Begini Cara Convert Excel ke PDF Tanpa Terpotong

Begini Cara Convert Excel ke PDF Tanpa Terpotong

Hai semua, seperti yang kita tahu kalau PDF memang dapat dibuka di mana saja dengan mudah dan tanpa mengubah susunan yang ada pada dokumen tersebut.

Selain itu, file dengan format PDF memiliki size yang tidak begitu besar, jadi bisa menghemat memori penyimpanan kamu.

Terlebih jika kita menyimpan, mendownload dan membaca file PDF melalui smartphone maka kita akan benar-benar memilih file-file mana saja yang penting untuk kita simpan agar tidak memenuhi memori smartphone, khususnya smartphone yang tidak memiliki kapasitas memori yang terlalu besar.

Soal meng-convert file, bukan cuma word saja yang bisa di convert, tetapi excel juga bisa di convert menjadi file dengan format PDF.

Tetapi, saat kita akan meng-convert excel ke PDF, terkadang hasil file yang ada di PDF menjadi terpotong.

Kalau kalian pernah mengalaminya, berarti kita sama.

Buat saya pribadi, ternyata meng-convert excel ke PDF gak se-simple meng-convert file word dan powerpoint.

Setelah coba otak-atik dan klik sana klik sini akhirnya bisa juga, sampailah file excel bisa berubah menjadi file PDF tanpa terpotong.

Hingga pada akhirnya jadi juga tutorial ini.

Satu hal yang perlu teman-teman tahu, cara ini tidak perlu menginstall aplikasi tambahan ataupun secara online.

Karena cara ini hanya menggunakan microsoft excel itu sendiri.

Baiklah, kalau begitu saja akan coba share pengalaman saya dalam meng-convert excel menjadi file dengan format PDF.

  1.  Buka file excel yang akan kamu convert.
  2.  Klik Tab file, kemudian pilih Page Break Preview.

Dengan menggunakan page break preview, teman-teman bisa mengetahui batas masing-masing page sekaligus menyesuaikan batas tiap page dengan klik dan drag garis yang berwarna biru. Garis berwarna biru yang di klik dan drag ini yang menentukan terpotong atau tidaknya file excel. Oleh karena itu teman-teman bisa menyesuaikan agar pas di satu halaman sehingga tidak terpotong. Seperti contoh di bawah ini :

Dari gambar diatas, file excel yang akan saya convert ke PDF terdiri dari baris ke 1 sampai baris ke 32 dan juga dari kolom A sampai kolom AP. Pada gambar diatas juga sudah tertulis page 1 dan page 2 yang artinya hasil convert file pdf akan menjadi 2 halaman. Page 1 saya sesuaikan dari kolom A sampai dengan kolom AG yang artinya, nanti halaman 1 pada file PDF hasil convertnya akan menampilkan kolom A sampai dengan kolom AG juga. Ini berlaku juga pada page 2 excel mulai dari kolom AH sampai dengan kolom AP yang akan ditampilkan di PDF halaman ke dua.

       3. Untuk langkah selanjutnya ini adalah opsi. Yaitu pengaturan orientation pada page layout. Pada file excel yang saya gunakan, saya menggunakan default yaitu portrait. Jadi nanti halaman pdfnya juga akan portrait. Namun, jika data yang teman-teman pakai, kebetulan lebih dari kolom AP teman-teman bisa merubah page layoutnya menjadi landscape.

       4. Jika semuanya sudah disesuaikan, step selanjutnya adalah klik file kemudian pilih save as. Save as type pilih yang PDF. Selesai.

Sekarang, file excel saya sudah berubah menjadi file dengan format PDF menjadi 2 halaman dan hasilnya tidak terpotong. Perhatikan gambar dibawah ini :

Jika kita tidak menyesuaikan halaman, seperti yang saya jelaskan di langkah ke dua maka hasilnya akan terpotong seperti gambar di bawah ini :

Dari gambar diatas yang diberi kotak merah merupakan potongan dari kolom ke 4 yaitu Islamic work ethic (X3).

Nah, itu tadi teman-teman, cara yang biasanya saya lakukan agar file excel tidak terpotong. Intinya kita harus menyesuaikan halaman pada page break preview. Semoga bermanfaat.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Mar 9, 2020, 7:42 PM - Shinta Kusuma
Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz