9 Software Gratis Pembuat EBook untuk Pengguna Windows

9 Software Gratis Pembuat EBook untuk Pengguna Windows

Kenapa perlu membuat eBook? Penulis buku atau penjual konten perlu membuat eBook untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Apalagi di zaman dengan teknologi maju seperti sekarang, anak muda lebih suka membaca konten melalui gadget daripada buku cetak yang tebal.

Membuat eBook sendiri tidak sulit. Anda hanya perlu menggunakan software eBook creator (pembuat eBook) untuk mengubah dokumen word menjadi eBook. Kalau anda seorang pemula atau baru ingin membuat eBook, saya sarankan untuk menggunakan eBook creator gratis dulu.

Software eBook creator gratis bisa mengubah dokumen ke format HTML, PDF, DOCX, ePUB, MOBI, PRC, dan lainnya. Juga bisa menambahkan foto sampul, deskripsi penulis, simbol, dan lainnya. Setelah jadi, eBook-nya bisa dibaca pada komputer Windows, Mac, Kindle, iPad, iPod, Android, dll.

Cara paling mudah untuk membuat eBook adalah dengan ekspor file ke Google Docs lalu download kembali file tersebut dalam format ePUB. Atau unduh plugin Writer2epub dan gunakan dengan OpenOffice atau LibreOffice untuk membuat eBook.

Itu baru dua pembuat eBook, sisa 7 Software Pembuat eBook Gratis untuk Windows lainnya ada di daftar ini:

1. Scribus

Scribus adalah software eBook creator berbasis open source yang diprogram dengan lisensi gratis. Memiliki fitur-fitur yang canggih untuk membuat eBook, sehingga Scribus layak menjadi pilihan bagus untuk menggantikan semua software mahal di luar sana.

Dengan Scribus, anda bisa membuat file canggih yang cocok untuk penerbitan profesional. Untuk distribusi secara onine, anda bisa menyimpan file dalam format PDF, atau membuat file PDF versi animasi kalau ingin hasil yang lebih interaktif.

Tapi, anda mungkin kesulitan saat awal menggunakan Scribus, karena banyaknya fitur yang sulit digunakan oleh pemula. Luangkanlah waktu untuk belajar cara menggunakan software Scribus. Kalau sudah paham cara kerja Scribus, anda akan bisa membuat eBook dengan desain yang brilian dan profesional.

2. Calibre – EBook Management

Calibre adalah pembuat eBook gratis berbasis multi-platform yang bisa digunakan oleh perorangan untuk mengubah file dalam berbagai jenis format ke jenis format yang lain. Seperti mengubah file format DOCX, PDF, EPUB, HTML, AZW, AZW3, CBZ, CBC,PRC, PML menjadi eBook berformat DOCX, PDF, MOBI, ZIP, TXT, HTMLZ, AZW3, dan sebagainya.

Calibre dilengkapi dengan hampir semua fitur yang dibutuhkan untuk membuat eBook personal tapi terlihat profesional. Juga bisa digunakan untuk mengedit eBook yang diunduh seperti menambahkan deskripsi penulis, ilustrasi, gambar sampul, atau yang lainnya dengan mudah.

Calibre sudah memiliki software eBook reader sendiri, jadi pengguna tidak perlu mengunduh sofware pembaca eBook lagi. Software Calibre bisa digunakan pada Windows, iOS dan Linux.

3. Sigil EBook

Sigil bisa mengubah file dengan ekstensi ePUB dan HTML ke file ePUB saja. Juga bisa menggunakan fitur add-ons untuk menambah visual, audio, atau foto ke dalam eBook. Serta bisa memodifikasi kata-kata dengan bantuan hyperlinks, tables, superscripts, dan lainnya.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah fungsi spell checking, content table, dan book browser. Kemudian ada fitur regular view, code view, dan WYSIWYG untuk pengguna yang lebih ahli.

Secara keseluruhan, software Sigil baik digunakan oleh pemula dan profesional. Anda bisa membuat eBook sendiri dengan mudah dan cepat. Software Sigil bisa digunakan untuk membuat dan membaca eBook pada perangkat Windows, Mac, iOS, dan Android.

4. SCRIBA EBook Maker

SCRIBA eBook Maker adalah software berbasis JAVA yang terdiri dari command line interface. SCRIBA berfungsi untuk membuat eBook dalam format PDF, ePUB, dan zip dengan bantuan konten yang sudah tersedia.

Software SCRIBA juga bisa digunakan seperti “Plugin”, karena itu bisa dimanfaatkan untuk konten pre-develop sebelum ditambahkan ke eBook.

5. EPUBee Maker

EPUBee Maker adalah software eBook creator yang sangat simple dan efektif. Program ini bisa di-install menjadi add-in untuk Microsoft Word yang bisa dilihat sebagai opsi “ePUBee Maker” pada toolbar MS Word.

Begitu selesai menulis di MS Word, anda bisa langsung mengubah dokumennya ke PDF dan ePUB. Klik toolbar “ePUBee Maker” untuk memilih opsi lainnya. Terdapat tiga pilihan cara print, yaitu Quick Publish, Publish, dan Save as PDF.

“Quick Publish” berarti mengubah dokumen ke format ePUB tanpa menambahkan informasi lain. Pilih “Publish” kalau mau menambahkan foto sampul, ilustrasi, judul, bio penulis, dan lainnya ke eBook yang dibuat. Dan pilih “Save as PDF” untuk mengubah file Word ke format PDF.

6. MS Word To EPUB Converter

Sesuai dengan namanya software gratis ini berfungsi mengubah dokumen MS Word ke dokumen ePUB. Input file MS Word dengan format .DOC atau .DOCX bisa diubah ke format ePUB dengan mudah.

Software MS Word to EPUB Converter memiliki tampilan antarmuka yang bersih dan mudah digunakan. Tapi karena software ini khusus untuk mengubah dokumen MS Word ke ePUB, jadi fitur yang disediakannya sangat sedikit.

Bahkan sebenarnya, fungsi dari software ini mirip dengan opsi “Save As” pada program MS Word. Yang mana kalau anda menulis dengan MS Word, anda bisa langsung menyimpan file tulisan tersebut ke bentuk eBook dengan format .PDF, atau lainnya.

Tapi kalau anda bingung dengan opsi “Save As” pada MS Word, atau kalau anda menggunakan program alternatif MS Word seperti Kingsoft atau LibreOffice, maka gunakan saja software ini untuk mengubah file .DOC dan .DOCX ke file .ePUB.

7. Mobipocket

Ada satu lagi software pembuat eBook gratis yang bagus, yaitu Mobipocket. Mobipocket adalah software eBook yang serba bisa, memiliki tampilan antarmuka yang user friendly, dan mudah digunakan. Mobipocket kompatibel dengan file berformat DOCX, PDF, TXT, dan HTM sebagai input file-nya.

Dulu saya pernah menggunakan software ini, tapi sekarang saya tidak bisa menemukan website resmi Mobipocket. Saya hanya menemukan software ini di website penyedia software dan aplikasi gratis softonic.com.

Kalau didownload dari website pihak ketiga seperti ini, maka keamanannya tidak terjamin. Maksudnya, pengembang software mobipocket tidak menjamin bahwa software mereka yang didownload dari softonic atau website lainnya akan bebas virus/malware.

Itulah daftar 9 Software Pembuat eBook Gratis untuk Pengguna Windows versi Rackticle. Ada banyak sekali software pembuat eBook di internet. Tapi daripada menghabiskan waktu dan kuota untuk coba-coba, lebih baik pilih salah satu dari daftar di atas.

Beberapa eBook creator gratis bahkan dilengkapi dengan fitur yang tidak kalah canggih dari eBook creator berbayar.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma