Buah Durian Terbaik Sukadana, Kayong Utara, Paling Enak Rasanya di Dunia

Buah Durian Terbaik Sukadana, Kayong Utara, Paling Enak Rasanya di Dunia

Kayong Utara Salah satu kabupaten dari Provinsi Kalimantan Barat,  yang memiliki sumber daya alam yang melimpah,  salah satunya sektor perkebunan,  terdapat banyak jenis buah-buahan yang dapat dinikmati di Kabupaten  Kayong Utara ini,  salah satunya adalah Buah Durian,  Buah Durian jika pada musimnya sangat banyak buahnya dan melimpah ruah baik dipinggir-pinggir jalan yang banyak dijual maupun di kebun-kebun durian yang banyak terdapat di perbukitan.

Kota sukadana menjadi center perdagangan buah durian,  Kota Sukadana merupakan ibu kotanya Kabupaten Kayong Utara,  di Daerah ini banyak ditemui pedagang-pedagang kecil di pinggiran jalan yang menjual buah durian, harga buah Durian mulai dari Rp. 5000/buah hingga Rp. 35.000/buah. 

Buah Durian memiliki cita rasa yang unik,  ada yang manis susu,  ada yang pahit-pahit manis, manis biasa hingga yang tawarpun juga ada. Buah Durian yang berbulu tajam ini memiliki aroma bau yang khas,  dari kejauhan dapat tercium baunya,  untuk menikmati lezatnya buah Durian dapat mengunjungi Daerah Kota Sukadana Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat. 

Buah Durian ini selain dapat dimakan langsung sambil minum kopi,  minum es juga dapat diolah untuk dijadikan tempoyak ataupun Dodol Durian atau sering dikenal Lempok Durian.  Untuk olahan tempoyak biasanya buah durian diambil isinya tergantung seberapa banyak buahnya kemudian dicampuri garam sedikit lalu disimpan di wadah botol minuman plastik dan ditutup rapat agar rasanya tidak berubah, karna jika tidak ditutup rapat setelah dimasukan kedalam botol tersebut maka rasa tempoyak tersebut daoat berubah rasa menjadi masam. 

Sedangkan untuk olahan Dodol Durian atau dikenal di Kota Sukadana ini adalah Lempok Durian,  sama halnya dari tempoyak yaitu isi buah durian diambil dari seberapa banyak  buah durian yang tersedia,  setelah itu dimasukan di wadah kuali besar beserta ditambahkan gula sedikit kemudian dimasak menggunakan api yang besar,  diaduk merata selama kurang lebih 6 sampai 7 jam lamanya, dimasak dengan waktu yang lama agar rasanya benar-benar terasa nikmat sebagaimana citarasanya lempok durian. 

Selain Buah Durian,  juga terdapat buah-buah lainnya seperti manggis, cempedak, rambutan dan Langsat yang secara bersamaan musim buahnya.  untuk buah Langsat masih mengandalkan impor dari buah Langsat Daerah  Punggur,  salah satu Daerah Kabupaten Kubu Raya yang merupakan lumbung produksi buah Langsat,  yang sejak dari dulu terkenal akan buah Langsatnya.

Buah Langsat yang juga hampir bersamaan menjelang musim panen rayanya dengan buah durian saat ini sehingga buahnya dijual dengan harga yang cukup murah dan terjangkau yaitu Rp.  10.000 perkilo. 

Tidak jarang disaat panen raya buah Durian sering diadakan event MAKAN BUAH DURIAN GRATIS,  hal ini rutin diadakan di Daerah Desa Sedahan Jaya yang merupakan salah satu Desa wilayah Kecamatan Sukadana,  Kabupaten Kayong Utara. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 12:28 AM - Adre Zaif Rachman