Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan sebagai Tips Sukses Menulis Artikel Menarik dan Dibayar di Internet

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan sebagai Tips Sukses Menulis Artikel Menarik dan Dibayar di Internet

Bagi sebagian orang, membaca adalah sebuah pekerjaan yang cukup membosankan, terutama di zaman serba canggih seperti saat ini. Orang akan lebih memilih untuk "menonton" ketimbang membaca, lebih memilih mendengarkan dari pada harus fokus membaca serta kemudian menyimpulkannya sendiri. Namun, beberapa orang tetap memilih membaca walaupun faktanya cukup sedikit yang termasuk pada bagian ini. Dalam hal membaca, pembaca akan cenderung membaca artikel atau lainnya yang menurut mereka menarik, terkini atau teraktual, dan pastinya memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Nah, sebagai seorang penulis.. maka hal - hal diatas adalah sebuah tantangan. Terutama bagi penulis online, yang pastinya berhubungan dengan mesin pencari atau penelusur seperti google dan lain - lain, yang sangat erat kaitannya dengan minat pengunjung.

Kecerdikan seorang penulis dalam menulis artikel cukup terukur diera sekarang ini, dimana butuh energi lebih untuk menghasilkan sebuah karya tulis yang dapat menarik minat pembaca dan bahkan bisa membuat betah pembaca untuk membaca karya tulis tersebut, baik berupa puisi, cerpen, resensi ataupun artikel. Khusus untuk artikel ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi penulis, terutama penulis online yang akan menerbitkan tulisannya diberbagai situs internet yang ada, yang pada prosesnya melalui tahap seleksi oleh pihak admin situs atau pihak selektor yang kemudian dapat diterbitkan pada suatu situs tertentu.

Dibawah ini penulis sampaikan beberapa hal yang harus dan wajib diperhatikan dalam menulis artikel agar artikel yang dihasilkan menarik dan dapat menghasilkan uang atau dibayar : 

1. Pemilihan Tema

Menurut pengamatan penulis, hal ini adalah yang terpenting, karena pemilihan tema yang tepat dapat menentukan tingkat kunjungan pembaca pada artikel anda. Maka, ada baiknya jadikanlah hal / kejadian / sesuatu yang sedang ramai dibicarakan banyak orang, dengan kata lain pilihlah tema tentang "Apa" yang sedang menjadi trending saat ini. Dalam hal ini berarti artikel anda memenuhi syarat keaktualan atau terkini, sehingga memungkinkan pembaca tertarik untuk membaca artikel anda. Dari pihak penyeleksipun, hal ini memungkinkan karena tujuan dari penerbitan artikel anda adalah untuk menarik minat pembaca pada situs mereka.

Selain itu, jika bukan tentang hal terkini, opsi berikutnya yang mungkin bisa anda lakukan adalah memilih tema artikel tentang sesuatu yang belum pernah ditulis atau belum ramai ditulis oleh penulis lain, nah.. untuk hal ini biasanya dapat diaplikasikan pada artikel yang membahas tentang tutorial, dan wisata. Sehingga, ketika pembaca menginginkan informasi tentang hal diatas, pilihan pembaca adalah harus membaca artikel anda.

2. Pemilihan Judul

Pada sebuah karya tulis, Judul merupakan hal utama yang menjadi perhatian pembaca, oleh karenanya penulis harus pandai - pandai dalam memberikan judul pada hasil karya tulisnya termasuk artikel. Seorang penulis harus dapat menarik perhatian pembaca melalui judul tulisannya, bila itu artikel maka judul artikel harus dibuat semenarik mungkin sehingga pembaca akan memilih untuk membaca artikel anda.

Namun, ada pula hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan judul artikel dimana judul harus mewakili isi dan judul jangan sampai hanya menarik namun tidak sesuai dengan isi artikel. seperti, beberapa yang pernah penulis sendiri temukan, bahwa pada sebuah artikel tidak terdapat kesesuaian antara judul dengan isi, dimana hal ini akan membuat artikel anda tidak mungkin lolos tahap seleksi dan tidak mungkin dapat terbit, karena tujuan anda adalah untuk menerbitkan artikel anda pada situs tertentu dan mendapatkan komisinya.

3. Cara Penyampaian

Pada bagian ini penulis ingin menyampaikan kepada sahabat semuanya bahwa cara penyampaian menyangkut pada beberapa hal diantaranya: 

** Sasaran Artikel , dalam hal ini seorang penulis harus mampu menentukan sasaran pembacanya, sehingga dapat menyesuaikan dengan tatacara penyampaian, apakah itu kalangan muda, pebisnis atau lainnya.

** Pemilihan bahasa, patut untuk diketahui bahwa pembaca tidaklah memiliki tingkat pengetahuan yang sama, maka cobalah menuliskan artikel anda dengan bahasa yang dapat dan mudah dimengerti oleh setiap kalangan, dan tetap dapat menyampaikan informasi yang ingin anda sampaikan kepada pembaca, dengan kata lain tidak perlu menggunakan bahasa yang mungkin saja asing bagi sebagian pembaca, jikapun ada maka berikanlah penjelasan sesudahnya. 

Karena menurut penulis sendiri, menulis artikel bukanlah ajang untuk menunjukkan keegoisan kita sebagai penulis terutama tentang kosakata dan kepiawaian dalam berbahasa asing. Namun tujuan dari penulisan artikel adalah untuk memberikan informasi bagi yang membutuhkan.. so.. cobalah menuliskan artikel anda dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga apa yang ingin anda sampaikan sebagai penulis dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

4. Kesesuaian isi Artikel dengan Judul

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa judul harus mewakili isi dan isi harus mendukung judul. sehingga memungkinkan pembaca untuk menerima informasi yang tepat yang mereka butuhkan dan ketika mereka kembali membutuhkan informasi atas yang sama, memungkinkan pembaca untuk kembali mengunjungi artikel anda.

5. Gambar Pendukung

Hal ini juga perlu diperhatikan, membuat menarik sebuah artikel adalah hal wajib asalkan tidak berlebihan. hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan gambar pendukung yang sesuai dengan tema artikel anda.

6. Orisinilitas Karya Tulis

keorisinilan atau keaslian karya tulis tentu menjadi fokus utama bagi tim seleksi atau auditor, karena hal yang satu ini berkaitan erat dengan hak cipta. Dan, penciplakan atau plagiarisme / plagiat merupakan sesuatu yang dapat dijeratkan dengan hukum, sehingga penerbit dan penulis bisa mendapatkan masalah dari hal ini, dan sudah barang tentu artikel anda tidak akan dapat diterbitkan dan harapan mendapatkan bayaran dari artikel anda hanyalah harapan belaka. 

Nah, sahabat pembaca yang budiman sekian tips dan informasi dari penulis, semoga dapat memenuhi kebutuhan pembaca sekalian akan informasi ini, dan semoga dapat diterima dengan baik dan memotivasi anda untuk menulis artikel yang menarik dan mendapatkan penghasilan dari artikel anda.. 

so.. see u.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Jan 1, 2020, 4:48 PM - Rianda Prayoga
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Recent Articles
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
May 20, 2020, 12:58 PM - Rahmat Gunawan