Aku Ingin Kembali

Aku Ingin Kembali

Oleh. Syaiful Hidayat

Mengapa tempat majelis ilmu lebih sedikit daripada tempat maksiat?. Padahal, tempat majelis ilmu sangat bermanfaat daripada tempat maksiat-maksiat tersebut. Entah kenapa? Saya pun tidak tahu, ya semoga saja mendapatkan hidayah untuk menghadiri majelis ilmu.  

Selain itu, kita menghadiri majelis ilmu itu sangat manfaat dan membantu kita suatu saat nantinya di akhirat. Apa yang kita cari dunia ini? Tidak ada, kecuali kita cari adalah ibadah kepada Allah swt. Suatu saat itu kita akan kembali kepada asalnya. Dimana itu tempat asal kita?. Ya, manusia itu akan kembali kepada akhirat untuk menghadap kepada Allah azza wa jalla.

Terus, dunia ini apa yang dicari?. Harta, tahta, jabatan, kekuasaan yang dicari?. Tidak, semua itu tidak dibawa nanti di akhirat. Yang dibawa hanya amal ibadah kita selama hidup dunia ini. Masihkah kita memikirkan dunia ini? Mau tidak mau kita akan kembali ke fitrah-nya yang sebenarnya yaitu akhirat.

Tunggu apalagi? Jangan ditunggu-tunggu lagi. Sebelum terlambat, yuk kita muhasabah diri apa yang kita melakukan atau mengerjakan didunia ini. Apakah kita lebih banyak dosanya daripada kebaikan? Hal itulah kita perlu memperbaiki dan mendekatkan diri kepada Allah azza wa jalla, memperbanyak sholat dan membaca al-quran.

Karena, satu-satunya al-quran dan sholat yang menolong kita di akhirat  nantinya. Hal itulah, kita perlu menjaga sholat, baca al-quran, dan puasa sunnah serta meninggalkan maksiat-maksiat kepada Allah subhanallah ta’ala.

Apabila, kita sampai meninggalkan sholat, meninggalkan al-quran, meninggalkan puasa, bahkan mendekatkan kemaksiatan kepada Allah azza wa jalla. Maka, manusia itu akan dalam kerugian nantinya di akhirat saat menghadap ke Allah azza wa jalla. Mari kita menjaga dan mengerjakan perintah allah azza wa jalla dan meninggalkan larangan-larangan oleh Allah azza wa jalla.

Seperti apa mengerjakan perintah allah subhanallah wata’ala adalah menjaga sholat, berdzikir, berbakti kepada kedua orang tua, puasa sunnah, memperbanyak baca al-quran dan banyak lagi. Sedangkan meninggalkan larangan-larangan oleh Allah azza wa jalla, seperti meninggalkan maksiat-maksiat, meninggalkan zina, meninggalkan minuman keras, dan lain-lain.

Firman Allah subhanallah wata’ala yang artinya bahwa “Tidak aku  ciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada-ku”, (Qs. Adz-Dzariyat;56). Selain itu, Firman Allah azza wa jalla yang artinya bahwa “Dan sesungguhnya kami telah mengutus rasul pada setiap umat (untuk menyerukan) “beribadah kepada Allah (saja) dan jauhilah thoghut” (Qs. An-Nahl: 36).

Jelas sekali dua ayat diatas itu bahwa kita sebagai manusia diciptakan oleh Allah subhanallah wata’ala di dunia ini hanya untuk beribadah kepadanya dan meninggalkan larangan-larangan-nya. Namun, ada hadist menurut Ibnu Mas’ud Radhiallahu’anhu berkata : barang siapa yang ingin melihat wasiat Muhammad Shallahu’alaihi wasallam yang tertera di atas cincin stempel milik beliau, maka supaya membaca firman Allah Subhanallahu wata’ala : “katakanlah (Muhammad) marilah kubacakan apa yang diharamkan kepadamu oleh tuhanmu, yaitu : “janganlah kamu berbuat syirik sedikitpun kepada-nya, dan “sungguh inilah jalan-ku berada dalam keadaan lurus, maka ikutilah jalan tersebut, dan janganlah kalian ikuti jalan-jalan lain” (Atsar ini diriwayatkan oleh At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Abi Hatim). Wa’allahu bishawab.

Surabaya, 16 Januari 2020



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Perkenalkan nama saya Syaiful Hidayat berasal dari Sumenep-Madura. Saya saat ini menyukai menulis, travelling, dan membaca buku

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Dec 14, 2019, 8:49 AM - Febry Winarto
May 15, 2020, 11:58 PM - Putra Mangaratua Siahaan
Recent Articles
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo