Apakah Menjadi YouTuber itu Usaha yang Menjanjikan?

Apakah Menjadi YouTuber itu Usaha yang Menjanjikan?

Rahayu …..

Hari ini saya mau berbagi informasi tentang apakah menjadi youtuber bisa memenuhi kebutuhan hidup? Nah sebelum itu, saya mau kasih sedikit penjelasan tentang apa itu youtuber. Saya yakin teman teman pembaca sudah pada tahu apa itu youtuber. Tapi akan tetep saya tuliskan sebagai pembuka artikel ini.

Youtuber berasal dari kata youtube. Siapa yang tidak kenal youtube? Ya … Youtube adalah salah satu website yang di dalamnya berisi berbagai macam video yang di upload oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Nah, sedangkan youtuber adalah orang yang aktif di website tersebut. Aktif disini maksudnya adalah aktif membuat konten berupa video untuk di upload di youtube, aktif berkomentar dan membalas komentar, memberi like atau dislike, membuat playlist, dan melakukan siaran langsung, serta masih banyak lagi yang berhubungan dengan youtube.

Nah, banyak anak-anak sekarang ini, anak zaman milenial ini, mereka suka nonton youtube dan ingin sekali menjadi seorang youtuber. Apalagi mereka tau kalau menjadi youtuber itu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Dari jutaan hingga puluhan juta bisa didapat dalam waktu singkat. Biasanya 1 bulan. Nah dengan adanya bayaran tersebut, ya jelaslah…. Mereka sangat ingin menjadi youtuber. Bermodalkan hape, buat konten, upload, dan sebarkan ke yang lain serambi menunggu viral. Kalau sudah viral, nanti dapat uang dari youtube.

Namun yang menjadi masalah adalah apakah segampang itu? Apakah segampang membuat akun youtube, membuat video, edit, upload, dan share? Ya yang mereka tau Cuma itu. Tapi kenyataan dibaliknya sangat bikin membuat putus asa. Heheheheh. Apalagi masih bocah……… hmmm

Yang perlu diketahui pertama kali sebelum terjun ke dunia youtuber adalah niat. Apa niatnya? Kalau sekedar niat senang-senang, ya lakukan saja. Tapi… kalau sudah niatnya cari uang, mending kerja jualan aja dirumah hehehehe……………..

Baiklah, saya akan bahas step by step bagaimana menjadi youtuber yang oke untuk pemula. Dan disini juga saya akan bahas sedikit bagaimana permasalahan yang dihadapi sehingga ini menjadi perhitungan dalam menjadikan youtube sebagai sumber mata pencaharian.

1.       Niat

Niat tadi sudah ya. Kalau niatnya senang-senang, cukup membaca artikel ini sampai sini saja. Tapi kalau niatnya cari uang, hmmm,,,, bersabarlah. Harus baca artikel ini lebih lanjut lagi.

2.       Daftar akun youtube

Kalau ini gampang banget ya. Tinggal buka youtube dan sign up. Lengkapi formulirnya baik-baik sejujur jujurnya. Takutnya, kalau ngga jujur, nanti malah ada pemberitahuan ga bisa diubah Namanya, kan bingung. Saya ada aplikasi tertentu yang karena saya masukkan nama pena malah tidak bisa Tarik duit ke bank karena beda nama. Hmmm, Jadi lebih baik isi lengkap dengan sebenar benarnya. Kecuali untuk sekedar senang-senang, maka silahkan.

3.       Punya Perlengkapan

Perlengkapan disini adalah perlengkapan membuat video. Diantaranya ya kamera, atau yang sederhana adalah HP. Setidaknya, kalau pakai HP, pakailah yang camera jernih. Kalau anda upload video yang burem, emang ada yang mau nonton? Ya ada, paling Cuma dikit. Orang orang kalau ke youtube pasti cari video yang jernih. Maka dari itu pakailah kamera yang jernih. Lalu selain kamera ada aplikasi editing. Entah itu lewat HP ataupun di PC. Kalau saya sih rekomended di PC. Karena bisa mudah ngerjainnya. Menu aplikasinya juga lebih banyak. Kalau di HP kadang terbatas. Belum lagi aplikasi yang ada watermarknya. Kan ga enak dilihat. Kalau pakai PC, bisa ini itu dengan mudah. Dan pastinya harus ada PC nya. Ini usaha yang harus dikerjakan. Gak ada HP atau PC, gimana mau kerja? Milikilah PC yang speknya oke untuk editing. Kalau speknya oke, enak buat editing. Permisalannya begini, anda punya hape jadul dengan ram 128 mb saja. Trus anda pakai aplikasi dengan minimal ram 2 gb. Ya modarrrrr………. Milikilah ram yang besar agar ga sendat waktu editing.

Nah sampai sini, masih mau lanjut jadi youtuber? Kalau masih, ayo lanjut bacanya. Kalau gak sanggup berhenti disini aja.

Selain PC dan kamera, ada juga mic. Mic yang bagus harganya juga bagus gan….. Tentunya kalau bagus, kan suara dalam video jadi bagus. Emang mau videonya suaranya kresek-kresek? Atau malah ga kedengeran? Heheheh……

Ada lagi lighting ya tentunya untuk pencahayaan kalau suasananya gelap. Dan masih banyak lagi peralatan penunjang. Intinya sih. Kalau yang paling sederhana itu HP, dan punya aplikasi editing. Udah ini cukup sederhana banget.

4.       Bikin Konten

Konten yang menarik tentunya akan ditonton orang. Bagaimana membuat konten menjadi menarik? Coba deh, setelah anda buat video. Tonton lah videomu. Kira-kira menarik ngga untuk ditonton? Membosankan ngga? Atau malah alay? Nah itu dari kamu. Tanyakan juga ke orang terdekat. Ini sudah baik belum videonya? Kalau sudah okelah. Minimal 3 orang untuk ditanyain. Sanggup nerima kritik kalau video masih jelek? Hehehehe…..

Konten yang baik tentunya tidak hanya sekedar hiburan. Tapi ada nilai-nilai di dalamnya yang bisa diambil untuk kebaikan diri dan juga orang lain. Bukan sekedar bikin asal. Yang ada malah capek sendiri. Trus malah nyampah lagi.

5.       Upload ke YouTube

Ngupload ini aja ada ketentuannya. Gak asal ngupload. Pastinya kamu donk kapan orang-orang suka liat video dengan tema tertentu. Misal suka channel horror, ya upload nya malam. Suka channel anak-anak, uploadlah sore. Dan masih banyak lagi. Ada judul video yang harus dibuat sedemikian rupa sehingga orang tertarik dengan judul videomu. Bingung bikin judul? Yaudah, jangan lanjut jadi youtuber hehehe…… Setelah judul ada deskripsi. Ini dibuat supaya kalau ada orang ngetik kata kunci di youtube, bisa ketemu video kita. Kalau engga? Yaudah, trus belajar supaya tau dimana letak kesalahannya.

6.       Upload Rutin

Rutin, jangan Cuma sekali setahun, Ya mati channelnya hehehee……….. Ngapain juga subscribe channel yang males diurus. Ya kan? Rutinlah misal seminggu sekali. Sanggup? Atau 2 minggu sekali. Biar orang tau, channelmu hidup gengs…. Sampai sini sanggup? Kalau ngga sanggup buat video rutin, ga usah jadi youtuber ya… hehehe

7.       Ketentuan AdSense

Nah buat yang belum tau apa itu adsense, adsense adalah layanan penyedia iklan. Yang mana kalau kita daftar melalui youtube itu ada kriteria yang harus dilakukan agar daftar adsense ini keterima. Nah, makin tahun, syarat daftar adsense ini makin rumit. Mulai dari 2019 lalu, syaratnya adalah minimal punya 1000 subscriber. Lha nyari 1 subscriber aja susah amat. Nyuruh orang? Bisa aja. Tapi capek sampe 1000 hehe. Kecuali sabar. Itupun kalau orangnya punya akun yutub. Wkwkwk…. Pake bot? Jangan, yang ada malah gak keterima sama sekali. Youtube itu mesin canggih. Kalo semua subscribernya bot, artinya kalau ada video baru bakal dikit viewnya. Masa 1000 subsciber yang nonton dibawah 50 orang? Kan aneh hehehehe…..

Selain subscriber itu ada waktu tayang. Waktu tayang itu minimal 4000 jam tayang. Bayangin aja. Kalau orang Cuma liat video kita gak sampe 5 detik karena jelek? Yaudah, berapa taun sampai 4000 jam.,,…..

Nah kalau semua terpenuhi baru deh, boleh ngajukan adsense. Itupun gak langsung keterima. Ada yang setahun, ada yang beberapa bulan, ada yang itungan minggu aja keterima.

Masih mau cari duit lewat youtube?

8.       Sabar Menunggu AdSense

Nah ini yang bikin orang malas lanjutin bikin video karena ingin uang dari adsense. Mau lanjut bikin video, eh gak keterima terima adsensenya….. Jiahahah. Ini lah baladanya. Makanya, kalau alasannya nyari duit, mending ga usah dulu apalagi karena kebutuhan. Mending ga usah. Percaya dah. Kecuali kalau niat berbagi.

Jadi, masih mau nyari duit kebutuhan dari youtube? Apalagi skill pas-pasan? Budget dan perlengkapan pas-pasan? Hehe….  

9.       Keterima AdSense

Saya ucapkan selamat kalau sudah keterima. Artinya channel anda memenuhi syarat benar benar melewati seleksi yang dibuat oleh youtube. Sekarang? Beruntung jika channel anda Bahasa Inggris. Karena biasanya, nilai dollar dari sana lebih besar didapat untuk per 1000 tayangnya. Bisa jadi 1 – 10 dollar. Tapi kalau Indonesia? Dari cerita teman teman sih, dikit banget yang didapat. Per 1000 tayang mungkin Cuma 100 perak atau berapa gitu….. Tapi temen temen baiknya cek sendiri dari youtubenya. Karena ini Cuma berita dari grup grup yang saya ikuti. Intinya adalah….. Kalau konten Indonesia itu ratenya kecil. Kalau content Bahasa inggris itu besar dapatnya.

Nah pastinya harus bisa Bahasa inggris kan? Masih mau lanjut nyari dollar di youtube? Kalau masih, harus semanget!

10.   Mempertahankan

Maksudnya adalah mempertahankan apa yang sudah kita miliki. Channel kita yang udah baik jangan sampai kena report, jangan sampai kena warning, jangan sampai kena penalty dan lain lain. Itu semua bisa berpengaruh pada kecabutnya adsense iklan kita. Emangnya ada yang mau ngiklan di channel yang “rusak” ?

Ya, Namanya mempertahankan itu sangat susah. Apalagi channel kita sudah besar…..

Nah itu dia 10 hal yang harus diperhatikan sebelum nyari uang di youtube. Bukannya saya mematahkan semangat teman teman. Ada baiknya sebelum terlanjur parah dan menyesal, ada baiknya kita mencari informasi dulu tentang apa yang harus kita tahu mengenai seluk beluk mencari uang di youtube. Apalagi saingan kan sangat banyak. Apakah anda memperhatikan banyak artis tv yang beralih ke youtube untuk menambah popularitas mereka? Tentunya menambah pundi pundi uang mereka. Lha kita ini siapa? Kalau bukan siapa siapa itu susah cuy. Sekali lagi bukan saya merendahkan. Tapi mari kita berpikir jernih, apakah yakin kita mau mencari sumber penghasilan disini? Yakin? Bagaimana rintangan yang harus dilalui? Bagaimana tingkat kerumitannya? Dan masih banyak lagi.

Kadang orang Cuma tau youtuber itu perbulan bisa dapat hampir 80 juta sebulan Cuma dari adsense. Belum endorse. Belum jualan ini dan itu. Tapi dibalik itu semua perlu perjuangan yang sangat berat. Editing video sampai kelelahan. Nyari konten yang unik dan bermanfaat. Laptop sampai hang. Waktu terbuang banyak. Nyari kata kata buat kata kunci biar masuk di pencarian youtube. Ketambahan waktu upload lama. Eh yang nonton Cuma 10 orang. Nyesek gak sih? Wkwkwkwkwk………….

Tapi gak apa apa, Namanya juga usaha kan? Tapi tetap pertimbangkan hal tersebut agar gak nyesel nantinya.

Oke itu aja semoga bermanfaat.

Rahayu

Vionelix - Inderferium Liviergoz Derisyacto Lasvaha



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Konsultan Penyembuhan Ajaib

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Jan 1, 2020, 4:48 PM - Rianda Prayoga
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
Recent Articles
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
May 20, 2020, 12:58 PM - Rahmat Gunawan