Akidah itu Penting Dipelajari Bagi Umat Islam

Akidah itu Penting Dipelajari Bagi Umat Islam

Oleh. Syaiful Hidayat

Kita kali pertama masuk islam? Apa yang kita pelajari?. Ya, pastinya  kali pertama kita pelajari adalah Aqidah. Mengapa demikan?, Karena akidah adalah salah satu kenyakinan kita, mengenal allah subhanallah ta'ala dan mengenal Rasulullah SAW sesuai al-quran dan hadist as-sunnah. Namun, kebenaran akidah hanya ada di dalam islam. Karena bersumber dari Dzat yang maha mengetahui dan maha mendengar yaitu Allah Subhanallah Ta’ala. Sehingga karenanya tidak ada perbedaan akidah yang dibawanya Nabi dari masa ke masa.

Selain itu, akidah yang batil maupun mencakup seluruh akidah yang bertentangan dengan wahyu Allah. Yakni, akidah ini hanya bersumber dari akal manusia ataupun berasal dari wahyu tetapi mengubah maupun menyalahgunakan. Contohnya akidah kaum yahudi adalah Uzair (Anak Allah), Akidah syiah keyakinan bahwa Allah menyesal setealh berkehendak, yang disebutkan akidah bada.

Namun, akidah Islam itu berasal dari Allah dan Rasul-nya. Yang wajib bagi umat islam harus memahami dan mengetahuinya. Serta, menyakini adanya kebenaran terhadap Allah dan Rasulnya. Kenapa kita sebagai umat islam mempelajari tentang Akidah? Karena akidah ini sangat penting sekali bagi umat islam untuk mengenal Allah mulai dari sifat-sifat allah dan mengenal sifat kerasulan yang sesuai al-quran dan hadist yang sesuai as-sunnah.

Karena, akidah ini salah satu pondasi utama kita untuk mengenal islam yang sebenarnya sesuai al-quran dan as-sunnah. Jadi, Akidah ini yang dibahas beberapa diantaranya, Mengtauhidkan Allah (mengenal Allah beserta sifat-sifatnya), mengenal kerasulan beserta sifat-sifatnya tersebut, sholat, puasa, As-syariah, Muamalah, Al-Iman, dan banyak lagi. Hal itulah, mengapa kita harus pelajari akidah dengan itulah agar kita selalu menjaga dan melaksanakan perintah allah swt dan menjauhkan larangan-larangan tidak disukai oleh Allah swt.

Jadi, dapat kita simpulkan  yang jelaskan diatas bahwa akidah itu sangat penting dipelajari secara mendalam dan menyeluruh, untuk lebih mengenal Allah dan Rasul-nya. Bukan, hanya setengah-tengah saja. Apabila, kita hanya mempelajari setengah-tengah maka kita masuk dalam kerugian tersebut. Wallahu a’alam bish-shawabi.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Perkenalkan nama saya Syaiful Hidayat berasal dari Sumenep-Madura. Saya saat ini menyukai menulis, travelling, dan membaca buku

Popular This Week
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Feb 17, 2020, 9:08 PM - Bram Asta
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Feb 17, 2020, 12:19 AM - Nabila Afira quraina