9 Tips yang Wajib Dikuasai Untuk Memaksimalkan Penjualan

9 Tips yang Wajib Dikuasai Untuk Memaksimalkan Penjualan

Seringkali ketika para pebisnis yang masih baru memulai atau pemula, itu mengalami kesulitan dalam penjualan, yang mengakibatkan banyaknya terjadi kerugian dalam bisnis mereka tersebut. Namun sebenarnya untuk bisa meningkatkan penjualan pada sebuah bisnis itu ada teknik dan caranya. Berikut ini 9 teknik yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan penjualanmu !

9 Tips Yang Wajib Dikuasai Untuk Memaksimalkan Penjualan

 

1. Kuasailah Terlebih Dahulu Produkmu

Terkadang ada penjual yang ketika sudah mendapatkan ide dalam menjual sesuatu itu langsung keluarin modal dan langsung secepatnya jualan. Padahal sebelum melakukan selling, kamu terlebih dahulu harus menguasai apa saja produk yang akan kamu jual tersebut. 

Ini sangat penting, karena bisa jadi para pembeli yang nantinya datang ke tempatmu tidak mengetahui dengan jelas produk yang kamu tawarkan sehingga mungkin mereka akan menanyakan "apakah produk ini seperti ini dan itu", tentunya jika kamu tidak memahami produkmu pasti akan sangat sulit menjelaskan panjang lebar mengenai kelebihan produk kamu tersebut.

2. Beritahukan Manfaat Produkmu, Kalau Itu Bisa Menyelesaikan Masalah Mereka

Ketika menjual kamu harus tahu juga manfaat produkmu yang kemungkinan itu akan menjadi pemecahan masalah terbesar untuk mereka. Misalkan ketika kamu sedang berjualan minyak urut, maka kamu cari orang yang sekiranya membutuhkan minyak urut itu untuk bisa mengobati pegal-pegal dan sebagainya.

3. Attitude Juga Merupakan Hal Penting !

Sikap kita atau attitude, saat jualan itu juga hal yang sangat penting apalagi untuk kita yang tinggal di negara +62 yang menjunjung tinggi sopan santun dan sikap yang baik. Terutama ketika berjualan menggunakan tangan kanan saat memberikan produk ke customer itu juga merupakan sikap yang baik saat menjual. Kejujuran yang tinggi akan membuat para pelangganmu akan menjadi setia padamu karena kamu adalah orang yang bisa dipercaya.

4. Menguasai Ilmu Negosiasi

Ilmu negosiasi itu penting, karena dinegara indonesia cukup banyak orang yang melakukan pembelian dengan menawar harga barang terlebih dahulu. Dengan menguasai ilmu negosiasi kamu jadi bisa mengatur keuntungan yang kamu dapatkan dengan kesepakatan yang pas dihati pihak pembeli ataupun kamu si penjual.

5. Tingkatkan Kualitas Produk 

Saat penjualan menurun biasanya ada sebab dan akibat yang terjadi, sebagai pembeli ketika kamu membeli suatu barang lalu ternyata barang tersebut tidak sesuai ekspektasi yang kamu perkirakan, kamu akan merasa kecewa dan enggan untuk kembali lagi ke toko tempat kamu membeli barang tersebut.

Begitu juga dengan pembeli yang membeli barang di toko kamu. Jika ternyata produk yang ada ditoko mengecewakan mereka karena kualitas yang mungkin begitu buruk dan sebagainya, tentu akan membuat mereka tidak berminat untuk kembali menjadi pembeli kamu. Jadi tips ke 5 adalah tingkatkan kualitas produk yang kamu jual.

6. Buat Paket Pada Produkmu

Jika kamu hanya menjual satu menu dalam produk di tokomu, maka alangkah baiknya kamu mulai membuat menu paket agar bisa memaksimalkan penjualanmu. Bagaimana bisa begitu ? karena ketika pembeli melihat hanya ada satu menu varian pada produkmu tanpa paket, mereka akan membeli apa yang ditampilkan dimenu tersebut saja. Berbeda hal nya jika kamu membuat paket seperti "Beli A+B Harganya Sekian", mungkin memang keuntungan sedikit lebih kecil, akan tetapi omzet yang dicetak bisa berpotensi sangat meningkat pesar.

7. Berikan Diskon Promo Berbatas Waktu

Orang-orang akan lebih memprioritaskan sesuatu yang mereka anggap paling penting terlebih dahulu sebelum melakukan hal lain yang tingkat kepentingan dibawahnya. Seperti halnya saat membeli sesuatu, ketika kamu membuat promo dengan waktu yang terbatas maka akan menarik perhatian begitu banyak pembeli yang mengharuskan mereka membeli produkmu sebelum waktu tersebut habis.

Namun perlu dicatat, cara ini tidak bisa terlalu sering dilakukan karena bisa membuat para customer kamu hanya akan loyal pada diskon yang kamu buat, bukan pada harga dan kualitas dari produkmu.

8. Buatlah Personal Branding Yang Benar

Pernahkah kamu meminum kopi dari Starbucks. Yups, sebuah kedai kopi berkelas dengan produk kualitas tinggi serta akan membuat perasaan seseorang yang membeli kedalam tempat tersebut menjadi seperti berkelas dan memiliki harga diri yang tinggi.

Kira-kira seperti itulah contoh salah satu brand ternama "starbucks" dalam membangun bisnis, dimana dia mengenalkan kedai kopinya kepada banyak orang sebagai kedai kopi yang berkelas tinggi dan terkesan untuk orang-orang kelas atas.

Sudahkah kamu menentukan personal brandingmu ?

9. Simpan Database Customer

Jangan biarkan para pelangganmu pergi begitu saja setelah membeli produk yang kamu jual. Kenapa bisa demikian ? dengan mengambil database mereka seperti misalkan email, nomor hp, dll. kamu bisa sewaktu-waktu menghubungi mereka kembali untuk menanyakan kabar serta membangun jalinan sehingga ketika kamu menawarkan sesuatu kepadanya, mereka akan tertarik untuk datang kembali.

10. Promosi DiBanyak Tempat

Dengan melakukan promosi sebuah bisnis bisa mengalami pertumbuhan dan tidak hanya ngambang disitu-situ saja. Para calon customer pun jika terus diperlihatkan iklan itu lama kelamaan akan tertarik juga dengan produk tersebut, sama seperti hal nya ketika produk minuman seperti "Aqua" muncul di periklanan televisi. Pada awalnya mungkin hanya dianggap hal biasa, namun setelah berjalan hingga beberapa tahun mengiklan terus-menerus membuat produknya sekarang sangat digemari terutama di negara kita indonesia. Bahkan bertanya ke warung terdekat dirumah kita saja, biasanya yang ditanya "Apakah Ada Aqua?" walaupun yang disediakan warung tersebut bukan merek "Aqua" tapi nama dari merek minuman mineral tersebut sudah sangat menjadi kebiasaan.

Apa saja promosi yang bisa dilakukan?saya akan mencoba membaginya menjadi dua bagian : pertama adalah offline, kedua adalah online. Baik kita akan bahas yang pertama terlebih dahulu

A. Promosi secara offline

Promosi secara offline juga dibagi lagi menjadi beberapa bagian :

Pertama, Promosi Dengan Bagi Brosur. Kamu bisa mempromosikan produk jualanmu dengan membagikan brosur kepada orang-orang yang berada disekitar tempat jualanmu berada. Saya sarankan promosi dengan cara ini kamu harus membuat sebuah penawaran yang sekiranya orang akan merasa rugi jika tidak coba untuk datang ke tempatmu.

Kamu bisa membagikan brosur-brosurmu itu di lampu-lampu merah ketika stop. Memang agak berat melakukan promosi ini, namun sangat mudah mendapatkan prospek dari daerah terdekatmu. kamu juga bisa menempel brosur mu di beberapa tempat di daerah tersebut, namun terlebih dahulu kamu harus meminta ijin kepada orang sekitar.

Kedua, Promosi Dengan Dari Mulut Ke Mulut. Promosi yang satu ini memang terlihat sepele, namun sudah sangat banyak bisnis offline yang berhasil dan sukses akibat promosi ini, dan sebenarnya promosi ini bisa dilakukan secara alami atau memang disengajakan untuk dibuat. Kalian bisa membayar orang untuk mempromosikan produk kalian dari mulut ke mulut dengan menjelaskan manfaat dan kelebihan produk kamu tersebut, dan jika kamu beruntung dengan terus meningkatkan kualitas produk hingga membuat customer banyak yang menyukai produkmu. Promosi mulut ke mulut terus menyebar secara alami dan membuat produkmu semakin laris manis.

B. Promosi Secara Online

Pertama, Melalui Grup Facebook Didaerahmu. Jika kamu pengguna aktif facebook, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan postingan-postingan dagangan dari berbagai macam produk mulai dari tas, sendal, sepatu, makanan, dan lain sebagainya yang bermunculan di grup besar facebook yang ada didaerahmu. 

Kamu pun juga bisa mencoba mempromosikan produkmu kedalam grup-grup tersebut, karena biasanya grup di setiap daerah di indonesia itu memiliki jumlah anggota yang cukup banyak dan layak untuk memposting barang dagangan disana, cuman kamu juga harus memperhatikan apakah digrup itu diperbolehkan untuk berjualan atau tidak.

Kedua, Melalui Marketplace Facebook. Masih didalam sosial media facebook, marketplace di facebook juga bisa menjadi media promosi produk yang layak untuk dicoba, bahkan potensi untuk mendapatkan pelanggan dari tempat terdekat dari rumahmu pun bisa dilakukan dengan memposting disini.

Saran saya saat memposting di grup facebook kamu jangan posting lebih dari 9 kali dalam sehari, agar tidak dianggap spam oleh pihak facebook dan marketplace kamu aman (tidak diblokir sementara). Karena saya sendiri pernah memposting barang jualan sebanyak lebih dari 10 kali dulu, dan tiba-tiba saja marketplace saya diblokir karena mereka menganggap hal ini sebagai spam.

Ketiga, Memakai Facebook Ads. Ini merupakan salah satu fitur yang ada di facebook dimana untuk bisa menjangkau lebih banyak orang dengan waktu yang cepat, bisa menggunakan fitur facebook ads atau periklanan di facebook. Promosi yang dilakukan di facebook bisa kamu atur sedemikian rupa agar yang melihat iklan dari produkmu hanya orang-orang yang tertarget dan memang berpotensi untuk tertarik dengan barang jualan yang kamu tawarkan.

Bahkan promosi ini juga bisa menjangkau seluruh indonesia dan juga dunia jika kamu menargetkan penjualan luar negeri juga. Saya sarankan sebelum kamu melakukan promosi di facebook ads, pelajari terlebih dahulu ilmu mengenai facebook ads ini agar kamu tidak membakar uang terlalu banyak untuk beriklan disini.

Keempat, Menggunakan Marketplace. Sekarang ada 3 marketplace populer yang cukup banyak digunakan untuk melakukan transaksi jual beli, yaitu bukalapak, tokopedia, shopee. Kamu bisa mengupload produkmu pada situs-situs marketplace ini untuk dapat menjangkau lebih banyak pengunjung lagi.

Kelima, Google Ads. Siapa yang tidak mengenal perusahaan raksasa google? tentu saja semua orang sudah banyak yang tahu dengan perusahaan ini. Mereka juga menyediakan media periklanan yang bisa muncul pada mesin pencarian. Kamu bisa coba mempromosikan produkmu disana, bahkan dengan google ads juga kamu bisa mempromosikan produk kamu kedalam platform youtube yang sekarang sedang sangat populer dan lebih diminati anak-anak millenial jaman sekarang ketimbang televisi.

Menggunakan media promosi dengan jangkauan orang yang sangat luas akan sangat menguntungkan untuk kamu yang memiliki bisnis online yang memang bisa menjangkau lebih banyak orang diseluruh indonesia untuk membeli produkmu.

Keenam, Promosi Di Blog Orang Lain. Biasanya setiap website atau blog yang kamu jumpai di internet itu menyediakan media periklanan micro untuk mereka yang ingin beriklan disana dengan memasangkan banner pada bagian-bagian tertentu yang ada dihalaman blog mereka. Namun saya sarankan jika ingin berpromosi menggunakan media blog orang lain, pastikan blog tersebut sesuai dengan niche atau jenis produk yang kamu miliki.

Misalkan kamu menjual produk pakan burung, paling tidak kamu harus mencari blog yang membahas tentang seputar burung dan sebagainya yang masih ada sangkut pautnya dengan burung, agar potensi calon pembeli untuk datang ke tempatmu semakin tinggi karena minat para pembaca blog tersebut masih sama dengan produkmu juga.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
Recent Articles