7 Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

7 Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

Sekarang ini kita sedang mengalami musim pancaroba. Dimana sedang terjadi pergantian musim. Dibeberapa wilayah indonesia sudah mengalami musim penghujan. Dimana rentan bagi kita akan mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga kita akan mudah sakit.

Selain itu juga pada musim hujan ini akan sangat mudah bagi kita terjangkit penyakit menular seperti flu, batuk, serta penyakit lainnya.

Ada beberapa tips agar tidak mudah sakit pada musim hujan. 

1. Setelah Kehujanan Segera Mandi dan Keramas

Karena partikel polusi ada pada air hujan dan kita tidak bisa menjamin kebersihannya. Air hujan juga membuat tubuh kedinginan. Sehingga bisa menimbulkan demam dan meriang pada tubuh kita. Mandi air hangat bisa menjadi solusi untuk masalah ini.

2. Usahakan Tubuh Selalu Hangat

Misalnya dengan memakai jaket atau sweater. Minum-minuman hangat seperti wedang jahe atau makan makanan yang hangat. Suhu dingin saat musim hujan bisa menurunkan daya tahan tubuh jika terpapar terlalu sering.

3. Tidur Cukup dan Tidak Bergadang.

Tidur adalah fase dimana tubuh memperbaiki daya tahan tubuh kita dan meningkatkannya selama tubuh dalam keadaan istirahat tidak melakukan aktivitas apapun. 

4. Banyak Minum Air Putih.

Air putih merupakan sarana detoksifikasi yang baik bagi tubuh kita. Meminum air putih dengan rutin bisa membantu melepaskan racun-racun dalam tubuh. 

5. Menjaga Makanan yang Dikonsumsi.

Musim hujan membuat bakteri dan kuman mudah tersebar dan penyakit infeksi menular lebih banyak kejadiannya. Kita perlu menjaga asupan makananan dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pilih tempat makan yang bersih dan kelayakan kesehatan untuk dikonsumsi makananannya. Dengan kata lain lebih selektif mengonsumsi makanan yang bergizi.

6. Rutin Meminum Multivitamin atau Vitamin C.

Vitamin C sangat baik untuk daya tahan tubuh kita. Sehingga daya tahan tubuh kita tetap terjaga serta tidak mudah terserang penyakit. 

7. Jaga Kebersihan Rumah

Ini juga merupakan salah satu tips untuk terhindar dari ancaman terserang penyakit pada musim hujan. Sangat perlu diperhatikan genangan air serta saluran air. Jika ada genangan air maka akan menjadi sarang bertelur untuk nyamuk. 

Oleh sebab itu sangat perlu bagi kita untuk mencegah diri kita dari terserang penyakit yang menular. 

Lebih baik menjaga kesehatan daripada mengobatinya, karena jika sudah sakit lebih banyak biaya yang harus kita keluarkan untuk berobat. Maka dari itu sayangilah tubuh kita agar selalu sehat dan fit untuk melakukan segala aktivitas.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Menulis adalah sebuah hobi yang unik.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma