Cara Mengatasi Insomnia dan Kecemasan

Cara Mengatasi Insomnia dan Kecemasan

Salam para pembaca RackTicle!

Siapa diantara kalian yang mengalami kesulitan tidur atau Insomnia? 

Banyak dari kita khususnya kaum muda mengalami kecemasan hingga menimbulkan insomnia. Bisa tidur bila telah menjelang pagi, dan hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan bagi mereka. Beberapa hanya berbaring saja di malam hari sembari berpikir "apakah saya akan tertidur?" Kita cenderung menekankan diri kita sendiri pada jadwal tidur kita dan memberi penekanan pada diri sendiri untuk tidur, tidak peduli seberapa sulit atau mudahnya untuk dapat tidur. Ini justru akan dapat memicu kecemasan tidur kita. 

Kecemasan tidur dan susah tidur saling berhubungan, yang satu membuat yang lain lebih kuat. Tidur sangat penting untuk kesejahteraan kita juga untuk kesehatan, tetapi kita tidak selalu menghargai hal ini atau bagaimana kita dapat memanfaatkannya.

Lalu, ada kecemasan tidur, hanya menekankan tentang tidur dapat membuat anda tetap terjaga! Ketika anda mengalami kecemasan saat mencoba tidur hal itu bisa jadi karena anda merenung, merencanakan sesuatu, atau merenungi hal yang mungkin harus anda bereskan semua itu.

Apa penyebab kecemasan tidur dan insomnia?

Berdiam diri bisa saja menjadi pemicu bagi pikiran untuk mulai berdatangan dan mengganggu. Tiba-tiba, pikiran anda akan mulai merasakan kecemasan yang mengarah pada insomnia lebih lanjut. Semua ini mengarah pada dampak ke kesehatan fisik dan juga emosional anda, dan dapat menyebabkan kesulitan berfungsi atau sulitnya fokus secara umum.

Kecemasan dapat berakar pada banyak gangguan kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan umum, gangguan panik, PTSD, dan banyak lagi. Insomnia dapat eksis sendiri atau di perburuk oleh gangguan kesehatan mental itu sendiri. Sedikit kecemasan tidur atau kecemasan terjadi pada semua orang, tetapi ketika hal itu mulai mengambil alih bagian hidup kita, saat itulah kita tahu jika kita memiliki masalah.

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur selama periode waktu tertentu. Hal ini akan berbeda untuk setiap orang. Ini bisa menjadi kesulitan tidur, tidur nyenyak, atau variasi keduanya. Kurang tidur adalah komponen kunci. Ada banyak bentuk dari insomnia, seperti merasa tertekan misal insomnia akut atau kronis.

Mungkin ada hubungan dua arah antara kecemasan dan insomnia, saling mempengaruhi satu sama lain dan menciptakan lebih banyak satu sama lain. Mungkin sulit untuk dapat mengetahui mana yang lebih mendahului. Hal ini menyebabkan gangguan lebih lanjut dan sulitnya tidur. Menurut Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika, lebih dari 40 juta orang Amerika dengan menderita gangguan tidur kronis jangka panjang dan tambahan 20 juta melaporlan masalah tidur yang sesekali.

Penelitian juga menemukan bahwa insomnia dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan atau mencegah penyembuhan. Gangguan mental seperti kegelisahan dan gangguan tidur tumpang tindih dan bertambah satu sama lain.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa "periode lama tanpa tidur di kaitkan dengan kesulitan kognitif dan dapat menimbulkan gejala psikologis mulai dari perubahan suasana hati hingga pengalaman psikotik seperti halusinasi. Karena alasan itu, perjuangan kesehatan mental seringkali dapat di kurangi dengan tidur nyenyak dan cukup.

Cara menhilangkan kecemasan dan insomnia 

Kecemasan tidur dapat terjadi kepada siapa saja dan itu tidak bisa kita abaikan begitu saja. Setelah anda dapat mengahadapinya, anda dapat melakukan sesuatu untuk itu.

Bagaimana seseorang dapat mengatasi kecemasan tidur dan insomnianya?

Tidak ada obat untuk gangguan hal ini, ttapi ada beberapa langkah yang dapat membantu.

1. Catatan

Satu hal yang mudah dapat anda lakukan adalah menyimpan buku catatan dan pena disamping tempat tidur untuk menuliskan aktivitas yang sudah anda jalani, atau menuliskan pikiran larut malam ketika mulai mengganggu  ketika kecemasan muncul, gunakan log untuk mencatat pemikiran anda sebelum anda pergi tidur dan saat anda mengalami kesulitan tidur sehingga mereka tidak merenung. Anda juga dapat dengan mudah membacanya di kemudian hari.

Dengan log pemikiran anda, mulailah melihat kmjauh kedalam dan praktikan Terapi Perilaku Kognitif. Ini akan dapat meringankan pikiran bermasalah anda dengan mengarahkannya ke pemikiran yang kebih positif. Ubahlah pemikiran negatif menjadi sesuatu yang lebih rasional dan tidak begitu berbahaya.

Menantang pikiran anda dapat juga menenangkan anda dan membantu mengurangi kecemasan, yang mungkin meningkat saat tertidur. Anda dapat menentukan pikiran apa yang mengganggu anda sehingga anda bisa mulai mengatasinya.

Catatan tidur akan memberi manfaat, seberapa sering anda mengalami kecemasan tidur? Tingkat keparahannya dan catat berapa lamanya. Dengan masalah tidur apa pun, anda perlu mencatat seberapa sering anda mengalami kesulitan tidur, tentang verapa jam per malam anda dapat tidur, kualitas tidur, dan apakah anda terus-menerus bangun atau hanya mengalami kesulitan tidur.

2. Biasakan

Mempraktikan perhatian adalah cara lain untuk menemukan kedamaian dengan diri anda sendiri karena itu anda harus benar-benar membiasakan diri untuk membawa kesadaran pada apa yang di pikirkan atau rasakan dengan cara yang berbeda. Mindfulness mengakui tetapi tidak dengan menilai perasaan. Anda bisa merasa lebih aman dengan perhatian penuh dan belajar menjadi lebih baik terhadap diri sendiri.

Anda dapat melatih kebiasaan saat melakukan tugas sehari-hari atau saat bermeditasi. Tidak ada cara yang salah untuk melakukannya. Bahkan jika anda memiliki pikiran yang sibuk, itu juga tidak apa-apa! Yang terpenting adalah untuk tetap fokus selama mungkin pada beberapa objek meditasi (napas, suara, sensasi, tubuh, dll). Dan kembali fokus ketika pikiran mulai mengembara. 

Cara ini telah banyak di ketahui dan di terapkan untuk digunakan membantu mengendalikan emosi dan pikiran negatif. Anda dapat melakukan ini dengan membawa perhatian anda berpusat pada panca indera. Perhatikan apa yang anda dengar, lihat, cium, sentug, dan perasa. Ketika anda membuat diri anda sadar, anda bisa sampai ke tempat di amana otak berfungsi dengan baik dan secara efektif dapat memproses apa yang datang padanya. Hal itu berarti anda dapat kembali kepada apa yang dapat anda atasi dan prosesnya tanpa kepanikan. 

Meditasi Tidur

Anda dapat mencoba meditasi khusus ini untuk dapat membantu anda merasa nyaman sebelum tidur. Pikirkan ruang yang aman dan nyaman, bisa di mana saja dengan siapa saja atau sendirian. 

Dengan berdiri atau berbaring, misalnya anda bisa memikirkan pantai di malam hari xengan api unggun menyala. Anda tetap merasa hangat oleh api sambil mendengarkan suara ombak laut. Anda mendengarkan suara ombak bergulir ke pantai. Anda bahkan dapat memberi nama sesuatu, beri nama dan daftar anda sebanyak mungkin dan perincian.

Lakukan hal ini kapan saja anda mau, tetapi lakukan sebelum anda tidur untuk menenangkan pikiran anda. Anda dapat mengubah visualisasi setiap kali atau tetap sama, memperluas setiap detailnya.  Hal ini akan membawa anda ke tempat di mana anda merasa aman dan keluar dari pikiran dan emosi yang membuat anda kesulitan tidur. Ini juga akan membantu mengurangi kecemasan dan dapat meningkatkan kemungkinan tertidur di malam hari.

3.  Buat jadwal tidur rutin yang konsisten

Tidurlah pada waktu yang tepat dan cobalah bangub pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu anda membangun rutinitas yang dapat bermanfaat bagi tubuh anda. Jika anda bergadang sepanjang malam dengan perasaan cemas terhadap tidur dan sulitnya tidur, anda akan masuk ke pola yang tidak sehat yang memperburuk siuasi.

Matikan gadget sebelum anda tidur sehingga otak anda rendah terstimulasi olehnya. Ini akan membantu tidur ketika anda mulai lelah. Jika anda terlibat dengan teknologi dan membuat diri anda terstimulasi melalui layar gadget anda itu akan berisiko merusak struktur yidur dan anda kehilangan kemampuan fungsi tidur dengan benar. Kecemasan tidur akan memburuk jika anda terus-menerus memeriksa ponsel  atau gadgey lainnya atau menonton tv karena ini mernagsang pikiran secara alami.

Pastikan anda makan dengan benar, hindari kafein sebelum tidur dan berolahraga di pagi hari untuk membantu mengatasi kegelisahan di malam hari. 

4. Atur lingkungan kenyamanan anda dan mengontrol cara tidur

Matikan lampu kamar anda dan buatlah sehening mungkin atau hidupkan musik yang dapat membantu anda cepat tidur seperti suara alam. Hal ini akan membantu mengurangi kecemasan anda terhadap tidur ketika anda merasa itu adalaj ruang yang nyaman dan aman.

Jika anda membersihkan temlat tidur  anda dan memasikan nyaman, setelah itu anda akan tertidur lebih cepat. Ini juga akan membantu pemulihan anda dafi gangguan kecemasan atau insomnia ketika lingkungan anda secara alami anda itu rileks. 

5. Konsultasikan dengan dokter profesional

Mungkin bukan sesuatu yang ingin anda akui pada diri sendiri,  tetapi jika anda memiliki gangguan tidur atau gangguan kesehatan mental, anda mungkin perlu bantuan. Seorang profesional mungkin tidak mendiagnosis anda tetapi bagaimana pun juga, beberapa solusi kemungkinan akan di tawarkan.

Kuncinya adalah mengetahui bahwa anda itu tidak sendirian, dan anda tidak harus merasa yang paling menderita kesepian ketika rasa kecemasan tidur datang. Jutaan orang berjuang dengan beberapa bentuk kesulitan tidur dan mengalami kecemasan tidur. Seorang profesional akan membantu anda menyelesaikan kesulitan dan menemukan lebih banyak cara untuk membantu anda daripada yang dapat anda lakukan jika sendiri.

Kesimpulannya, memahami bahwa berusaha untuk tidur bukanlah kesalahan anda tetapi ada beberapa hal yang dapat anda lakukan dan menjadikan langkah pertama. Biarkan diri anda menemukan metode menenangkan diri, seperti yang tercantum dalam artikel, dan biarkan profesional kesehatan mental atau dokter medis anda mengetahui apa yang anda alami sehingga mereka dapat menawarkan saran dan dapat membantu anda juga. 

Mengahadapi kesulitan tidur dan insomnia adalah sebagian dari relaksasi yang sebagian dari hal itu mengurangi apa yang telah anda renungkan di kepala bahwa kita semua menderita. Dengan mencoba tidur mungkin tidak cukup untuk diri anda. Anda mungkin harus mengambil langkah tambahan untuk mendapatkan bantuan yang anda butuhkan.

Lebih penting adalah jangan terlalu memkasakan diri untuk tidur jika tidak ingin rasa cemas itu datang dan memperburuk rasa kesulitan tidur anda. Maka ambillah langkah sebanyak mungkin menuju jadwal tidur yang sehat, dan perhatikan efek manfaat yang anda dapatkan secara perlahan.

Sekian informasi diatas, terima kasih telah membaca.

Jangan lupa share, agar makin tahu makin banyak ilmu.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Anak seorang petani karet di daerah sumatera Selatan, yang berzodiak Aquarius. Selain suka menulis juga suka traveling dan memasak.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
Recent Articles