Bisnis UKM Anda Berjalan Kembang-kempis? Ikuti 10 Tips Sukses dalam Menjalankan Usaha Kecil Menengah

Bisnis UKM Anda Berjalan Kembang-kempis? Ikuti 10 Tips Sukses dalam Menjalankan Usaha Kecil Menengah

Untuk berhasil dalam bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) saat ini, maka pemilik bisnis  harus fleksibel dan memiliki keterampilan dalam perencanaan sistem bisnis dan manajemen yang baik terutama dalam urusan modal yang notabene lebih kecil dari perusahaan besar. Banyak orang memulai bisnis UKM dengan berpikir bahwa mereka hanya perlu menyalakan komputer mereka, mencari info via google atau dengan hanya membuka toko mereka dan mulai menghasilkan uang.

Tidak sesederhana itu, kenyataannya adalah menghasilkan uang dalam dunia bisnis nyata jauh lebih sulit daripada yang dipikirkan. Anda dapat menghindari ini dalam usaha bisnis anda dengan meluangkan waktu dan merencanakan semua langkah yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

Selama bertahun-tahun menjalankan bisnis kecil, pemilik bisnis UKM mau tidak mau akan mendapatkan banyak pelajaran tentang bagaimana mengembangkan dan menjalankan bisnis secara lebih efektif. Banyak dari bisnis UKM mendapatkan profit yang spektakuler dan bahkan bisa menyamai perusahaan besar yang kurang beruntung dengan penghasilannya yang selalu stagnan. Para pemilik bisnis UKM yang sukses tersebut memiliki kiat tersendiri dalam menjalankan bisnisnya.

Berikut adalah 10 kiat bisnis dari para pemilik bisnis UKM yang sukses dalam menjalankan bisnisnya:

1. Menjadikan Bisnis Teroganisir dengan Rapi

Untuk menjadi sukses dalam bisnis, para pemilik bisnis harus bisa mengorganisir dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum mengorganisir bisnisnya. Dan harus dilakukan secara profesional, sehingga akan tercipta disiplin yang kuat dalam diri sang pemilik bisnis. Menjalankan bisnis tanpa disiplin akan berakibat fatal pada bisnis yang bersangkutan.

Dalam mengorganisir diri sendiri, pemilik bisnis harus mengacu pada apa yang ditentukan dalam perencanaan hariannya. Cara yang terbaik dalam melakukan ini adalah membuat daftar tugas setiap hari. Saat anda menyelesaikan setiap item, periksa kembali daftar tugas anda tersebut. Ini akan memastikan bahwa tidak ada tugas yang terlupakan dan menyelesaikan semua tugas yang penting untuk kelangsungan bisnis. 

2. Membangun Jaringan Bisnis secara Online ataupun Offline

Sebagai pemilik bisnis yang sibuk, adakalanya menemukan waktu untuk berjejaring sosial merupakan hal yang sulit. Tetapi hal ini harus dilakukan dalam membangun keuntungan di masa depan. Berkumpul bersama dengan pemilik bisnis lain dalam acara santap bersama atau dalam komunitas olahraga, merupakan hal yang harus dilakukan jika bisnis ingin tetap bertahan dan up to date dengan informasi bisnis terkini.

Jaringan yang kita bangun dapat memberikan dukungan yang bagus dalam hal informasi bisnis, yang kadang kala kita terlambat mengetahuinya. Dengan teknologi informasi yang sudah canggih, jaringan juga dapat dibangun via internet dengan bergabung di berbagai komunitas online yang popular.

3. Menyimpan Catatan Detail Histori Bisnis

Semua bisnis yang sukses menyimpan catatan terperinci mengenai detail bisnis mereka. Dengan menyimpan catatan terperinci, maka akan diketahui kondisi terkini bisnis ini secara finansial dan potensi tantangan apa yang mungkin dihadapi untuk rentang waktu ke depan. 

Dengan mengetahui hal ini, akan memberikan  pemilik bisnis waktu untuk membuat strategi dalam mengatasi tantangan itu. Dan bahkan dengan data akurat dari catatan bisnis tersebut dapat meningkatkan profit bisnis.

4. Lakukan Analisa Terhadap Kompetitor 

Persaingan bisnis adakalanya menghasilkan profit bagi bisnis. Untuk menjadi sukses, para pemilik bisnis tidak perlu takut untuk belajar dan memahami sistem bisnis dari kompetitor. Jika mereka dalam kondisisi profit tinggi maka saatnya bagi anda untuk menganalisis bisnis mereka.

Bagaimanapun, mereka mungkin melakukan sesuatu yang benar yang dapat anda terapkan dalam bisnis anda untuk menghasilkan lebih banyak uang. Meskipun diperlukan modal yang lebih besar untuk menerapkan sistem bisnis para kompetitor tersebut, tidak ada salahnya kita juga menerapkan dalam bisnis kita. Berani berbisnis, juga harus berani mengambil resiko, bukan?

5. Memahami Risiko dan Profit

Kunci untuk menjadi sukses berbisnis adalah mengambil risiko yang telah diperhitungkan untuk membantu bisnis menjadi berkembang. Dan biasanya akan timbul pertanyaan yang menarik untuk dipertanyakan adalah "Apa kerugiannya?" Jika pemilik bisnis dapat menjawab pertanyaan ini, maka pemilik bisnis tersebut tahu apa skenario terburuknya. 

Pengetahuan mengenai manajemen resiko ini akan memungkinkan para pemilik bisnis untuk mengambil jenis risiko yang telah diperhitungkan dimana untuk kedepannya dapat menghasilkan profit yang luar biasa.

6. Berusaha Untuk Menjadi Lebih Kreatif

Kreatifitas diperlukan dalam bisnis dan biasanya menjadi kunci dari kesuksesan bisnis. Selalu melakukan inovasi dalam peningkatan bisnis dan membuatnya lebih menonjol dari pesaing. 

Ketahuilah bahwasanya seorang pemilik bisnis itu belum tentu mengetahui segalanya, selalu usahakan terbuka untuk ide-ide baru dan pendekatan baru dalam pengembangan bisnis ke depannya.

7. Tetap Fokus

Pepatah lama, "Roma tidak dibangun dalam sehari," berlaku di dalam dunia bisnis. Hanya karena anda membuka bisnis bukan berarti bisnis yang baru dijalankan akan segera mulai menghasilkan uang. Diperlukan waktu untuk memberi tahu orang-orang tentang apa bisnis terbut, jadi sangat dianjurkan untuk tetap fokus dalam mencapai tujuan jangka pendek terlebih dahulu.

8. Bersiaplah untuk Berkorban

Aturan umum untuk memulai bisnis adalah kerja keras, dan setelah anda mulai menjalankan bisnis, maka hal itu berarti pekerjaan baru saja dimulai. Dalam banyak kasus, para pemilik bisnis harus meluangkan lebih banyak waktu daripada jika bekerja untuk orang lain, yang mungkin berarti menghabiskan lebih sedikit waktu dengan keluarga dan teman untuk menjadi sukses.

9. Memberikan Layanan Bisnis yang Memuaskan

Ada banyak bisnis sukses yang lupa bahwa menyediakan layanan pelanggan yang ramah dan bagus itu adalah salah satu syarat bagi kesuksesan bisnis, dan itu adalah hal yang sangat penting dan tidak dapat dinegosiasikan. 

Jika anda memberikan layanan yang lebih baik untuk pelanggan setia maupun pelanggan yang masih baru, maka mereka akan lebih cenderung untuk datang dan datang lagi kepada anda saat mereka membutuhkan sesuatu daripada pergi ke pesaing anda.

10. Bersikap Konsisten

Konsistensi adalah komponen kunci untuk menghasilkan uang dalam bisnis. Pemilik bisnis harus terus melakukan apa yang diperlukan untuk menjadi sukses dan ini harus dilakukan setiap hari. Hal ini akan menciptakan kebiasaan positif yang akan membantu proses bisnis untuk menghasilkan profit dalam jangka panjang.

Bisnis UKM sangat menarik untuk dilakukan karena sifatnya yang fleksibel, dalam artian mudah untuk dimengerti alur bisnisnya dan mudah dalam proses modalnya. Jika kita berkata “modal” disini dalam artian jumlah yang dibutuhkan tidak spektakuler seperti jika ingin mendirikan perusahan besar.

Memang, urusan modal biasanya menjadi kendala dalam bisnis apapun juga meskipun itu jumlahnya kecil, namun jumlah yang kecil lebih mudah untuk diusahakan memperolehnya dibandingkan dengan modal besar, bukan?

Perencanaan bisnis UKM ketika akan memulainya, harus dilakukan dengan akurat. Manajemen bisnis dan resiko harus diimplementasikan secara tepat sebelum bisnis berjalan. Dengan 10 tips sukses ini, diharapkan anda dapat mewujudkan impian bisnis anda dalam waktu yang singkat atau paling tidak berhasil melaksanakan perencanaan bisnis anda dengan efisien meskipun waktu yang dibutuhkan agak lebih panjang.  

 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Feb 26, 2020, 9:13 PM - Maman suherman
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Dec 3, 2019, 4:24 PM - Agus Kurniawan
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager