Berbahaya! Inilah 7 Resiko Terlalu Lama Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Berbahaya! Inilah 7 Resiko Terlalu Lama Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Ponsel atau smartphone merupakan salah satu gawai yang sudah melekat pada manusia, hampir setiap hari, jam, menit hingga detik, manusia selalu menggunakan ponselnya. Tak bisa dipungkiri ponsel memiliki banyak fungsi seperti alat komunikasi, alat untuk bersosialisi, untuk mencari informasi, hiburan dan bahkan sebagai media untuk mendapatkan penghasilan.

Bahkan saat ini anak kecil pun tak bisa lepas dari ponselnya meskipun hanya sekedar bermain game online yang mengakibatkan mereka lupa diri dan waktu. Bahkan ada yang bermain ponsel hingga larut malam sampai waktu tidur pun masih sibuk dengan gadjetnya.

Namun bermain ponsel saat hendak tidur ternyata memiliki resiko atau bahaya yang cukup menakutkan terutama untuk kesehatan, dan berikut beberapa resiko akibat terlalu banyak bermain ponsel saat hendak tidur sebagaimana Dilansir dari CNN Indonesia.

1. Mengurangi Kualitas Tidur.

Ini sudah jelas karena bermain ponsel sebelum tidur bisa membuat pikiran dan otak tak nyaman, hal itulah yang membuat kualitas tidur anda kurang bagus.

2. Sulit untuk Tidur.

Ponsel memiliki sinar atau cahaya biru yang bisa membuat anda sulit untuk tidur karena sinar elektronik ponsel bisa menekanĀ  hormon melatonin yang membuat anda sulit untuk terhanyut ke alam mimpi.

3. Dapat Mengurangi Tidur REM.

Sebelumnya dapat dijelaskan tidur REM adalah suatu proses tidur yang dapat membantu memulihkan badan dan pikiran. Dan menurut sebuah penelitian dampak kurangnya tidur REM adalah membuat anda sulit untuk mendapatkan kondisi tubuh yang maksimal untuk esok hari.

4. Capek Saat Bangun Tidur.

Akibat terlalu banyak bermain handphone sebelum tidur dapat membuat tubuh capek ketika bangun tidur, kembali lagi karena pengaruh cahaya ponsel.

5. Kelelahan Pada Otak.

Otak yang seharusnya diistirahtkan menjelang tidur malah digunakan untuk main ponsel, tentunya hal tersebut membuat otak lelah karena digunakan untuk melakukan sesuatu yang cukup memporsir otak, apalagi ponsel bisa memancarkan sinar biru yang membuat otak harus bekerja lebih keras.

6. Dapat Membuat Kerusakan pada Mata.

Hal ini cukup parah karena bisa membuat mata menjadi rusak akibat terlalu sering menatap layar handphone sebelum tidur.

7. Bisa Mengakibatkan Depresi.

Menurut penelitian sebuah universitas terkemuka di Australia terlalu sering menggunakan ponsel sebelum tidur dapat membuat mental atau psikis seseorang terganggu.

So, mulai sekarang kurangilah untuk menggunakan ponsel sebelum tidur kecuali ada hal penting dan mendesak yang mengharuskan kita kembali menggunakan ponsel dan juga diusahakan selalu beristirahat setelah beberapa waktu memakai smartphone.

Sayangilah tubuh anda, tak ada yang melarang anda menggunakan ponsel tapi kembali lagi harus sesuai dengan porsi atau tak berlebihan.

Semoga bermanfaat ya guys.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Dec 13, 2019, 1:41 AM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma