tulisan dengan jumlah melebihi 2000 kata.

Terakhir…. Jangan bangga terhadap apa yang sudah bisa kamu raih saat ini. Terus berjuang melampaui batas. Hari ini kamu hanya mampu menulis 2000 kata dalam waktu 1 jam. Terus berjuang, bisa jadi malah Cuma 45 menit akan selesai menulis 2000 kata. Kemampuan kita akan meningkat seiring kita berlatih dan berlatih. Walaupun itu berlatih langsung di pekerjaan. Hehhehe….

Itu saja, semoga artikel ini bermanfaat. JIka bermanfaat tolong donk di komen. Heheheheh…. Kalau malas, ya tidak apa-apa juga. Jiahahaha….. share ke teman-teman agar bisa mendapatkan uang bonus juga jika menyelesaikan artikel dengan jumlah kata melebihi 2000 kata.

Salam dari saya…

Vionelix – Inderferium Liviergoz Derisyacto Lasvaha



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
sipamirudin - Jul 13, 2020, 1:09 PM - Add Reply

kereennnn om singgih

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Konsultan Penyembuhan Ajaib

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 12:28 AM - Adre Zaif Rachman