Cara Ampuh Mengatasi Stres dengan Herbal, Nutrisi dan Aroma Terapi

Cara Ampuh Mengatasi Stres dengan Herbal, Nutrisi dan Aroma Terapi

Tidak ada individu yang tidak mengalami stres. Kita semua mengalami stres - di tempat kerja, di rumah, dan di jalan. Terkadang kita dapat merasa sangat tertekan karena interaksi yang buruk dengan seseorang, terlalu banyak pekerjaan, atau kerepotan dalam rutinitas sehari-hari seperti terjebak dalam lalu lintas.

Tidak ada kehidupan yang sepenuhnya bebas stres. Sangat penting untuk mengetahui cara mengelola stres dalam hidup Anda. 

Salah satu cara yang ampuh dalam mengelola stress adalah dengan menggunakan alternatif terapi. Dalam artikel ini akan dibahas alternatif terapi seputar herbal, nutrisi dan aroma terapi...

Nyamankan Sistem Saraf Anda dengan Ramuan Herbal

Ada berbagai ramuan herbal untuk kesehatan sistem saraf yang tersedia tanpa resep di sebagian besar toko obat atau toko kesehatan alami. Beberapa ramuan herbal memiliki efek positif pada sistem saraf. Efek yang ditimbulkan dapat relaksasi, menstimulasi, antidepresan, atau analgesik. Beberapa  ramuan dan suplemen makanan berikut bermanfaat dalam memerangi gejala emosional (lekas marah, cemas, sulit tidur, dan depresi ringan hingga sedang) yang dapat ditimbulkan oleh stres :

• Saint John’s Wort. Juga dikenal sebagai Hypericum, bermanfaat sebagai tonik saraf dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Penelitian telah menunjukkan bahwa Saint John’s wort dapat dengan sukses mengobati depresi dan kecemasan ringan hingga sedang. American Psychiatric Association telah mengesahkannya sebagai pengobatan lini pertama untuk depresi. Sejak diperkenalkan ke Amerika Utara pada awal 1990-an, jutaan orang Amerika Utara telah berhasil menggunakan Saint John’s wort untuk mengobati depresi mereka.

Keuntungan dari Saint John's wort adalah memiliki efek samping minimal, dapat dicampur dengan alkohol, tidak menimbulkan perasaan was-was, dan tidak memerlukan peningkatan dosis seperti halnya antidepresan.

Saint John's wort membantu Anda tidur dan bermimpi dengan nyaman, namun tidak memiliki efek sedatif dan bermanfaat dalam meningkatkan kewaspadaan Anda.

• Akar Kava. Merupakan keluarga lada hitam, ramuan populer Kava (Piper methysticum), telah menjadi minuman herbal populer di Pasifik Selatan selama berabad-abad. Kava, yang tumbuh di pulau Polinesia, diketahui memiliki efek antidepresan yang menenangkan saraf dan meredakan stres, kelelahan, dan kecemasan.

Kava juga dapat membantu meringankan sakit kepala migrain dan kram menstruasi. Kava secara signifikan menghilangkan kecemasan dan stres, tanpa masalah ketergantungan atau kecanduan ramuan. Kava tidak boleh dikombinasikan dengan alkohol, karena dapat membuat efek alkohol lebih kuat.

Untuk lebih nyaman dalam penggunaannya, berkonsultasilah dengan dokter sebelum Anda menggabungkan kava dengan obat resep apa pun.

• SAM-e. Merupakan senyawa alami yang bermanfaat untuk membantu mengurangi kecemasan dan depresi ringan. SAM-e adalah singkatan dari S-adenosylmethionine, senyawa yang dibuat oleh sel-sel tubuh Anda. Sejak diperkenalkan di Amerika Serikat pada Maret 1999, lebih banyak orang yang membeli SAM-e daripada SaintJohn's-wort.

SAM-e juga telah terbukti membantu meringankan nyeri sendi dan meningkatkan fungsi hati, yang membuatnya populer bagi orang-orang yang menderita artritis.

• Asam gamma-aminobutyric (GABA). Asam amino ini diduga merupakan agen anti ansietas. Ini juga dapat membantu Anda tertidur jika Anda menderita sulit tidur.

• Inositol. Antidepresan alami ini hadir dalam banyak makanan, seperti sayuran, biji-bijian, susu, dan daging.

• Dehydroepiandrosterone (DHEA). Hormon ini diproduksi oleh kelenjar adrenal, tetapi produksi akan menurun seiring bertambahnya usia. Penelitian telah menghubungkan DHEA dengan suasana hati dan memori yang lebih baik.

• Melatonin. Hormon melatonin berfungsi meningkatkan kualitas tidur dan membantu mengatur ulang jam alami tubuh.

• Phosphatidylserine (PS). Ini adalah fosfolipid, zat yang memberi makan membran sel otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat ini memiliki sifat antidepresan alami.

• Tetrahydrobiopterin (BH4). Zat ini mengaktifkan enzim yang mengendalikan kadar serotonin, noradrenalin, dan dopamin, yang semuanya penting untuk suasana hati yang stabil. Beberapa studi menunjukkan BH4 adalah pengobatan alami yang efektif untuk depresi.

• Phenylethylamine (PEA). Senyawa yang mengandung nitrogen ini terbentuk dalam jumlah kecil di otak. Studi menunjukkan bahwasanya senyawa ini bekerja sebagai antidepresan alami.

• Rubidium. Unsur ini terjadi secara alami di tubuh kita dan merupakan keluarga yang sama dengan litium, kalium, dan natrium. Studi menunjukkan bahwa zat ini dapat bekerja sebagai antidepresan.

• Ginkgo. Tanaman yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, ginkgo adalah ramuan umum dalam pengobatan Cina. Ini dapat meningkatkan daya ingat, dan beberapa penelitian menunjukkan dapat meningkatkan efektivitas obat antidepresan.

• Akar Valerian. Mirip dengan akar Kava yang berfungsi sebagai agen anti-kecemasan, serta memerangi insomnia. Kombinasi akar valerian dengan passionf lower, oatstraw, atau chamomile sangat menenangkan dan mengencangkan, dan akar Valerian ini membuat Anda merasa dipulihkan dari masalah stres Anda.

• Ginseng. Suplemen herbal ini membantu Anda beradaptasi lebih baik terhadap stres (fisik atau psikologis). Suplemen ini juga dianggap untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

• Astragalus. Mirip dengan ginseng, ramuan Cina ini membantu Anda beradaptasi dengan stres dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh

Aromaterapi Meminimalisir Stres

Minyak atsiri, yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (kebanyakan bumbu dan bunga), dapat melakukan keajaiban untuk menghilangkan stres secara alami. Banyak minyak atsiri yang dikenal memiliki efek menenangkan dan bersifat antidepresan. Cara termudah untuk menggunakan minyak esensial adalah dengan mandi air hangat - cukup masukkan beberapa tetes minyak ke dalam bak mandi dan kemudian duduk dan rileks di dalamnya selama sekitar sepuluh menit. 

Minyak juga dapat dihirup (tuangkan beberapa tetes ke dalam mangkuk berisi air panas, miringkan dengan handuk di atas kepala Anda, dan bernapas), difusi (menggunakan cincin lampu atau diffuser keramik), atau disemprotkan ke udara sehingga berkabut dan kemudian Anda menghirupnya.

Minyak esensial berikut yang diketahui memiliki efek menenangkan, sedatif, dan / atau antidepresan: 

-  neroli, melati, bunga jeruk, kayu cedar, lavender (beberapa tetes pada bantal Anda juga akan membantu Anda tidur), chamomile, marjoram, geranium, nilam, mawar, sage, clary sage, dan cendana -

Aroma buah-buahan berikut juga dianggap menstimulasi dan memberi energi: lemon, grapefruit, peppermint, rosemary, dan pine.

Makanlah dengan Teratur untuk Mengurangi Stres

Kita sekarang mengerti bahwa berbagai nutrisi harian membantu mengatur tingkat stres dan suasana hati kita. Misalnya, tryptophan, yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya, membantu tubuh kita membangun neurotransmitter, seperti serotonin.

Vitamin B juga penting untuk kesehatan mental. Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan umum yang baik, sementara vitamin B kompleks lainnya (tiamin, ribof lavin, niasin, piridoksin, asam pantotenat, dan biotin) sangat penting untuk fungsi otak, memungkinkan Anda untuk menjadi sadar dan selalu waspada. Ketika Anda tidak memiliki "makanan otak" yang cukup, Anda bisa menjadi lebih rentan terhadap stres, kecemasan, atau depresi.

Daftar berikut mengidentifikasi berbagai nutrisi penting dan sumber alami nutrisi tersebut:

- Vitamin A / beta-karoten ditemukan dalam hati, minyak ikan, kuning telur, susu murni, dan mentega, sedangkan beta-karoten dalam sayuran hijau, buah kuning dan oranye. Nutrisi ini akan terkuras oleh kopi, alkohol, kortison, minyak mineral, lampu neon, pembersihan hati, asupan zat besi yang berlebihan, atau kekurangan protein.

- Vitamin B6 ditemukan dalam daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, hati, pisang, alpukat, anggur, pir, kuning telur, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.

- Vitamin B12 ditemukan dalam daging, produk susu, telur, hati, dan ikan. Kedua B12 dan B6 akan terkuras oleh kopi, alkohol, tembakau, gula, tiram mentah, dan pil KB.

- Vitamin C ditemukan dalam buah jeruk, brokoli, paprika hijau, stroberi, kubis, tomat, blewah, kentang, dan sayuran hijau. Vitamin C akan berkurang dalam tubuh kita apabila mengkonsumsi antibiotik, aspirin atau penghilang rasa sakit lainnya, kopi, stres, penuaan, merokok, soda kue, dan demam tinggi.

- Vitamin D banyak terdapat  pada susu yang diperkaya, mentega, kuning telur, minyak ikan, mentega, hati, paparan kulit terhadap sinar matahari, dan udang. Tidak ada sumber herbal untuk vitamin ini, karena vitamin ini tidak ditemukan pada tanaman. Vitamin ini akan  habis oleh minyak mineral yang digunakan pada kulit, sering mandi, dan tabir surya dengan SPF 8 atau yang lebih tinggi.

- Vitamin E ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian utuh, minyak hati ikan, sayuran berdaun segar, kangkung, kol, dan asparagus. Sumber herbal vitamen E termasuk alfalfa, pinggul mawar, jelatang, dang gui, selada air, dandelion, rumput laut, dan biji liar. Vitamin E akan habis jika mengosumsi minyak mineral dan sulfat.

- Vitamin K ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, minyak jagung dan kedelai, hati, sereal, produk susu, daging, buah-buahan, kuning telur, dan molase blackstrap. Sumber herbal vitamin K adalah jelatang, alfalfa, rumput laut, dan teh hijau. Vitamin K akan habis oleh penyinaran sinar-x dan bentuk-bentuk lain dari radiasi, polusi udara, enema, makanan beku, antibiotik, lemak tengik, dan aspirin.

- Tiamin (vitamin B1) ditemukan dalam asparagus, kembang kol, kol, kangkung, spirulina, rumput laut, dan jeruk. Sumber herbalnya adalah peppermint, burdock, sage, yellow dock, alfalfa, semanggi merah, fenugreek, daun raspberry, jelatang, catnip, selada air, yarrow, briar rose buds, dan rose hips.

- Riboflavin (vitamin B2) banyak terdapat pada  kacang-kacangan, sayuran, bawang, rumput laut, spirulina, produk susu, dan jamur. Sumber herbalnya adalah peppermint, alfalfa, peterseli, echinacea, yellow dock, hop, dandelion, ginseng, dulse, kelp, dan fenugreek.

- Pyridoxine (vitamin B6) ditemukan dalam kentang panggang dengan kulit, brokoli, prune, pisang, kacang kering dan lentil, serta pada semua daging, unggas, dan ikan.

