8 Trik Cerdas Untuk Mengembangkan Bisnis Online di Jejaring Sosial Instagram

8 Trik Cerdas Untuk Mengembangkan Bisnis Online di Jejaring Sosial Instagram

Sejak rilis pertama kali dan dikenalkan kepada orang banyak di tahun 2012, pada mulanya Jejaring Sosial Instagram hanya menjadi media sosial bagi mereka yang memiliki hobi fotografi serta memajang hasil kreasinya ke dalam akun profil instagram mereka. 8 tahun sudah berlalu, Instagram sangat berkembang cepat menjadi salah satu jejaring media sosial yang paling terkenal serta paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna internet di indonesia pada urutan ke 4 setelah Youtube, Whatsapp maupun facebook. 

Berbagai kalangan telah banyak meraup profit dari platform ini, mulai dari menjadi Selebriti Instagram (Selebgram), Toko Online yang menjajakan barang dagangannya hingga kampanye brand-brand besar dan ternama. Saat ini, semua itu telah menjadi hal yang umum di Instagram. 

Uniknya, semua ekosistem di dalam jejaring sosial Instagram sinkron menjadi satu, mereka saling memerlukan satu sama lain. Toko online atau sebuah merek yang memasarkan produknya di instagram memerlukan selebgram yang memiliki banyak pengikut untuk menambah dan memperluas jangkauan dalam mengenalkan produk dan jasa yang ditawarkan, lalu target market alias pelanggan memerlukan keduanya sebagai ulasan, toko online yang berperan untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunderserta selebgram yang menjadi sumber inspirasi atau sumber referensi untuk memutuskan pembelian.

Dilansir dari laman Tempo, hingga pada bulan november lalu telah tercatat ada sekitar 25 juta akun komunitas bisnis instagram yang didominasi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM). Lebih dari 80 persen akun Instagram telah mengikuti minimal satu akun bisnis, dimana 200 juta pengguna diantaranya telah mengunjungi profil bisnis secara aktif setiap harinya. Menurut apa yang pernah di rilis oleh komunitas Instagram, platform ini telah berperan besar dalam men-support pertumbuhan bisnis-bisnis tersebut. "2/3 kunjungan ke profil akun bisnis datang dari orang-orang yang sebelumnya tidak pernah mengikuti bisnis tersebut."

Nah, buat para calon Pengusaha Online maupun offline yang ingin memviralkan bisnisnya di era digital seperti saat ini, tidak hanya telah gampang dalam mencari modal bisnis lewat pinjaman uang online dari fintech, memasarkan barang atau jasa juga telah diringankan dengan adanya jejaring sosial Instagram sebagai platform untuk memperluas jangkauan sebuah merek.

Tanpa perlu banyak basa-basi lagi, mari kita simak trik Cerdas untuk kembangkan bisnis online dijejaring sosial Instagram.

Mengenali Segmentasi

Menurut Statista, rata-rata pengguna jejaring media sosial Instagram di indonesia kebanyakan adalah wanita. Oleh sebab itu, jika Anda berniat mempromosikan produk untuk wanita termasuk kebutuhan anak dan bayi, maka jejaring media sosial Instagram adalah aplikasi yang sesuai untuk Anda manfaatkan. Tetapi hal ini juga tidak menutup peluang bagi produk khusus laki-laki untuk bisa laku terjual juga. Yang pasti, bila Anda telah memahami segmentasi pasar di Instagram, berarti semua komunikasi yang dilakukan akan sungguh tepat sasaran serta akan menjadi lebih ringan untuk membuat konten promosi yang memikat perhatian para calon pelanggan.

Tonjolkan Gambaran Merek (Brand Image)

Bagaimana sebuah merek bisa membangun sebuah profil bisnis di instagram dan memikat perhatian banyak kalangan? Bahasa apa yang akan Anda manfaatkan? Serta bagaimana cara merek tersebut menyebut para pelanggannya? Salah satu hal yang paling penting dalam menyebarkan bisnis lewat instagram ialah dengan menonjolkan gambaran merek (brand image).

Menyelaraskan warna pada tiap postingan instagram, baik warna produk maupun tone warna foto, memiliki panggilan khas untuk pelanggan ialah salah satu contoh trik untuk menonjolkan gambaran merek. 

Follow Calon Pelanggan Yang Berasal Dari pasar Yang Sama

Pernahkah anda tiba-tiba di-ikuti oleh akun bisnis yang sangat sesuai dengan minat Anda di Instagram? Bila pernah, mereka sedang mengaplikasikan cara cerdas untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Sebab para pengguna Instagram sangat luas serta beragam minatnya, dan hal ini menjadi sebuah cara cerdas yang memiliki kesempatan besar untuk level kesuksesannya.

Lalu bagaimana triknya? Cobalah untuk membuka hashtag yang berkaitan dengan produk anda atau membuka akun Instagram kompetitor, lalu ikuti audiens dari hashtag serta akun kompetitor bisnis anda. Lakukan hal ini setiap hari tetapi dengan minimal batasan, misalnya, sehari hanya mengikuti 30-50 orang saja, kemudian di hari berikutnya 30-50 orang lagi.

Tetap Berinteraksi Dengan Audiens

Sejak algoritma Instagram berubah, interaksi dengan audiens adalah salah satu trik yang masih bisa digunakan agar akun Instagram anda tetap eksis serta timbul di urutan atas pada Feeds pengikut anda. Tidak hanya itu, dengan terus memberikan kesempatan untuk tetap berinteraksi dengan audiens, maka anda dapat menciptakan crowd yang bisa berdampak pada jumlah kenaikan jumlah pengikut, pembeli ataupun cakupan lainnya. Ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

Membuat dan menyelenggarakan Mini Quiz lewat Instagram Story untuk menambah interaksi. Coba ajukan sejumlah pertanyaan yang terkait dengan produk yang sedang Anda promosikan. Berikan juga hadiah yang akan membuat para pengikut bisnis Anda bertambah senang hingga bersedia untuk ikut berpartisipasi. 

Mengadakan Giveaway pada momen-momen tertentu. Misalnya, sebulan sekali, atau ketika ada perayaan hari-hari besar. Giveaway juga tidak selamanya harus memberikan produk secara gratis, bisa juga dengan memberikan kupon potongan harga.

Memberi tanggapan pada setiap komentar. Hal ini memang terlihat sangat remeh, tetapi memiliki dampak besar pada engagement akun Instagram Anda. Dengan memberi tanggapan yang cepat pada komentar pelanggan, anda akan melihat betapa mudahnya mendapat feedback positif dari pelanggan anda.

Selalu Memperkuat Konten

Content is King. Konten adalah Raja. Begitulah judul artikel yang pernah ditulis oleh pendiri Microsot, Bill Gates di tahun 1996, dan ini memang sungguh benar adanya. Oleh sebab itu, isi konten yang diposting dalam setiap postingan di Instagram  haruslah berbobot. Jika pada saat sebelumnya para pengguna toko online hanya mengeluarkan konten tentang produk saja, kini sudah saatnya untuk lebih memperluas serta memperkuat konten. Dan agar konten tampak powerful, ada hal-hal yang mesti Anda perhatikan.

Storytelling, berceritalah mengenai mengenai kelebihan, filosofi atau keunikan dari produk yang ditawarkan pada setiap caption instagram. Ingatlah juga untuk mengajak para pengikut untuk menggunakan produk tersebut pada akhir cerita.

Konten infografis yang berisi mengenai pengetahuan yang ber-relasi dengan produk yang Anda jual. 

Ingatlah pada hari-hari penting, terutama hari-hari raya besar di Indonesia. Ingatlah untuk membuat konten khusus dan special untuk ikut merayakan kemeriahan hari raya. 

Manfaatkan Fitur-Fitur di Jejaring Sosial Instagram

Saat ini telah banyak fitur-fitur yang telah disediakan oleh jejaring media sosial Instagram, contohnya seperti Instagram Story, Instagram Business, Insight, Highlight, Instagram Ads, Instagram TV, filter instagram serta masih banyak lagi hal lainnya. Sangat mungkin alasan instagram mengeluarkan fitur-fitur tersebut untuk menambah dan meningkatkan jumlah interaksi serta pengalaman pengguna didalamnya. Manfaatkan semua fitur-fitur ini agar konten instagram toko online Anda semakin memikat.

Gunakan Hashtag

Hashtag adalah salah satu trik dan cara cerdas untuk mempromosikan produk di jejaring sosial Instagram tanpa biaya. Trik ini pun sangat ringan untuk dilakukan, hanya butuh untuk memposting foto yang sesuai dengan produk serta diberi hashtag yang berkaitan dengan produk tersebut. Sebagai contohnya, jika toko online Anda mempromosikan sepatu maka Anda bisa memberi hashtag #jualsepatumurah #jualsneakersonline #jualnikemurah #jualbatamurah serta banyak hashtag lainnya. Atur jadwal posting dengan baik agar postingan Anda tidak dianggap spamming oleh pihak Instagram. Konsistensi juga cukup penting untuk menambah awareness dari calon pembeli.

Bekerja Sama Dengan Selebriti Instagram (Selebgram)

Serupa dengan yang telah dibahas diatas, Selebriti Instagram (Selebgram) memiliki pengikut yang banyak serta menjadi seumber ilham dan inspirasi bagi para pengikutnya. Maka, bila Anda menemukan Selebgram yang sesuai dengan target market dari produk yang akan Anda promosikan, bekerjasamalah dengan mereka, hal ini akan membuka kemungkinan yang jauh lebih besar untuk datangnya lebih banyak pelanggan yang membeli produk anda.

Sebagai pelaku bisnis yang ingin memviralkan usaha Anda di platform ini. Itulah delapan trik cerdas untuk memperluas jangkauan target market bisnis online Anda di jejaring sosial Instagram yang bisa Anda jalankan. Boleh percaya dan boleh juga tidak, Instagram merupakan platform atau media sosial yang hingga saat ini masih efektif untuk dimanfaatkan oleh mereka para pengusaha komersial untuk menambah jumlah penjualan produk mereka.

Sekarang, tinggal tugas Anda untuk menempatkan trik-trik cerdas yang telah diulas untuk kegiatan promosi dan berjualan di instagram. Segera masukkan dalam list rencana bisnis Anda, dan sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Content Writer, Copywriter, Internet & Affiliate Marketer di CaraBisnisOnline.Net

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 13, 2019, 1:41 AM - RackTicle Manager
Feb 19, 2020, 10:00 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma