Cara Mengambil File yang Hilang di HP Android

Cara Mengambil File yang Hilang di HP Android

Semua orang tahu bagaimana kesalnya karena dengan tidak sengaja menghapus file yang tidak diinginkan. Ini adalah sebuah momen yang paling meresahkan ketika Anda menyadari apa yang telah Anda lakukan! Mungkin itu adalah foto kenangan indah yang sekarang tidak bisa Anda ingat lagi.

Mungkin ada beberapa cara untuk mendapatkan file itu kembali. Tergantung pada file itu sendiri, ada beberapa metode pemulihan yang dapat bekerja untuk mengambil file data Anda.

Ketika Anda menghapus file tersebut, data sebenarnya tidak hilang sama sekali. Semua ini menandai ruang di mana informasi disimpan sebagai "empty". 

Ini berarti Anda tidak akan dapat menemukan file, dan ini juga berarti Android akan menghapusnya secara permanen.

Opsi pertama yang akan saya bagikan dengan Anda sebenarnya jauh lebih sederhana dan lebih mudah. Namun penting bagi saya untuk membagikan saran ini kepada Anda terlebih dahulu  untuk memastikan Anda memiliki peluang untuk mendapatkan semua file kembali.

Cara Pertama

  • Periksa "recycle bin"

Jika Anda beruntung, maka Anda tidak akan menghapus file sama sekali! Sama seperti PC, banyak aplikasi Android memiliki tempat sampah, yang berarti bahwa file tidak langsung dihapus sepenuhnya.

Misalnya: 

aplikasi Galeri yang dikirimkan dengan ponsel Samsung memiliki jaringan pengaman (ini juga dapat menjelaskan mengapa menghapus foto tidak membebaskan ruang apa pun pada perangkat Anda) Agar lebih mudahnya - periksa keranjang sampah, Anda hanya perlu kembali pada tab "Picture" atau "Album", lalu klik pada menu bagian di "kanan atas".

Pilihan ini juga akan membuka "menu" yang menyertakan opsi "recycle bin". Silahkan, Pilih dan Anda akan melihat pada folder dengan semua "foto yang telah dihapus".

 

Cara Kedua

  • Periksa "cloud backup"

Google Photos juga memiliki sebuah cadangan yang menyimpan foto selama 60 hari, tetapi ini berfungsi sedikit berbeda. Dengan mencadangkan foto Anda ke Google Drive.

Artinya, meskipun Anda telah menghapus foto melalui aplikasi lain, mungkin ini akan membantu memulihkan data Anda melalui foto Google.

Jika Anda tidak melihat foto atau video Anda di sini, Silahkan - periksa tempat sampah dari "hamburger menu" pada bagian kiri atas. File ini akan tetap di sini selama 60 hari lamanya. 

Jika Anda belum beruntung, maka Anda juga dapat mencoba mengunjungi "iphotos.google.com". Silahkan - Periksa pada folder Trash dari "hamburger menu" juga.

 

Cara Ketiga

  • Mengambil foto pada "WhatsApp"

Jika yang Anda hapus adalah foto dari aplikasi "WhatsApp" yang Anda hapus secara tidak sengaja, ada sejumlah opsi untuk mencoba dan mendapatkan kembali foto-foto itu.

Pertama: periksa cadangan yang tertera pada aplikasi WhatsApp itu sendiri. Silahkan Buka Pengaturan > Obrolan > Obrolan Cadangan.

Tetapi bagaimana jika Anda secara tidak sengaja menulis di atas cadangan terakhir Anda? Bagaimana jika Anda menghapus foto, lalu menyimpan foto tanpa cadangan yang lebih baru?

Meski begitu, masih ada harapan! Itu karena WhatsApp sebenarnya akan menyimpan sejumlah file cadangan di perangkat Anda dan memberitahukannya foto mana yang akan diambil dari server.

Gunakan browser file pilihan Anda dan kemudian menuju ke WhatsApp > Database. Di sini, Anda akan melihat sejumlah file dengan nama seperti msgstore-2020-01-05.crypt12. 

Cukup temukan yang terbaru dan ubah nama menjadi msgstore-1997.crypt12 (atau apa pun yang Anda suka). Sekarang WhatsApp akan tunduk pada file cadangan terbaru kedua saat mengambil foto Anda!

Anda juga dapat mencoba mencari di folder media WhatsApp untuk melihat apakah foto Anda ada di sana.

 

Catatan

Aplikasi WhatsApp menyimpan salinan foto yang Anda kirim, serta foto yang Anda terima. Jadi jika Anda mengirim foto kepada seseorang tetapi kemudian menghapusnya dari folder kamera ponsel Anda, mungkin masih ada salinan di folder WhatsApp Media! Atau Anda bisa bertanya kepada orang yang Anda kirimi. Anda sudah mencobanya, kan?

Cara Keempat

  • Coba aplikasi "Android data recovery apps" untuk PC

Jika tidak satu pun dari langkah-langkah diatas telah berhasil, maka Anda harus mulai mencoba solusi pihak ketiga. 

Aplikasi pemulihan data Android terkadang dapat mengambil data yang sebenarnya telah hilang. Ini juga akan berfungsi dengan melihat di mana data telah disimpan bahkan ketika itu telah ditandai sebagai dihapus oleh HP Android.

Untuk mencegah masalah ini, Anda harus selalu mencoba menggunakan aplikasi pemulihan komputer desktop terlebih dahulu. 

Kami merekomendasikan Recuva dari situs "ccleaner.com" sebagai tempat yang baik untuk memulai. Instal aplikasi ini, dan wizard ini kemudian akan membawa Anda melalui sejumlah langkah untuk mencoba dan memulihkan file Anda yang telah hilang.

Metode pemulihan data Android ini bekerja sedikit lebih baik untuk file yang disimpan pada kartu memori vs file yang disimpan secara internal.

Cara Kelima

  • Play Store "Android data recovery apps"

Jika Recuva tidak berhasil untuk Anda, maka pilihan selanjutnya adalah mencoba aplikasi pemulihan data Android yang diinstal langsung pada perangkat Anda. 

Aplikasi yang berbeda cenderung menggunakan metode yang sedikit berbeda, jadi tentu tidak ada salahnya untuk mencoba.

Cara Keenam

  • Pemulihan file "File restoration"

Kadang-kadang, Anda juga dapat "memulihkan" file, hanya untuk menemukan bahwa file itu rusak dan tidak dapat dikenali. 

Misalnya, Anda juga dapat menyimpan foto dan hanya dapat melihat beberapa baris teratas pada gambar, atau Anda juga mungkin mendapatkan sebuah file video yang tidak dapat diputar.

Jika ini terjadi, sebenarnya ada layanan yang menawarkan untuk mengembalikan file yang rusak untuk Anda. 

Ini mungkin dimungkinkan tergantung pada seberapa banyak file asli masih dalam kebijaksanaan (hanya penyimpangan kecil akan membuatnya tidak dapat dibaca oleh sebagian besar aplikasi, dan ini kadang-kadang dapat diperbaiki secara manual).

Ada juga program yang menawarkan layanan yang sama ini, tetapi saya juga sarankan Anda hanya bekerja dengan layanan yang dijalankan oleh manusia. Jika tidak, Anda berisiko menghabiskan banyak uang untuk perangkat lunak yang pada akhirnya tidak berhasil untuk Anda.

Sayangnya, tidak pernah ada jaminan bahwa Anda dapat mengambil file Android yang hilang. 

Dengan sedikit keberuntungan dan keyakinan, setidaknya ada peluang untuk mengambil data Anda yang telah dihapus.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Jan 1, 2020, 4:48 PM - Rianda Prayoga
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Recent Articles
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
May 20, 2020, 12:58 PM - Rahmat Gunawan