- Asam folat (faktor B) ditemukan dalam hati, telur, sayuran hijau, ragi, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan (pisang, jus jeruk, dan jus jeruk bali), dan sayuran (brokoli, bayam, asparagus, dan kecambah brussels) . Untuk herbalnya adalah alfalfa, catnip, peppermint, peterseli, pisang raja, daun komprei, jelatang, buncis dan sage.

- Niacin terdapat pada biji-bijian, daging, dan kacang-kacangan, tetapi terutama di asparagus, spirulina, kol, dan bee pollen. Sumber herbalnya adalah hop, daun raspberry, semanggi merah, elm licin, echinacea, licorice, rose hips, jelatang, alfalfa, dan peterseli.

- Bioflavonoid ditemukan dalam pulp dan kulit jeruk. Sumber herbalnya adalah sayuran soba, ganggang biru-hijau, elderberry, buah hawthorn, pinggul mawar, ekor kuda, dan dompet gembala.

- Karoten ditemukan dalam wortel, kol, labu musim dingin, ubi jalar, sayuran berdaun gelap, aprikot, spirulina, dan rumput laut. Sumber herbalnya termasuk peppermint, dermaga kuning, uva ursi, peterseli, alfalfa, daun raspberry, jelatang, sayuran dandelion, rumput laut, bawang hijau, daun violet, cabai, paprika, tempat domba, sage, peppermint, chickweed, ekor kuda, cohosh hitam, dan naik pinggul.

- Asam lemak esensial, termasuk GLA, omega-6, dan omega-3, ditemukan dalam minyak rendah saff, minyak gandum, dan ikan berlemak. 

- Boron ditemukan dalam buah-buahan organik, sayuran, dan kacang-kacangan. Sumber herbalnya adalah semua gulma organik, termasuk buncis, krokot, jelatang, dandelion, dan dok kuning.

- Kalsium ditemukan dalam produk susu, sayuran berdaun hijau, brokoli, kerang, tiram, almond, kenari, biji bunga matahari, biji wijen (termasuk tahini), kacang polong, tahu, tulang ikan kalengan yang lembut (sarden, makarel, dan salmon), sayuran rumput laut, gandum, whey, dan kerang. Sumber herbalnya adalah valerian, rumput laut, jelatang, ekor kuda, peppermint, sage, uva ursi, dermaga kuning, chickweed, semanggi merah, oatstraw, peterseli, daun kismis hitam, daun raspberry, daun pisang dan biji-bijian, borage, daun dandelion, daun bayam, dan markas domba. Mineral ini akan terkuras oleh kopi, gula, garam, alkohol, kortison, enema, dan terlalu banyak fosfor. Kalsium dan magnesium membantu otak Anda untuk mengirimkan impuls saraf dengan benar.

- Chromium banyak terdapat pada  kacang-kacangan, jamur, hati, bit, dan gandum utuh. Sumber herbalnya adalah oatstraw, jelatang, semanggi merah, catnip, dulse, ubi liar, yarrow, ekor kuda, cohosh hitam, licorice, echinacea, valerian, dan sarsaparilla. Chromium akan habis oleh gula putih.

- Tembaga ditemukan dalam hati, kerang, kacang-kacangan, kacang-kacangan, air, biji-bijian yang ditanam secara organik, sayuran berdaun hijau, rumput laut, dan cokelat pahit. Sumber-sumber herbalnya adalah sage, ekor kuda, dan chickweed.

- Zat Besi terjadi dalam dua bentuk. Zat besi heme mudah diserap oleh tubuh; zat besi nonheme tidak mudah diserap, jadi sebaiknya dikonsumsi bersama Vitamin C. Zat besi heme ditemukan dalam hati, daging, dan unggas. Zat besi nonheme ditemukan dalam buah kering, biji-bijian, kacang almond, kacang mete, biji-bijian yang diperkaya dan gandum utuh, polong-polongan, dan sayuran berdaun hijau. 

Sumber herbal zat besi termasuk chickweed, rumput laut, burdock, catnip, paku kuda, akar althaea, milk thistle seed, uva ursi, daun dandelion dan akar, yellow dock root, dang gui, black cohosh, echinacea, daun pisang, sarsaparilla, jelatang, peppermint , licorice, valerian, dan fenugreek. 

Zat besi akan terkuras oleh kopi, teh hitam, enema, alkohol, aspirin, minuman berkarbonasi, kekurangan protein, dan kelebihan susu.

- Magnesium ditemukan dalam sayuran hijau, rumput laut, kacang-kacangan, biji-bijian, yogurt, keju, kentang, jagung, kacang polong, dan labu. Sumber-sumber herbalnya adalah oatstraw, licorice, kelp, jelatang, dulse, burdock, chickweed, akar althaea, paku kuda, sage, daun raspberry, semanggi merah, valerian, dok kuning, dandelion, atasan wortel, peterseli, dan evening primrose. 

Magnesium terkuras oleh alkohol, diuretik kimia, enema, antibiotik, dan asupan lemak berlebihan.

- Mangan ditemukan di setiap daun atau biji dari tanaman yang tumbuh di tanah yang sehat, serta di rumput laut. Sumber herbalnya  adalah daun raspberry, uva ursi, chickweed, milk thistle, dock kuning, ginseng, ubi liar, hop, catnip, echinacea, paku ekor kuda, rumput laut, jelatang, dan dandelion.

- Molibdenum ditemukan dalam produk susu organik, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. Sumber-sumber herbalnya  termasuk dandelion green, sage, oatstraw, fenugreek, daun raspberry, clover merah, ekor kuda, ekor kuda, chickweed, dan rumput laut. 

- Nikel ditemukan dalam cokelat, kacang-kacangan, kacang kering, dan sereal. Sumber-sumber herbal termasuk alfalfa, semanggi merah, oatstraw, dan fenugreek.

- Fosfor ditemukan dalam biji-bijian utuh, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sumber herbal adalah peppermint, dok kuning, milk thistle, adas, hop, chickweed, jelatang, dandelion, peterseli, dulse, dan semanggi merah. Nutrisi ini habis oleh antasida.

- Kalium ditemukan dalam seledri, kol, kacang polong, peterseli, brokoli, paprika, wortel, kulit kentang, terong, biji-bijian utuh, pir, buah jeruk, dan rumput laut. Sumber herbal termasuk sage, catnip, hop, dulse, peppermint, skullcap, kelp, red clover, paku ekor kuda, jelatang, borage, dan pisang raja. Kalium dihabiskan oleh kopi, gula, garam, alkohol, enema, muntah, diare, diuretik kimia, dan diet.

- Selenium ditemukan dalam produk susu, rumput laut, biji-bijian, bawang putih, hati, ginjal, ikan, dan kerang. Sumber herbal adalah catnip, milk thistle, valerian, dulse, black cohosh, ginseng, uva ursi, hop, echinacea, kelp, daun raspberry, kuncup dan pinggul, berry hawthorn, fenugreek, sarsaparilla, dan dok kuning.

- Silikon ditemukan dalam biji-bijian yang tidak dimurnikan, sayuran akar, bayam, dan daun bawang. Sumber herbal adalah ekor kuda, dulse, echinacea, cornsilk, burdock, oatstraw, licorice, chickweed, uva ursi, dan sarsaparilla.

- Belerang ditemukan dalam telur, produk susu, tanaman keluarga kubis, bawang, bawang putih, peterseli, dan selada air. Sumber herbal termasuk jelatang, bijak, pisang raja, dan ekor kuda.

- Seng ditemukan dalam tiram, makanan laut lainnya, daging, hati, telur, biji-bijian, bibit gandum, biji labu, dan spirulina. Sumber-sumber herbal termasuk sage, ubi liar, chickweed, echinacea, jelatang, dulse, milk thistle, dan sarsaparilla. Seng akan terkuras oleh alkohol dan polusi udara.

Stres memang sulit dihindari namun apapun alasannya, stres tetap harus diminimalisir karena dapat merusak metabolisme tubuh secara perlahan-lahan. Ingat.. senyumlah selalu jika Anda menghadapi masalah karena hal tersebut merupakan pertolongan pertama pada masalah stres....



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Apr 23, 2020, 3:26 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma