Bintang Paling Terang dan Terdekat Dengan Bumi Di Prediksi Akan Meledak

Bintang Paling Terang dan Terdekat Dengan Bumi Di Prediksi Akan Meledak

Sama seperti materi lain yang memiliki umur dan tidak dapat terus ada selamanya, bintang-bintang juga memiliki umur suatu saat akan lenyap. Bintang-bintang mengakhiri evolusi mereka dengan meledak atau biasa disebut supernova.

Ketika supernova meledak sekitar 15.000 - 25.000 mil (15.000 - 40.000 kilometer)per detik materi terbuang ke ruang angkasa dan menjadi elemen-elemen di alam semesta.

Salah satu bintang paling terang Betelgeuse kini mulai menunjukan tanda-tanda akan meledak atau supernova. Peristiwa supernova ini akan menandai akhir riwayat dari suatu bintang.

Para astronomi dan pakar sains percaya bahwa peristiwa kosmik tersebut memiliki dampak ke bumi pasalnya bintang memiliki jarak paling dekat dari bumi. Menurut para astronom, meskipun usia bintang Betelgeuse masih berusia kurang dari 10 juta tahun bintang tersebut telah berevolusi dengan cepat karena massanya yang besar.

Betelgeuse telah menghabiskan beberapa minggu terakhir dengan meredup hal ini tidak biasanya terjadi seperti yang di jelaskan oleh astrofisikawan UC Barkeley Sarafina Nance, Betelgeuse tidak biasanya berdenyut dengan cara biasa kadang-kandang mengalami pereduban yang aneh itu bisa menjadi tanda bahwa akan meledak atau supernova.

Para astronom juga menghitung bahwa akan mencapai sekitar enam juta tahun gelombang kejut dan puing-puing mencapai tata surya kita. Beberapa bintang yang lebih masif dari pada matahari bisa jatuh dibawah beratnya sendiri begitu mereka menghabiskan helium dan hidrogen sebagai bahan bakar.

Pada akhirnya memaksa bintang untuk mengeluarkan lapisan luarnya ke ruang angkasa. Ketika Betelgeuse meledak beberapa memperkirakan akan sangat terang hingga tampak seperti bulan kedua di langit. Setiap kali akhirnya kita bisa melihat bintang kemerahan ini menuju supernova kita akan tahu itu mulai mati beberapa tahun sebelumnya.

Tidak semua supernova menghancurkan bintang, hal ini dikenal sebagai stellar impostors dan bukanlah supernova sejati meskipun mereka sering kali di kira sebagai bintang. Sebaliknya mereka adalah nova yang sangat kuat sebuah fenomena yang menyebabkan bintang harus mengeluarkan energi yang sangat besar jumlanya dan bisa mencerahkan secara signifinkan untuk periode yang sangat singkat.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin