Alumni Fradiksi IAIN Madura Lulus Beasiswa LPDP S2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yuk Kita Intip Laporannya

Alumni Fradiksi IAIN Madura Lulus Beasiswa LPDP S2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yuk Kita Intip Laporannya

Ahmad Jufri Mahasiswa Berprestasi

Kata siapa kuliah hanya untuk orang yang mampu saja dan kata siap kuliah hanya menghabiskan banyak uang dan kata siapa kuliah pada akhirnya tidak bisa menjadi apa-apa.

"Kemiskinan bukan jadi penghalang, untuk berprestasi meraih cita-cita"

Begitu petikan mars Mahasiswa Bidikmisi Indonesia yang selalu dilantunkan setiap acara Fradiksi IAIN Madura. Dari petikan itu menjadi motivasi bagi kita bahwa siapapun bisa berbuat untuk meraih cita-cita gemilang.

Salah satu alumni Fraternity of Bidikmisi Student (Fradiksi) IAIN Madura lulus seleksi beasiswa LPDP di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dia merupakan alumni Institut Agama Islam Negeri Madura yang di wisuda pada hari Sabtu 29 Juni 2019 dengan predikat cumlaude dan IPK 3,74 Program Studi Ekonomi Syariah.

Ia merupakan anak dari keluarga kurang mampu bapaknya sebagai kuli bangunan dan ibunya sebagai ibu rumah tangga, namun ia tidak pernah terpikirkan bahwa setiap perjalanan Pendidikan nya akan terhapus karena kurang mampu.

Jufri sapaan akrabnya merupakan anak mahasiswa berprestasi saat kuliah di IAIN Madura yang aktif berorganisasi di Fradiksi IAIN Madura pada angkatan 2015 dan berakhir pada tahun 2019. 

Saat awak media menghubungi yang bersangkutan mengklarifikasi viralnya pamflet ucapan selamat dari Pengurus Fradiksi periode 2019-2020 di grup WhatsApp Fradiksi IAIN Madura melalui akun media WhatsApp ketepatan ia sedang online.

Pertama pesan yang disampaikan adalah ucapan salam dan dari sebrang sana menjawabnya. Lalu pertanyaan demi pertanyaan tersampaikan, karena bersangkutan lagi ada di acara jawabannya berselang beberapa jam kemudian.

Jufri panggilannya, mengatakan bahwa dirinya sangat senang sekali atas apa yang diraih saat ini.

Kalau ditanya tentang rasa ya senang banget... Alhamdulillah tsumma Alhamdulillah tsumma Alhamdulillah... Allah mempermudah segalanya.

Dari awal saya niatkan ibadah. pertama, mencari ilmu. Kedua, berbuat baik kepada orang tua dengan tidak membebani biaya pendidikan, kepada mereka.

Alhamdulillah, dengan banyak berdoa, minta sumbangan doa kepada orang tua, pengasuh pesantren, para dosen dan para sahabat, diimbangi dengan ikhtiyar juga sebisa saya, Allah mengabulkan dan mewujudkan apa yang jadi harapan.

Pada pertanyaan awak media bagaimana cara mendapatkan beasiswa LPDP ini, ia mengatakan;

Yang penting bulatkan niat dulu, karena niat itu nanti yang akan menentukan sejauh mana usaha kita. Kalau niatnya separuh-separuh, maka usahanya pun gitu. Terus setelah itu sedikit demi sedikit lengkapi syarat yang ditentukan oleh LPDP,. Misal serifikat bahasa, proposal studi, rencana studi, ijazah, transkrip, surat rekom dari atasan, surat izin (bagi yang sudah kerja), SK sehat, SK bebas narkoba, LOA (jika ada), surat keterangan penerima Bidikmisi dll. Kalau menurut saya yang paling lama prosesnya itu mendapat sertifikat bahasa (TOEFL atau IELTS), karena harus prepare jauh-jauh hari buat nguasain skill berbahasa Inggris. Itu persiapan buat lulus seleksi administrasi.

Kemudian kalau sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi, masuk ke tahap seleksi kedua, yaitu SBK (Seleksi Berbasis komputer). Di SBK ini yg diujikan adalah TPA (tes potensi akademik, yang meliputi, sinonim, Antonim, analogi, nalar analitis, numerik, pemahaman wacana, dan pengetahuan umum)., Tes Kepribadian dan On the spot Essay writing.

Kalau lulus di SBK, baru ke wawancara. Wawancaranya ada dua kali.

Kurang lebih prosesnya mulai dari pendaftran sampai pengumuman selama 4 bulan.

Ia juga berpesan kepada para kader Fradiksi IAIN Madura "Pesannya buat adik-adik Fradiksi, jangan takut untuk bermimpi. Karena kita adalah ciptaan tuhan dengan segala potensi yang dimiliki. Serahkan mimpi kita kepada yang menciptakan kita. Kita wajib berusaha, hasil akhir biar Allah yang tentukan.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Penulis

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma