Beginilah Cara Coronavirus Akan Menghancurkan Ekonomi

Beginilah Cara Coronavirus Akan Menghancurkan Ekonomi
Meskipun Federal Reserve bergerak selama akhir pekan untuk memangkas suku bunga dan membeli treasury, pasar di seluruh dunia jatuh pada hari Senin. Coronavirus mengancam untuk memicu penularan keuangan dalam ekonomi dunia dengan kerentanan yang sangat berbeda daripada menjelang krisis keuangan global, 12 tahun lalu.
 
Dalam cara-cara kunci dunia sekarang dalam atau lebih dalam utang seperti ketika krisis besar terakhir melanda. Tetapi kumpulan utang terbesar dan paling berisiko telah bergeser - dari rumah tangga dan bank di Amerika Serikat, yang ditahan oleh regulator setelah krisis, ke perusahaan di seluruh dunia.
 
Ketika bisnis berurusan dengan prospek penghentian tiba-tiba dalam arus kas mereka, yang paling terekspos adalah generasi perusahaan yang relatif baru yang sudah berjuang untuk membayar pinjaman mereka. Kelas ini termasuk "zombie" - perusahaan yang berpenghasilan terlalu sedikit bahkan untuk melakukan pembayaran bunga atas utang mereka, dan bertahan hanya dengan mengeluarkan utang baru.
 
Realitas dystopian dari bandara yang sepi, kereta-kereta kosong, dan restoran-restoran yang jarang ditempati sudah sangat merugikan aktivitas ekonomi. Semakin lama pandemi berlangsung, semakin besar risiko bahwa penurunan tajam berubah menjadi krisis keuangan dengan perusahaan zombie memulai rantai default seperti hipotek subprime pada 2008.
 
Selama seabad terakhir, resesi hampir selalu dimulai oleh periode berkelanjutan tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Tidak pernah virus: Kerusakan yang ditimbulkan oleh penularan seperti itu pada ekonomi dunia biasanya berlangsung tidak lebih dari tiga bulan. Sekarang pandemi sekali dalam satu abad ini menghantam ekonomi dunia yang dibebani dengan rekor tingkat utang.
 
Bank-bank sentral di seluruh dunia bangun dengan prospek bahwa krisis uang tunai dapat menyebabkan krisis keuangan, seperti pada tahun 2008. Itulah mengapa Federal Reserve mengambil langkah-langkah pelonggaran agresif pada hari Minggu yang langsung keluar dari buku pedoman krisis 2008. Meskipun tidak jelas apakah tindakan The Fed akan cukup untuk mencegah pasar dari panik lebih lanjut, ada baiknya bertanya: Mengapa sistem keuangan merasa begitu rentan lagi?
 
Sekitar tahun 1980, utang dunia mulai naik dengan cepat ketika suku bunga mulai turun dan deregulasi keuangan membuatnya lebih mudah untuk dipinjamkan. Hutang naik tiga kali lipat ke puncak bersejarah lebih dari tiga kali ukuran ekonomi global menjelang krisis 2008. Hutang jatuh tahun itu, tetapi rekor suku bunga rendah segera memicu serangkaian pinjaman baru.
 
Kebijakan uang yang mudah ditempuh oleh Federal Reserve, dan ditandingi oleh bank sentral di seluruh dunia, dirancang untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dan untuk merangsang pemulihan dari krisis. Sebaliknya, banyak dari uang itu masuk ke ekonomi keuangan, termasuk saham, obligasi, dan kredit murah untuk perusahaan-perusahaan yang tidak menguntungkan.
 
Ketika ekspansi ekonomi terus berlanjut, tahun demi tahun, kreditor semakin longgar, memberikan pinjaman murah kepada perusahaan-perusahaan dengan keuangan yang dipertanyakan. Hari ini beban utang global sekali lagi berada pada titik tertinggi sepanjang masa.


It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

saya suka menulis di blog sendiri juga terkadang menulis/membantu menyusun angka-angka di analisis data spss

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma