8 Cara Sederhana Menaikan Peringkat Artikel dan Jumlah Pengunjung Serta Follower

8 Cara Sederhana Menaikan Peringkat Artikel dan Jumlah Pengunjung Serta Follower

Sejak Zaman peradaban internet mulai merambah ke dunia nyata, banyak faktor yang menyebabkan turun naiknya peringkat sebuah artikel, bisa jadi karena persaingan yang semakin banyak dan semakin ketat, namun bisa pula karena faktor keberuntungan. Sulit juga untuk mengatakan bahwa ada beberapa tehnik yang masih berlaku dan tidak ketinggalan masa, namun tetap ada metode yang masih berlaku untuk dilakukan sebagai daya ungkit untuk mendapatkan peringkat terbaik.

Mengapa Harus Mengejar Peringkat? 

Bukankah kata Pak Menteri Peringkat itu tidak begitu penting,  iya mungkin itu berlaku untuk sistem pendidikan hehe tapi di sistem mesin pencari peringkat adalah sumber pendapatan, jika peringkatnya di posisi buntut apalagi di halaman 10 ke atas jangan harap bisa mendapatkan pengunjung. 

Sebisa mungkin kita melakukan sedikit saja kesalahan,  namun tidak bisa dipungkiri, siapapun pasti akan ada kesalahan kecil, seperti pria yang selalu salah dimata wanita :v

Intinya adalah bagaimana Kita mengoptimalkan artikel yang dikirim agar tidak menjadi sia-sia. Saat ini Kita harus berpacu dengan mesin pencari, bukan karena ingin MENDEWAKANNYA atau Bahkan MENUHANKANNYA, namun dengan fasilitas yang diberikan oleh alat ini Kita masih bisa cari makan dari sini. Untuk itu Mari kita bahas satu-satu bagaimana mencapai semua yang termasuk dalam judul yang saya buat. 

1. Gunakan Kata Kunci di Judul Artikel

Kata Kunci adalah hal penting dalam meningkatkan pengunjung terutama dari mesin pencari. Bagaimana orang bisa menemukan artikel Anda apabila orang tidak menemukannya di mesin pencari. Seperti yang saya katakan bahwa Kita bukan ingin mendewakannya,  akan tetapi masih banyak bahkan ratusan juta orang tetap menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan suatu informasi. 

Dalam menentukan judul,  Anda bisa melakukan sedikit riset di mesin pencari itu sendiri,  cukup ketikkan kata apa yang ingin Anda buat,  disana akan muncul sugesti kalimat yang akan muncul,  nah dari beberapa sugesti itu, pilihlah kalimat yang cocok dengan Artikel Anda untuk dijadikan judul. 

Kemudia Kalimat Sugesti tadi sebaiknya tambahkan 2-3 kata lagi untuk membuat judul yang lebih Panjang. Inilah yang disebut dengan Long Tail Keywords. Anda harus menggunakan cara ini untuk mendapatkan banyak kunjungan ke artikel Anda. 

Misalnya Anda ingin membuat artikel tentang "Tornado". Ketika Anda mengetikkan kata itu, maka akan muncul beberapa kata kunci,  seperti Angin Tornado, Tornado Adalah, Tornado Terbesar dan lain sebagainya. Pilih salah satu kalimat yang Anda ambil, misalnya Angin Tornado, lalu ketikkan lagi kata " Angin Tornado" maka akan muncul lagi sugesti yang lebih spesifik,  terus lakukan dengan penambahan kata kunci demi kata kunci sehingga Anda bisa membuat Judul Artikel yang mengandung Kata Kunci sesuai dengan trens pencarian terbaru.

2. Optimalkan Kata Kunci di Dalam Isi Artikel

Selain disisipkan pada Judul besar, Kita juga harus memasukkan berbagai kata kunci yang tadi sudah di riset ke dalam isi Artikel. Usahakan penggunaan kata ini dapat berhubungan dan kalimat-kalimat yang dirangkai merupakan Human Readable, artinya dapat dibaca secara normal yang tidak membingungkan pemirsa Anda.

Jika terpaksa sulit untuk mengaitkan kata kunci, maka sebaiknya buat saja sesuai alur penulisan Anda. 

Untuk meningkatkan kunjungan atau trafik ke Artikel Anda dengan tehnik dasar seperti ini, sebenarnya bukanlah hal yang ribet, satu kata bisa menjadi satu kalimat, satu kalimat bisa menjadi satu paragraf dan demikian seterusnya. Anda cukup bayangkan saja ketika Anda sedang bicara atau menjelaskan sesuatu kepada teman Anda tentang apa yang Anda telah ketahui. 

3. Jumlah Kata Harus Lebih dari 1000

Wah, berat juga membuat tulisan hingga 1000 Kata. Ya,  betul,  namun tantangan saat ini memang demikian, dulu sekitar 10 tahun yang lalu, artikel  yang terbuat dari 250 kata saja sudah cukup untuk mendominasi mesin pencari, namun untuk sekarang dan  terlebih lagi dimasa yang akan datang nanti, ini sudah tidak akan berlaku lagi. 

Seperti tulisan yang sedang Anda baca saat ini, kalau dulu dengan jumlah kata segini, standarnya sudah bisa menjadi ebook, tapi kalau sekarang hanya sekelas artikel saja, dan untuk sekelas ebook tentunya harus lebih banyak lagi jumlah katanya, susunan harus lebih rapi, dan info grafik yang super keren. 

Artinya Anda harus berpacu untuk mendapatkan minat para pengunjung dan mengunci mesin pencari untuk menguasai peringkat di halaman terdepan dengan cara membuat artikel sebaik mungkin dan persiapan yang benar-benar matang.

4. Membuat Halaman atau Grup Khusus Penggemar di Media Sosial

Untuk mendapatkan Fans atau Penggemar Anda harus membuat Halaman atau Grup khusus,  biasanya orang lebih bisa memfollow nama halaman dibanding nama orang. Ini adalah bagian yang digunakan selain dengan memposting link Artikel Anda di profil Anda sendiri.

Dengan membuat Halaman ataupun Grup Anda berkesempatan mendapatkan lebih banyak pemirsa tambahan. Selain itu Anda juga bisa mengoptimalisasikan sebuah artikel dengan metode pengiklanan, namun tidak begitu dianjurkan karena hasilnya juga kurang maksimal jika menggunakan sistem iklan,  karena pengunjung yang datang tidak begitu natural. 

Untuk meningkatkan Pengikut / Follower, Halaman Penggemar (Fans Page) merupakan salah satu cara ampuh dan disetiap media sosial memiliki beberapa nama, kalau di facebook mereka menyebutnya Fans Page,  kalau di LinkedIn hanya berupa Page.

Media sosial yang dianjurkan saat ini adalah Facebook, Twitter dan LinkedIn. Ada juga yang sedang booming seperti Pinterest,  namun disini kerjanya harus Ekstra, karena Anda harus membuat Gambar yang sangat menancap ke ingatan pengguna, seperti info grafik dan flow chart yang memiliki desain powerfull.

5. Kuasai Satu Topik

Untuk meningkatkan Pengikut / Followers baik di Media Sosial ataupun di profil RackTicle, Anda sebaiknya menguasai satu topik saja, karena biasanya orang akan malas untuk memfollow bila topiknya bercampur aduk tidak karuan, kadang bicara bisnis, kadang bicara soal perasaan, kadang curhat hehe.. 

Dengan menguasai satu bidang, misalnya tentang "Desain Rumah Minimalis", coba Anda buat 5-10 artikel yang menarik dan relevan dengan topik tersebut dan posting dengan topik yang sama namun sub topik, judul serta isi yang berbeda tentunya.

Gali lebih dalam lagi dari Topik utama Anda, misalnya "Cara Membuat Meja Belajar Minimalis", inilah yang akan menjadi sub topik Anda,  dan itu akan banyak sekali ide-ide liar yang semakin berkembang. 

Logikanya bila Anda menulis hanya di satu bidang tertentu, maka jika ada yang tertarik karena merasa hobinya sama, dia akan memfollow Anda karena menunggu informasi selanjutnya dari Anda,  dan biasanya pengguna yang memiliki ketertarikan yang sesuai akan mudah melakukan share, dan biasanya juga mereka memiliki daftar teman yang sehobi, dengan demikian Anda akan mendapatkan keuntungan ganda dari share tersebut.

Harapannya dalam mengkhususkan topik tertentu saja yaitu meningkatkan engagement antara Anda dan Pembaca Anda, ketika itu sudah mulai terbentuk dan mulai ada yang berkomentar, maka segeralah untuk menanggapi komentar-komentar tersebut secara bijak sesuai dengan pandangan Anda dan lihatlah dari sisi yang berbeda juga untuk tetap menjadi panutan pengikut Anda.

6. Bagikan dan Sebarkan Link Anda

Bagaimana bisa mendapatkan banyak views atau pembaca jika Anda sendiri tidak mau membagikan link Anda kepada daftar teman Anda di Media Sosial? Apakah Anda tidak tertarik dengan Tulisan Anda sendiri? Ataukah malah Anda yang bosan membacanya? Hihi.. 

Terkadang ini adalah fenomena yang memang sulit untuk dihindari, padahal sebenarnya sangat mudah, hanya tinggal klik tombol share yang sudah disediakan, atau copy paste link dari browser saja sudah bisa. 

Membagikan link artikel Anda di media sosial ini sangat penting, karena berdasarkan pengamatan saya,  link yang sudah live di medsos akan lebih cepat terindex atau muncul di mesin pencari, dengan demikian orang-orang yang berada jauh dari medsos namun dekat dengan mesin pencari akan dengan mudah menemukan Artikel Anda. 

Kami juga membagikan link Anda ke media sosial, namun itu baru sekali pembagian dan itu adalah aktivitas normal,  namun bila Anda juga ikut membagikan, bukankah hal ini akan meningkatkan nilai Artikel Anda sendiri?

7. Tancapkan Backlink (Link Balik) 

Untuk yang satu ini memang membutuhkan kerja yang ekstra, namun bukannya Anda menginginkan pendapatan yang ekstra pula?

Link balik adalah memberikan tautan kepada link Artikel Anda melalui website lain, caranya cukup sederhanya, Anda tinggal memasukkan Kode link yang bisa di klik pada postingan di blog Anda. 

Jika Anda belum tau, silahkan tanya sama si mbah,  bagaimana cara membuat link di blog.

Atau bisa juga dengan menu text editor di platform blogging, klik yang ada logo link,  kemudian masukkan link Anda. 

Buatlah blog sederhana seperti di Blogger, WordPress, Tumblr dan platform blogging lainnya.

Untuk menghindari metode spamming Anda cukup membuat Artikel pendukung dan yang pasti harus unik juga,  bukan kopas dari artikel Asli Anda,  karena hal itu akan menjadi percuma atau menyia-nyiakan pekerjaan Anda.

Artikel yang sama dan diberikan tautan secara berulang meskipun di platform yang berbeda, akan dianggap sebagai spam oleh mesin pencari,  dan Artikel Anda malah akan masuk ke dalam daftar junk yang tidak akan pernah muncul di halaman teratas.

Keuntungan Memberikan Link Balik Artikel

Bukannya bermaksud ingin mendapatkan makan siang gratis dari Anda,  tapi ini adalah pilihan,  apakah Anda mau mendapatkan pembaca yang berkualitas atau tidak.

Kami juga telah dan terus bekerja secara optimal untuk membuat backlink pada blog ini, mengiklannya dan juga melakukan berbagai metode lain untuk turut serta membantu Anda dalam mencapai Goal masing-masing.

Kami juga mengeluarkan biaya dan tenaga yang ekstra untuk itu semua. Ini adalah bentuk kerjasama Kita untuk dapat saling menguntungkan dan memberikan yang terbaik bagi para pembaca setia. 

Selain meningkatkan peringkat Artikel, Anda juga dapat membangun blog Anda sendiri di berbagai Platform, jika blog Anda memiliki konten yang unik pula maka Anda pun bisa memonetasi blog Anda sendiri. 

Peringkat di RackTicle semakin kuat, blog Anda pun memiliki kualitas konten yang bagus pula. Caranya Anda harus membuat artikel pendukung tadi dengan menjaga kualitasnya juga,  yaitu unik, bukan copas. 

Misalnya di RackTicle Anda membuat artikel yang memilki 1000 kata,  namun di blog Anda, cukup buat 250-300 kata saja untuk sebagai pendukung. Buat pelan-pelan,  santai saja, tapi kalau mau cepat ya di gassspollll ya gaes.

8. Tambahkan Gambar Thumbnail

Gambar adalah nilai tambah bagi sebuah artikel, seperti kita yang lebih senang membaca tulisan yang memiliki gambar begitu pula dengan para pembaca lainnya. Untuk menambahkan Thumbnail pada blog ini cukup masuk ke menu "add article", kemudian klik pada "Feature Image", untuk ukuran file yang tepat juga sudah tersedia di halaman tersebut sebagai bahan acuan Anda.

Untuk pemilihan Gambar usahakan Original alias buatan sendiri agar lebih nancap dan teroptimasi secara maksimal. Bila Anda menemukan gambar di Internet ada baiknya untuk di ubah dengan desain Anda sendiri, tambahkan gambar lain, beri sedikit tulisan dan gunakan background yang sesuai. 

Hal ini sangat penting karena untuk keperluan Anda kedepan juga,  lebih berkaitan erat dengan metode pengembangan jangka panjang, artikel Anda bisa naik secara berkala dan tentunya memberikan keuntungan bagi Anda. 

Okeh Gaes,  sekian dulu tips kali ini semoga dapat memberikan masukan yang bermanfaat,  jika tidak berkenan silahkan ambil hikmahnya saja :) 

Artikel ini dibuat hanya dengan termenung beberapa Jam di depan HP,  dan dengan hanya menumpahkan apa yang diketahui sedikit lalu dikembangkan menjadi kalimat demi kalimat dan akhirnya bisa juga tembus 1800an kata,  saya bahkan tidak menyadari bahwa jari saya agak terasa pegal. 

Maka dengan cara sesederhana ini pula lah Anda pun pasti sangat bisa melakukannya tanpa harus berkucuran keringat ataupun sampai demam 3 hari 3 malam demi sebuah artikel yang berkualitas.

Caranya gunakan catatan atau note di hape Anda untuk mengetik, bila ada ide yang mentok cukup tinggalkan, jangan paksakan otak, nanti kalau membeku malah tambah pusing, segarkan pikiran setelah itu baru lanjut lagi mengetik, karena tulisan yang tergesa-gesa juga hasilnya tidak akan menjadi maksimal.

So Gaes, mulailah dari sekarang, lihat di menu dashboard Anda, telah tersedia beberapa topik yang sedang trens untuk bahan pemikiran Anda dalam menentukan tema penulisan yang ingin dibuat. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Febry Winarto - Dec 20, 2019, 12:41 AM - Add Reply

Leteh saye bace nye bang

You must be logged in to post a comment.
sipamirudin - Jan 2, 2020, 3:45 PM - Add Reply

inspiratif admin ,thanks

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

The Administrator!

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma