Apa itu Kabel Crossover?

Apa itu Kabel Crossover?

Kabel Crossover?

Kabel crossover adalah jenis kabel internet yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara langsung. Ini dapat menghubungkan perangkat lain juga, asalkan keduanya memiliki tipe yang sama - misalnya, dua sakelar, tetapi bukan komputer dan sakelar.

Untuk komputer modern (yang dari tahun 2000 dan seterusnya), kabel crossover tidak benar-benar diperlukan lagi. Kabel internet standar berfungsi dengan baik berkat penerapan standar dan protokol yang lebih baru seperti fitur MDI-X.

Ini juga membantu merampingkan pengiriman dan penerimaan sinyal dari salah satu dari dua perangkat yang terhubung, dan itu akan mengotomatiskan sebagian besar proses koneksi. Ini juga membantu menghindari pertanda konflik, yang merupakan masalah dalam koneksi awal.

Meskipun tidak usang, kabel crossover tidak lagi seperti biasanya, dan dalam hampir semua kasus, kabel Ethernet standar dapat digunakan untuk tujuan yang sama.

Apa yang membuat kabel crossover berbeda dari kabel Ethernet normal?

Karena keduanya dapat digunakan untuk membangun koneksi, Anda juga mungkin kesulitan untuk dapat membedakannya. Kabel ini sangat mirip, dengan satu perbedaan utama. Meskipun kedua kabel memiliki kabel yang sama (multi-warna) di bagian dalam, kabel standar memiliki sebuah urutan kabel yang sama di kedua ujungnya.

Kabel diatur dalam pola 1-2-3-4-5-6.

Dalam kabel crossover, empat kabel dilintasi, artinya salah satu ujung kabel memiliki urutan dan pengaturan kabel yang berbeda.

Dalam crossover, susunan kawat lebih terlihat seperti ini: 3-6-1-4-5-2.

Secara eksternal, keduanya dapat terlihat sama dan kabel ini memiliki konektor yang sama persis. Namun cukup umum untuk kabel ini secara khusus dicap dengan kata "crossover" baik pada kabel atau konektor itu sendiri, atau setidaknya seperti kemasan. Jenis kabel ini juga sering berwarna merah, sedangkan kabel Ethernet standar cenderung berwarna putih atau hitam.

Untuk apa kabel crossover digunakan?

Kabel crossover masih diperlukan dalam satu skenario tertentu dan untuk menghubungkan perangkat yang tidak dilengkapi dengan fungsionalitas Gigabit Ethernet. Ini adalah standar yang berkualitas tinggi, kecepatan tinggi yang ditemukan di sebagian besar tetapi tidak semua perangkat modern yang mendukung Ethernet.

Dalam hal dua perangkat menggunakan standar yang lebih tua dan lebih lambat, kabel crossover diperlukan untuk menyatukannya.

Untuk apa kabel crossover TIDAK digunakan?

Kabel crossover tidak boleh digunakan untuk mencoba koneksi ethernet antara dua perangkat yang berbeda, dan kabel ini tidak dapat menggantikan kabel Ethernet standar untuk koneksi ke jaringan.

Dengan kata lain, mencolokkan kabel crossover antara komputer dan router tidak akan berfungsi dan kemungkinan tidak akan membiarkan koneksi dibuat. Gunakan kabel Ethernet normal untuk tujuan ini.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Recent Articles
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz
Mar 30, 2020, 12:29 PM - novi kurniasih
Mar 30, 2020, 12:27 PM - novi kurniasih
Mar 26, 2020, 10:13 AM - Indraz
Mar 26, 2020, 9:54 AM - Risa Fitriana
Mar 26, 2020, 9:42 AM - Moh Khozah