Apakah Benar-benar Perlu Kita Minum 8 Gelas Setiap Harinya?

Apakah Benar-benar Perlu Kita Minum 8 Gelas Setiap Harinya?

Sahabat rackticle,  anda seberapa sering dengar bahwa anda perlu minum 8 gelas air setiap harinya untuk tetap sehat? Rata-rata tubuh orang dewasa terdiri dari 50-65% air, jadi penting untuk menjaga agar tingkat cairan tetap tercukupi. Sebenarnya, mungkin semua yang pernah anda dengar tentang minum begitu banyak air adalah mitos. Lalu apakah ada ilmu di balik minum 8 gelas air sehari? Mari kita lihat!

Dari mana minum 8 gelas berasal 

Di perkirakan bahwa sumber pertama yang merekomendasikan 8 gelas air perharinya adalah rekomendasi Dewan Pangan dan Gizi 1945. Dalam tulisan ini, disarankan agar orang mengonsumsi sekitar 2,5 liter air setiap hari karenanya setara dengan 8 gelas. Namun, apa yang direkomendasikan juga mengatakan bahwa mayoritas air ini sudah ada dalam makanan yang kita konsumsi. Faktanya, ada air yang dapat ditemukan di hampir semua yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Buah, sayuran, bahkan kopi! Tidak ada tulisan ilmiah atau bukti lain yang mengatakan manusia harus minum air sebanyak itu setiap hari.

Manfaat air bagi kesehatan seiring dengan tidak adanya bukti ilmiah bahwa orang benar-benar perlu minum air sebanyak itu, juga tidak ada bukti untuk mengatakan bahwa minum lebih banyak air memiliki manfaat kesehatan tambahan. Sementara banyak ilmuwan telah meneliti klaim minum banyak air, tidak ada yang menemukan bukti nyata yang mendukung klaim tersebut. Sebuah data clinics in dermatology menemukan bahwa tidak ada yang mendukung klaim minum lebih banyak air menjaga kulit anda tetap terhidrasi atau bebas dari keriput.

Penelitian ini telah gagal menemukan bukti bahwa minum lebih banyak air dapat membantu mencegah masalah ginjal, seperti batu ginjal. Jadi adakah manfaat kesehatan sebenarnya dari minum 8 gelas air sehari?

Mencegah Dehidrasi

Tentu saja, ada satu alasan kesehatan besar untuk mendapatkan asupan air yang cukup setiap hari, mencegah dehidrasi. Sementara banyak media dan berita memberi tahu kita berisiko mengalami dehidrasi jika tubuh tidak mendapatakan setidaknya 2,5 liter sehari, ini lebih merupakan taktik menakut-nakuti daripada apa pun. Masalahnya, tubuh kita adalah hal yang cerdas. Mereka pasti akan memberi tahu kita jika kitamulai mengalami dehidrasi, itulah sebabnya kita merasa haus. Tubuh anda akan memberi tahu anda kapan harus minum, jauh sebelum benar-benar merasakan efek dehidrasi. Walaupun air, tentu saja adalah hal terbaik untuk diminum dan mencegah dehidrasi, air tidak harus 2,5 liter sehari untuk menghentikan hal itu terjadi.

Jadi ilmu pengetahuan tidak memiliki bukti bahwa minum 8 gelas sehari memiliki manfaat kesehatan yang sebenarnya. Dan sumber aslinya sebenarnya mengatakan bahwa sebagian besar dari 2,5 liter itu berasal dari makanan yang kita makan. Apa artinya kita tidak perlu panik terlalu banyak tentang pingsan karena dehidrasi jika kita hanya minum beberala gelas air sehari. Tentu saja, terus menghirup hal-hal yang jelas, tetapi ingat itu bukan akhir dunia jika anda tidak mencukupi 2,5 liter air setiap harinya.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Anak seorang petani karet di daerah sumatera Selatan, yang berzodiak Aquarius. Selain suka menulis juga suka traveling dan memasak.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma