Cara Menghapus Data Pribadi di Google Maps

Cara Menghapus Data Pribadi di Google Maps

Selama Anda terkoneksi dengan akun Google dan menyalakan gps di Android maupun iPhone,  Anda berada dalam jangkauan tracking Google Maps, dan lokasi Anda selama itu akan direkam.

Sebenarnya hal ini baik untuk mengetahui jejak perjalanan Kita jika sewaktu-waktu diperlukan,  namun hal ini juga terkadang mengganggu privasi kita, maka dari itu, google memberikan pilihan untuk menghapus data tersebut dari google maps. 

Berikut adalah cara untuk menghapusnya:

  1. Buka Google Maps di iPhone atau Android.
  2. Ketuk bilah menu di kiri atas aplikasi.
  3. Pilih "Timeline Anda."
  4. Ketuk tiga titik di kanan atas layar.
  5. Pilih "Pengaturan dan privasi."
  6. Pilih "Hapus riwayat lokasi secara otomatis."
  7. Ubah pengaturan dari "Simpan hingga saya hapus secara manual" menjadi "Simpan selama 18 bulan" atau "Simpan selama 3 bulan."

Jika Anda menemukan pengaturan seperti di Atas,  sebaiknya untuk memilih yang otomatis terhapus 3 bulan, jadi jika Anda tidak memerlukan data perjalanan Anda selama 3 bulan ke belakang maka Google akan menghapusnya secara otomatis.

Ada baiknya juga untuk tidak sering-sering menggunakan peta, karena ketika lupa menonaktifkan GPS Anda akan selalu di tracking dan ini berbahaya bagi keamanan Anda.

Jangan sampai hal kecil yang dianggap sepele bisa merusak keberadaan Kita,  apalagi di zaman super canggih ini para kriminal cyber dapat melakukan apa saja dengan berbagai macam teknologi yang sudah ada.

Perlu diperhatikan bahwa untuk menghindari hal ini juga,  Anda sebaiknya mengecek semua pengaturan akun apapun itu, baik itu media sosial,  mesin pencari,  aplikasi dan lain sebagainya,  sebab jika tidak,  lokasi Anda akan terekam oleh aplikasi.

Memang serba salah jika Anda tidak mengaktifkan fitur permintaan izin lokasi pada aplikasi, karena rata-rata setiap aplikasi pasti meminta itu dari Anda. 

Paling tidak hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara memilah dan memilih aplikasi yang sering  digunakan saja,  buang aplikasi yang jarang dipakai,  namun sebelum menghapus, lebih baik log out dulu, atau hapus akun Anda di aplikasi tersebut agar tidak tersimpan di dalam database mereka. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

The Administrator!

Recent Articles
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz
Mar 30, 2020, 12:29 PM - novi kurniasih
Mar 30, 2020, 12:27 PM - novi kurniasih
Mar 26, 2020, 10:13 AM - Indraz
Mar 26, 2020, 9:54 AM - Risa Fitriana
Mar 26, 2020, 9:42 AM - Moh Khozah