Berikan Lebih Banyak Pelukan, Agar Hidup Lebih Sehat & Positif!

Berikan Lebih Banyak Pelukan, Agar Hidup Lebih Sehat & Positif!

Tidak ada yang lebih baik daripada memulai hari yang indah tanpa sebuah pelukan yang hangat. Jadi, kenapa kita tidak melakukan pelukan? Yuk, mari kita memiliki semangat yang membara dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih indah dan baik lagi bagi seluruh umat manusia. Dan semuanya, dimulai dari diri kita secara pribadi.

Doorrr! Sayangnya, realitas kemudian menyerang; karena apa? Karena tidak dari semuanya merasakan hal yang sama. Di bumi yang kita tinggali ini, kita menemukan dua jenis orang, yaitu pemeluk dan non-pemeluk. Apa bedanya dari kedua jenis orang ini? Menurut apa yang diyakini, jika semua non-pemeluk berubah menjadi seorang pemeluk, tidak akan ada lagi tempat yang tersisa bagi kebencian dan kemarahan didalam jiwa. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi, karena keduanya, bagaikan 2 sisi mata uang, sudah ada dan mengalir dalam genetik manusia. Karena itu, non-pemeluk sangat bersikeras berpendapat bahwa para pemeluk adalah para penjajah dari privasi pribadi dan sebuah ancaman bagi manusia untuk bertahan hidup. Sementara pemeluk mempercayai sebaliknya, dengan adanya sebuah pelukan yang hangat akan membuat orang merasa dimengerti dan dipahami. Yah, perbedaan pendapat memang akan selalu ada. Dan itu adalah hal yang lumrah.

Secara teknis, pelukan terjadi saat seseorang merangkulkan lengannya dengan penuh kehangatan dan kasih sayang kepada orang lain. Secara budaya, pelukan merupakan sebuah tindakan dalam rangka meningkatkan hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya secara fisik. Seperti yang sudah diketahui, bahkan sejak jaman sekolah dulu kita pernah belajar bahwa manusia merupakan makhluk sosial, mereka berinteraksi dan lebih memilih untuk tinggal dalam sebuah kelompok dan memiliki toleransi kedekatan terhadap satu sama lain karena berasal dari budaya yang sama.

Pelukan pada umumnya memang sebuah ekspresi untuk mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang secara meluap. Pelukan juga digunakan banyak orang dinegara didunia sebagai salam pembuka untuk menunjukkan keramahan seseorang pada pihak lainnya. Namun bagaimanapun, apakah Kamu tahu, kita sangat jarang berpikir di luar kotak kenapa sebauh pelukan yang sederhana memiliki dampak yang besar? Apakah tidak pernah terpikirkan  bahwa pelukan memiliki banyak manfaat dan kegunaan dibaliknya. Misalnya seperti pelukan dapat meningkatkan rasa bahagia seseorang, wow, sebuah kejutan yang luar biasa, kan... Dan, Semua orang suka berpelukan. Dan sejak saat itu pula, banyak para peneliti yang mencoba untuk menemukan lebih banyak manfaat dan kegunaannya.

Selama bertahun-tahun, melalui banyak penelitian yang mendalam, banyak ilmuwan yang telah menemukan bahwa sebuah pelukan yang baik dapat meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh, sebuah zat kimiawi yang dapat meningkatkan efek positif untuk tubuh. Misalnya secara aneh, semakin tinggi kadar zat oksitosin, akan semakin rendah hipertensi dan tekanan darah didalam tubuh manusia. Orang-orang merasa menjadi lebih rileks, santai dan memiliki waktu tidur yang berkualitas. Hal ini juga secara signifikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu meningkatkan fokus menjadi lebih baik. Orang-orang yang sering merasa gugup dan gemetar saat berbicara di depan umum bisa merasa lebih percaya diri dan lebih nyaman melakukannya juga karena lebih sering berpelukan dengan orang lain. Hal ini pada umumnya dikenal dengan sebutan "Hugging Hormone Syndrome".

Pelukan, Lebih Dari Sebuah Kata-Kata

Pelukan sebagai tanda keramahan dan kasih sayang hampir disetiap kebudayaan dibanyak tempat dan negara,  namun, sedikit berbeda dengan beberapa negara lainnya, contohnya Jepang. Orang Jepang dan beberapa penduduk negara lainnya masih merasa tidak nyaman untuk berpelukan. Mereka menganggap bahwa berpelukan adalah bentuk "penyerangan" terhadap ruang privasi atau pribadi mereka. Namun bagaimanapun, Kamu dapat melihat bahwa warga negara lainnya menemukan cara yang sempurna untuk mengungkapkan bentuk cinta melalui pelukan.

Baik disengaja ataupun tidak disengaja, orang telah berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan simbol, baik lisan maupun tulisan. Bahkan sejak awal mula kita dilahirkan. Ini artinya, sentuhan dianggap sebagai hal yang paling masuk akal dan membuat seseorang dapat merasa lebih positif dan luar biasa. Di negara-negara maju, selama bertahun-tahun, peneliti telah melakukan riset dan studi. Studi dan riset ini dilakukan di beberapa panti asuhan, mereka mengamati perilaku dari bayi dan balita, dan menemukan bahwa bayi yang jarang digendong atau dipeluk, atau tidak menghabiskan waktu bersama secara optimal memiliki perbedaan dalam perilaku mereka. Ceritanya, sebuah kelompok perawat ditugaskan ke beberapa institusi untuk mengurus dan merawat bayi-bayi disana. Tepatnya di tiga panti asuhan. Di Panti asuhan pertama, bayi dan balita hanya diberi makan dengan menggunakan botol-botol yang disangga dan berbaring di tempat boks selama sepanjang hari, sementara di panti asuhan yang lainnya, bayi dan balita ditangani dengan baik dan diberikan pelukan yang hangat dan kasih sayang. Akhirnya para peneliti menemukan bahwa bayi pada pada panti asuhan pertama ternyata menghadapi kesulitan dalam perkembangan kognitif mereka.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Pelukan & Manfaatnya

Kedengarannya sedikit gila, namun faktanya, banyak sekali manfaat yang mungkin belum ditemukan dari efek berpelukan.

Apakah Kamu tahu, dalam sebulan orang-orang pada umumnya menghabiskan waktu hampir satu jam untuk berpelukan, meski mengingat bahwa setiap pelukan biasanya hanya terjadi dalam waktu kurang dari 10 detik.

Sebuah pelukan yang penuh gairah juga dapat merangsang sistem saraf seseorang dan dapat menghapus rasa kesepian dan ketakutan dari dalam batinnya. Selain itu, berpelukan juga dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan harga diri dalam diri seseorang.

Bagaimana dengan anak-anak? Anak - anak yang cenderung menghadapi keterlambatan dalam kemampuan membaca dan memahami tulisan terjadi jika mereka tidak cukup tenang. Dan sekali lagi, memeluk mereka dengan penuh kasih adalah salah satu pemecahan dan solusinya.

Dilain sisi, ada sebuah percobaan menarik dilakukan oleh sekelompok pasangan pria dan wanita. Mereka yang telah berhubungan selama lebih dari 5 tahun dan saling mengenal satu sama lain. Meskipun berhubungan, mereka tetap memiliki konflik, cekcok dan beda pendapat dengan pasangannya. Namun, hal menarik terjadi ketika setiap pasangan memeluk satu sama lain, pelukan membuat intensitas perdebatan dan konflik yang mereka alami berkurang secara otomatis. Jadi dapat diketahui disini, pelukan memiliki dampak langsung pada suasana hati; Pelukan harian juga dapat bertindak sebagai stimulan untuk memperkuat daya tahan individu dan menghapus hal-hal negatif dalam diri dan orang lain. Setelah berpelukan, efek positif akan tinggal lebih lama pada orang yang melakukannya.

Terapi Peluk - Semua Karena Cinta

Sebagai makhluk sosial, manusia mendambakan sentuhan. Bahkan sejak mereka masih didalam kandungan hingga masa kanak-kanak dan remaja, sentuhan menjadi momen yang sangat mengesankan. Sentuhanlah yang membuat kita merasa dapat terhubung dengan orang lain.

Hidup ini memang tidak mudah bagi semua orang, baik yang punya pengalaman baik maupun buruk. Pengalaman yang baik membuat kenangan yang baik pula, sementara pengalaman buruk meninggalkan bekas luka. Bekas luka ini tidak selalu terlihat dan hanya hubungan yang positif dan emosionallah yang bisa menyembuhkan mereka, yaitu dengan melakukan Terapi Berpelukan. Terapi Berpelukan adalah terapi sederhana yang dapat bekerja secara ajaib dalam kehidupan; yaitu memberikan rasa nyaman dan menyembuhkan diri dari pengalaman hidup yang stres dan penuh tekanan.

Jadi, bagi Ada yang ingin sembuh dan mencoba terapi pelukan, ada banyak kelompok dan kamp pelatihan untuk rekreasi kesehatan mental yang dapat mendorong lebih banyak orang untuk melakukan pelukan secara rutin, bahkan untuk lebih menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang serta memperkuat ikatan satu sama lain. Menarik sekali bukan...

Mari peluk orang terkasih disamping Kamu.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Content Writer, Copywriter, Internet & Affiliate Marketer di CaraBisnisOnline.Net

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 1, 2020, 10:51 PM - Darmoko Yuti Witanto
Jan 26, 2020, 3:11 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin