Anda Merasakan Tanda Ini, Awas bisa saja Anda Hamil Palsu

Anda Merasakan Tanda Ini, Awas bisa saja Anda Hamil Palsu

     Belakangan ini, banyak tulisan-tulisan di sosial media, berita-berita lalu lalang tentang wanita yang kehilangan janin yang ia kandung. Tentu saja ini membuat sebagian besar wanita lainnya menjadi panik dan takut, pasal nya janin yang sudah di idam-kan dan di damba-damba bisa menghilang begitu saja, tak sedikit juga yang menyangkutkan dengan peristiwa gaib, namun bisa saja ini merupakan gejala pseudocyesis atau kehamilan palsu

    Dalam dunia medis terdapat  penjelasan mengenai fenomena ini, kehamilan yang terjadi kemudian menghilang begitu saja padahal disertai dengan gejala hamil yang sama persis, namun hasil pemeriksaan medis berupa tes urin dan usg tidak menunjukan tanda kehamilan. 

     Wanita yang menderita perisitiwa sangat yakin bahwa dirinya benar-benar hamil dan sulit untuk menerima kenyataan bahwa sebenarnya kehamilan itu tidak ada. 

Mengapa Kehamilan Palsu Bisa Terjadi?Sebenarnya penyebab pasti kehamilan palsu hingga saat ini masih belum diketahui. Namun, ada sejumlah faktor yang diduga bisa menyebabkan seorang wanita menunjukkan gejala kehamilan palsu. Dikutip dari Alodokter.com Faktor-faktor yang dapat membuat seseorang mengalami kehamilan palsu tersebut meliputi:

1. Faktor psikologis.                                             

Salah satu dugaan penyebab terjadinya kehamilan palsu adalah adanya masalah psikologis, seperti depresi atau stres berat karena belum memiliki anak. Sebagai contoh, ketika seorang wanita sudah sangat mendambakan kehadiran buah hati (khususnya bagi wanita yang telah berkali-kali keguguran atau mandul), tubuhnya mungkin secara tidak sadar menciptakan tanda-tanda kehamilan.

2. Gangguan kesehatan.                                    Beberapa gangguan kesehatan juga dapat menimbulkan gejala yang menyerupai tanda-tanda kehamilan. Gangguan kesehatan itu dapat berupa obesitas, tumor atau kanker ovarium, dan depresi berat.

Berikut ini merupakan beberapa gejala kehamilan palsu :

  • Mual dan muntah
  • Telat menstruasi atau tidak datang haid
  • Perut terlihat membuncit namun bukan karena janin atau kehamilan
  • Payudara membesar
  • Merasa seperti ada gerakan janin dalam perut
  • Pertambahan berat badan
  • Pembesaran rahim
  • Nafsu makan bertambah
  • Hasil tes urin menunjukan hasil negatif
  • Hasil foto usg menunjukan tidak ada nya kehamilan 

jika anda merasa mencurigai diri anda mengalami kondisi ini. Sebaiknya segera konsultasikan langsung kepada dokter. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan yang akan membuktikan bahwa kehamilan tersebut asli atau palsu. 

Dokter juga akan memberikan dukungan emosional dan penanganan lebih lanjut, seperti menyarankan konseling untuk mencegah depresi yang bisa memperburuk kondisi.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Apr 23, 2020, 3:26 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma