7 Mitos SEO yang harus diabaikan oleh para Webmaster

7 Mitos SEO yang harus diabaikan oleh para Webmaster

Trafik Situs Web dari Search Engine

Bagaimana caranya mendapatkan trafik web dari search engine? Sederhana saja..Terapkan strategi SEO yang sudah terbukti, manfaatkan pasar yang unik, buat konten mendalam dan unik yang didukung oleh statistik dan data, serta promosikan postingan blog....yaa..itulah cara paling efektif untuk menang di SEO, meskipun kedengarannya sangat mendasar...

Pada kenyataannya,  trafik dari search engine mengkonversi 9% lebih baik daripada trafik dari media sosial. Tetapi, untuk mendapatkannya, Anda harus berhenti mempercayai beberapa mitos.

Mitos SEO ini cenderung membuat pasif para marketer dan penulis artikel dalam melakukan peningkatan kualitas trafik dari search engine dan peringkat situs web mereka.

Beberapa jasa SEO konsultan mengklaim mereka berafiliasi dengan Google. Hal itu adalah mitos yang sangat membuat kegaduhan karena Google tidak mengungkapkan siapa mitra SEO dan afiliasinya. Jadi, jika konsultan atau agen SEO menjanjikan blog Anda mendapatkan peringkat teratas untuk jasa SEO dengan misal, harga "rendah" $ 499 per bulan, itu adalah SCAM. Tidak ada yang bisa menjamin bisa mendapatkan peringkat Search Engine Result Page (SERP) Google teratas.

Mitos SEO

Berikut ini 7 mitos tentang SEO yang harus diabaikan oleh para webmaster:

1. Penargetan kata kunci menjadi tidak relevan setelah Google Hummingbird

Bertahun-tahun yang lalu, Hummingbird mengubah masa depan metode pencarian di search engine - tetapi efeknya masih tersisa sampai sekarang. Ini mendorong para penulis konten untuk mengadopsi pola pikir baru yang akan menguntungkan para pengguna akhir. Jika kata kunci masih ditampilkan di halaman pertama Google, itu merupakan indikasi bahwa kata kunci masih penting.

Menurut Matt Cutts (pakar SEO), 90% pencarian diprediksi akan dipengaruhi oleh Hummingbird, yang bukan merupakan pembaruan seperti Panda dan Penguin, tetapi lebih merupakan perubahan total dari algoritma pencarian.

Namun, tidak tepat untuk dikatakan bahwasanya penargetan kata kunci yang relevan dalam konten Anda tidak lagi berguna sama sekali. Konten situs web berkualitas tinggi masih memiliki strategi SEO kata kunci yang jelas.

Penelitian dan penargetan kata kunci sebenarnya menjadi lebih mudah karena dengan Hummingbird Anda tidak perlu khawatir untuk mematuhi rasio kata kunci tertentu. Alih-alih sibuk menghitung rasio kata kunci, lebih baik fokuslah pada tujuan para pencari dari search engine.

Apa yang benar-benar dilakukan oleh perubahan algoritma Hummingbird adalah menekankan betapa pentingnya mengetahui alasan di balik kata kunci tertentu dan membuat konten untuk memenuhi kebutuhan itu.

Ini berarti bahwa kata kunci masih memegang peranan penting karena, tanpa kata kunci, Anda tidak dapat mengetahui maksud dari para pencari.

Pada beberapa situs terkemuka seperti Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, Pinterest, dan lainnya, mengandalkan penargetan kata kunci untuk memenuhi kebutuhan pengguna website mereka.

Hampir tidak mungkin menemukan apa yang Anda cari, kecuali dengan menggunakan kata kunci untuk melakukan pencarian. Kata kunci itu ibaratnya seperti kompas untuk proyek SEO Anda, kata kunci akan memberi tahu Anda ke mana harus pergi dan apakah Anda membuat kemajuan yang berarti atau tidak dalam proyek SEO Anda.

2. Memiliki peta situs XML akan meningkatkan peringkat pencarian Anda

Apakah Anda sudah menginstal generator Peta Situs Google XML di situs WordPress Anda? Bisakah sitemap meningkatkan peringkat pencarian Anda?

Meskipun ini mungkin bukan hal yang paling penting bagi peringkat Anda, peta situs XML diperlukan, jika Anda ingin membangun situs yang dapat dijelajahi oleh mesin pencari.

Setiap kali Anda membuat posting baru atau mengedit posting yang ada, generator sitemaps Google XML akan membuat sitemap yang diperbarui dengan halaman baru Anda dan mengirimkannya ke Google dan mesin pencari lainnya.

Peta Situs XML membantu mesin pencari merayapi dan mengindeks halaman baru lebih cepat. Tetapi, apakah ini mampu meningkatkan peringkat website di mesin pencari?

Peta Situs XML tidak memengaruhi peringkat aktual laman web Anda. Peta Situs XML ini merupakan  panduan yang memberikan lebih banyak informasi tentang situs Anda ke Google, seperti memastikan bahwa semua URL Anda diindeks agar mudah dirayapi. 

Sitemap dapat menyebabkan visibilitas yang lebih besar untuk situs web Anda pada akhirnya ketika URL diprioritaskan. Tapi, itu bukan jaminan.

Jika Anda belum menggunakan generator Peta Situs Google XML di situs WordPress Anda, maka sebaiknya Anda harus menginstalnya sekarang. Tidak ada jaminan bahwa peringkat Anda akan meningkat. Tapi, ini akan membantu Google menemukan konten segar di situs Anda lebih cepat.

3. Tidak perlu menggunakan Tag Meta

Tag meta adalah tag HTML yang muncul di antara tag  pembuka dan penutup. Tag meta digunakan untuk menampilkan cuplikan pratinjau untuk laman web tertentu di hasil penelusuran. Tag meta ini  menampilkan meta frase kata kunci.

Ada 3 elemen dari tag meta adalah:

- Tag judul

- Keterangan meta

- Meta kata kunci atau frasa

Tag judul muncul di bagian  halaman web, dan ini adalah elemen halaman yang diperlukan. Deskripsi meta dan kata kunci, di sisi lain merupakan elemen halaman opsional. Tanpa adanya deskripsi meta, maka Google dapat mengambil teks dari badan halaman sebagai cuplikan pratinjau.

Meskipun Google tidak menggunakan tag meta kata kunci dalam peringkat halaman, deskripsi kata kunci meta masih relevan.

Meta tag juga akan membuat hasil pencarian Anda menjadi lebih menarik. Hal ini dapat membuat lebih banyak klik yang terjadi dari pengguna mesin pencari dimana mereka  merasa situs web Anda memiliki konten berkualitas tinggi sesuai kebutuhan mereka.

Di sinilah pemasaran konten Anda akan mulai mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi.

Anda dapat mengatasi permasalahan frasa kata kunci meta, tag judul dan deskripsi dengan plugin All In One SEO WordPress.

4. Gunakan tag meta robots untuk menentukan halaman yang dapat diindeks

File Robots.txt memberi tahu bot mesin pencari bagian mana (halaman, tautan, dll.) dari situs Anda yang bisa dirayapi dan diindeks serta yang harus diabaikan.

Namun, Anda dapat dengan mudah mengatur tag noindex dan nofollow, menggunakan plugin Yoast atau All in One SEO WordPress.

Jika menggunakan platform wordpress,  Anda hanya harus memeriksa tombol NOINDEX jika Anda yakin bahwa Anda ingin halaman menjadi pribadi dan tidak dapat dilihat oleh publik.

Jadi, apakah ini berarti bahwa tanpa menentukan tag meta robots, Google tidak akan menemukan halaman baru Anda?

Tidak juga, kecuali jika Anda ingin menjadikan halaman tertentu menjadi halaman pribadi.

Anda dapat menggunakan file Robot.txt untuk memblokir semua perayap web dari semua konten Anda, folder tertentu atau halaman web tertentu.

Tetapi, jika Anda tidak perlu memblokir perayap web, maka jangan buang waktu Anda. Hemat waktu dan salurkan ke sesuatu yang lebih penting dalam pemasaran konten dan strategi SEO Anda.

5. Top Level Domain (TLD) meningkatkan peringkat

TLD menempati posisi tertinggi dalam sistem nama domain hirarkis. Sebagian besar pengguna pencarian akan mengenali .com sebagai ekstensi situs web tetapi mungkin bingung ketika mereka menemukan .biz atau .guru.

Ini sebagian karena ketika Anda mengetik frase kata kunci di Google, 98% dari hasil pencarian adalah nama domain .com. 

Satu-satunya pengecualian adalah domain negara yang dapat ditargetkan secara geografis. Misalnya , jika Anda tinggal di negara Kanada tetapi memiliki nama domain .com, Google akan menganggap bahwa audiens Anda bersifat global dan menampilkan halaman web Anda dalam hasil pencarian mereka kepada audiens global.

Di sisi lain, situs Kanada di industri yang sama dengan ekstensi .ca akan muncul terutama untuk pengguna pencarian dari negara itu.

Pada tahun 2007, sebelum pembaruan algoritme Google, The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) memperkenalkan nama domain tingkat atas generik baru - misalnya, .guru, .club, .company and .email.

Namun, .com masih mengalahkan semuanya setelah lebih dari 10 tahun, dalam hal penggunaan global.

Faktor utama apakah TLD berpengaruh pada pemasaran konten SEO adalah apakah domain tersebut berisi kata kunci atau tidak. Pada prinsiphnya, semuanya masih berdasarkan  pada nilai yang Anda tawarkan pada nama domain Anda.

Sekarang Anda pasti sudah mengerti bahwasanya ketika memilih domain tingkat atas, yang penting adalah merek jangka panjang dan manfaatnya ketika Anda mendaftarkan nama domain yang berkesan dan profesional.

Sangat direkomendasikan, jika Anda belum mendaftarkan nama domain apa pun, maka sebaiknya memilih nama domain tingkat atas (.com dan .net).

Dan, jika situs web yand dimiliki sudah berdomain selain .com, maka fokuslah untuk menawarkan nilai yang lebih besar, membuat konten berkualitas tinggi dan menggunakan media sosial untuk terhubung dengan influencer yang akan membantu mempromosikan konten Anda. 

Banyak terjadi dimana nama domain dengan ekstensi super aneh mendapatkan trafik yang luar biasa. Hal itu bisa saja terjadi!

6. Memasukkan kata kunci dalam anchor text tidak lagi penting dalam SEO

Saat membuat tautan, haruskah Anda menggunakan kata kunci dalam anchor text (kata tautan) Anda?

Anchor text adalah teks yang dapat diklik dalam hyperlink (mis. Rackticle). Anchor text yang disertakan dalam kurung adalah "Racktickle". Ketika diklik, frasa itu membawa pengguna ke home page atau halaman lainnya.

Banyak pakar industri SEO percaya bahwa anchor text akan tetap menjadi faktor pemeringkat website selamanya, tidak peduli perubahan apa pun yang terjadi dengan pembaruan Google berikutnya.

Jadi, apakah anchor text dengan kata kunci masih membantu dalam meningkatkan peringkat website Anda?

Tujuan dari setiap pembaruan atau perubahan algoritma adalah untuk membantu pencari menemukan situs yang tepat yang berisi informasi yang mereka butuhkan, dengan cara yang user friendly (ramah pengguna).

Optimasi website secara berlebihan dapat membuat Anda dihukum oleh Google. Sebelum Google Penguin, Anda dapat menggunakan anchor text dengan kata kunci di posting website Anda, baik untuk tautan internal maupun tautan eksternal. Mesin pencari sekarang sudah memahami akan trik ini dan akan menghukum website Anda.

Namun, ada sedikit perubahan sekarang. Tentu saja, tautan kontekstual memiliki kekuatan peringkat 5-10x lebih banyak daripada tautan profil penulis biasa yang muncul di guest post  Anda.

Namun, penggunaan berlebihan anchor text dengan kata kunci akan berdampak negatif pada peringkat situs Anda. Tetapi, untuk mengatakan bahwa anchor text dengan kata kunci tidak akan lagi relevan dalam peringkat mesin pencari adalah tidak akurat. Dengan kata lain, itu hanyalah mitos.

Ubahlah cara bermain Anda dalam urusan anchor text ini. Lakukan diversifikasi anchor text dan pastikan bahwa kata kunci primer dan sekunder , frasa kata kunci meta, merek, URL, serta kata kunci umum situs ,  digunakan sebagai teks jangkar.

Sangat dianjurkan untuk membangun tautan secara alami, karena itulah yang diinginkan Google. Jangan berusaha untuk menjadi lebih pintar dari para insinyur yang memang pekerjaannya setiap hari mengurusi algoritma agar search engine selalu bekerja lebih pintar. 

Jadi, jauhi radar Google, fokus pada konten berkualitas tinggi dan hindari penalti dari Google dan mesin pencari lainnya.

Setelah adanya pembaruan algoritma Penguin, sebagian besar situs dengan anchor text yang dioptimalkan akan dihukum. Di sisi lain, situs web dengan anchor text yang terdiversifikasi mengalami peningkatan trafik dan hanya sedikit yang terpengaruh secara negatif.

Ada beberapa jenis teks jangkar yang dapat Anda gunakan, tetapi mari kita telusuri dan tentukan yang terbaik....membangun merek adalah cara termudah untuk menonjol secara positif di mata Google. Jadi, Anda dapat mengikuti strategi anchor text ini.

Pada dasrnya, ada tiga jenis anchor text yang harus Anda fokuskan dalam pemasaran konten dan strategi SEO, yaitu:

- Anchor text alami 

Untuk anchor text model ini, bisa jadi kata kunci, merek, atau anchor text URL, tetapi harus mengalir secara alami dengan konten lainnya. Dimana sebagian besar merupakan tautan editorial dan pasti akan memengaruhi peringkat situs Anda. Sebagai contoh: Matt Cutts (pakar SEO) telah mengadvokasi anchor text alami untuk waktu yang lama. Ini berfungsi karena tujuan utama Google adalah menciptakan pengalaman pencarian terbaik untuk para penggunanya.

- Anchor text dengan nama merek atau URL merek 

Jika Anda dapat membuat lebih banyak anchor text dengan nama  merek atau URL, maka situs Anda akan baik-baik saja, tidak ada masalah. Arahkan anchor text bermerek di sekitar 90% tautan Anda.

Tentu saja, Anda tidak dapat mengontrol anchor text yang digunakan orang lain untuk ditautkan ke situs web Anda. 

- Anchor text umum 

Ini sering disebut sebagai "noise anchor." Jangan menggunakannya secara berlebihan, karena bisa menjadi terlalu optimal.

Setidaknya 5% dari anchor Anda harus generik, terutama ketika Anda menautkan atau dari halaman yang tidak relevan. Pahami profil tautan Anda.

Misalnya, jika ingin membuat referensi ke situs web olahraga dari blog pemasaran internet Anda, maka Anda harus  menggunakan kata kunci umum.

Jadi intinya: anchor text dengan  menggunakan kata kunci masih merupakan hal yang penting, tetapi gunakan pendekatan ini dengan bijak dan lakukan diversifikasi dalam penggunaannya.

7. Sosial media bukan merupakan faktor peringkat situs web

Apakah tautan dari Facebook, Twitter, dan jaringan media sosial lainnya mempengaruhi peringkat situs web? Apakah media sosial merupakan bagian dari faktor pemeringkatnya Google?

Jawabannya adah tidak. Dalam kasus ini, media sosial memainkan peran penting dalam menyatukan semua faktor pemeringkat mesin pencari dan membuatnya bekerja bersama-sama.

Kabar baiknya dari media sosial adalah dapat dilacak dan diukur dengan presisi, berbeda dengan situs web yang menggunakan personal brand (merek pribadi). Ada korelasi antara media sosial dan trafik pencarian. 

Kedua search engine populer, Google dan Bing menggunakan data dari situs media sosial untuk menentukan seberapa bermanfaat situs Anda.

Meskipun peringkat yang ditingkatkan oleh media sosial mungkin tidak bertahan lama, namun saat pengguna media sosial yang populer membagikan halaman situs Anda di platform sosialnya, maka situs Anda akan kebanjiran trafik yang cukup signifikan.

Satu hal yang harus diperhatikan bahwasanya  perlu waktu untuk benar-benar melihat peningkatan dari trafik pencarian dan peringkat, khususnya ketika Anda hanya fokus pada media sosial. Sangat disarankan  menggunakan SEO, blogging, dan pemasaran media sosial dalam meningkat trafik situs web Anda.

 

Semoga 7 mitos SEO ini dapat membantu Anda mengembangkan situs Anda dan menemukan cara yang lebih baik untuk memenuhi target audiens Anda. 

 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma